AMI Veteran Dilengkapi Mesin Simulator

MAKASSAR, BKM -- Akademi Maritim Indonesia (AMI) Veteran Makassar terus menambah fasilitas pendukung proses perkuliahan dan praktik bagi para taruna/taruninya. Yang terbaru, pengelola kampus melengkapi sarananya dengan mesin simulator. Fasilitas ini dimaksudkan untuk membantu para taruna melaksanakan praktikum.
Peresmian navigation bridge simulator dan engine room simulator dilakukan dua petinggi Kementerian Perhubungan di Kampus AMI Veteran, Sabtu (11/5). Masing-masing Direktur Perkapalan dan Kepelautan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Captain Jan Risuandi, dan Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Laut Captain Indra Priyatna.
Direktur AMI Veteran, Arifin HA Majid mengatakan, pengadaan mesin simulator ini sebelumnya seperti mimpi. Namun berkat kerja keras dengan melibatkan berbagai pihak, akhirnya mimpi tersebut menjadi kenyataan.
''Ini merupakan kado istimewa bagi AMI Veteran, yang pada 23 September 2013 ini akan memperingati HUT ke-50. Sebelumnya, kami juga sudah melakukan pengembangan kampus menjadi 4 lain. Semua ini menjadi bagian dari upaya memenuhi persyaratan bagi lembaga kami,'' kata Arifin.
Pengadaan mesin simulator dilakukan PT Multiintegra. Harganya sekitar Rp 6 miliar. Uang tersebut berasal dari AMI Veteran yang dikumpulkan selama ini.
Di ulang tahun emasnya ini juga AMI Veteran akan kedatangan tim audit ISO. Arifin berharap kampus yang dipimpinnya bisa meraih sertifikat ISO.
Kepala PPSDM Perhubungan Laut, Indra Priyatna mendukung sepenuhnya langkah pengelola AMI Veteran untuk terus melengkapi fasilitas pendukung perkuliahan dan praktik. Apalagi di tahun-tahun mendatang, perkembangan teknologi elektronik juga akan merambah alat transportasi laut.
''Pada tahun 2017 mendatang kapal-kapal akan memanfaatkan teknologi canggih. Sebut saja peta. Tidak ada lagi nantinya peta dari kertas. Yang ada peta elektronik. Pertanyaannya, apakah kita siap untuk itu,'' kata Indra.
Disebutkan pula, pertumbuhan angkutan laut Indonesia pada periode 2006-2011 mencapai 188 persen. Angka ini merupakan yang tertinggi di dunia. ''Karena itu, kami sebagai pemerintah sangat respek dengan apa yang dilakukan AMI Veteran ini. Mudah-mudahan bisa melakukan pengembangan yang berkesinambungan,'' tuturnya.
Harapan yang sama datang dari Direktur Perkapalan dan Kepelautan Ditjen Perhubungan Laut, Jan Risuandi. Menurut dia, dengan kehadiran mesin simulator ini AMI Veteran bisa menghasilkan perwira kapal yang lebih profesional.
''Namun perlu diingat, keberadaan alat ini harus didukung dengan tenaga yang profesional serta penerapan standar mutu. Dengan begitu, nantinya lulusan AMI Veteran bisa lebih bersaing, baik nasional maupun internasional,'' kata Jan.
Selain kedua petinggi Kemenhub, hadir pula pimpinan sejumlah lembaga diklat kemaritiman di Indonesia. Diantaranya Ketua Stimar Semarang, Direktur AMI Yogyakarta, hingga Direktur AMI Medan. Usai peresmina, mereka diantar langsung melihat dari dekat mesin simulator dan bengkel yang dimiliki kampus ini. (rus)

 AMI Veteran Dilengkapi Mesin Simulator
Terkait :

Anne J Cotto Besok Nikah, Karena Disebut Hamil Duluan?

ANNE J Cotto ternyata bukan tipe wanita yang betah tidur sendirian berlama-lama. Tak butuh waktu lama pasca-perceraiannya dari Mark Hanusz, artis lawas itu menggandeng bule lagi. Identitas si bule bernama Aaron Klep, berondong yang bekerja di perusah

Read more

RFID Pertamina-INTI Mandek, Dahlan Iskan Tak Mau Ikut Campur

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan tak mau ikut campur mengenai mandeknya program Radio Frequency Identification (RFID) antara PT Pertamina (Persero) dan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI). Mengenai hal itu, pria

Read more

Dianiaya Suami, Perawat Puskesmas Lapor Polisi

BULUKUMBA, BKM -- Kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) kembali terjadi di wilayah hukum Polres Bulukumba. Kali ini menimpa Andi Eka Risma, salah seorang perawat di salah satu Puskesmas di daerah ini.Korban mengaku dianiaya oleh suaminya di rumah

Read more

Kejari Dalami Berkas Kasus Mantan Kadishub

SIDRAP, BKM -- Kasus korupsi di lingkup Dinas Perhubungan Sidrap terkait penyalahgunaan wewenang jabatan, berkasnya kini sudah di tangan Kejaksaan Negeri (Kejari) Sidrap. Setelah dilimpahkan oleh penyidik Reskrim Polres pekan lalu, kasus yang melibat

Read more

Comments are now closed for this entry

hub 081241000553 untuk pemasangan banner
Kami talenta seal bergerak dalam bidang multiseal , pneumatic seal, hydroulic seal, packing seal , custom seal , specialist mechanical seal untuk semua jenis pompa.
pengen Rp.4-7jt/bulan sebagai penghasilan tambahan dari internet dan social media tanpa harus meninggalkan keluarga dan kerjaan ? join dan Belajar yuk sama2 di M3Network yang udah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online dengan memanfaatkan Facebook
hub 081241000553 untuk pemasangan banner
Group BKM | JAWA POS | FAJAR | RADAR | PARE POS | PALOPO POS | KENDARI POS | AMBON EKSPRES | PALU EKSPRES | BUTON POS | UJUNG PANDANG EKSPRES | RAKYAT SULSEL | RAKYAT SULTRA

Login / Registrasi