Pemprov Sulsel Data Ulang BLSM

MAKASSAR,BKM--Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel segera mendata ulang penerima Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) tahap pertama. Pendataan ulang dilakukan karena mengingat banyaknya pengaduan masyarakat tidak mampu yang masuk ke pemprov.
Hal tersebut dikatakan Wakil Gubernur Sulsel, Agus Arifin Nu'mang usai melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) BLSM di Ruang Kerja Wakil Gubernur Sulsel Kantor Gubernur Sulsel.
Agus menjelaskan, terdapat sekira 50 ribu masyarakat Sulsel yang tidak terakomodir bantuan BLSM. Padahal 50 ribu KK tersebut layak mendapatkan BLSM dari pemerintah.
Bahkan BLSM, ujar Agus, merupakan kompensasi pemerintah akibat adanya kebijakan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM). " Hasil rapat diketahui ada sekira 50 ribu KK yang tidak mendapatkan BLSM. Padahal mereka seharusnya masuk dalam penerima BLSM," ujar mantan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel ini.
Selain itu, tambah Agus, ada sekira 14 ribu KK seharusnya tidak lagi masuk dalam kategori penerima BLSM karena sudah mampu. Untuk itu pihaknya berencana akan menarik Kartu Perlindungan  Sosial (KPS) yang digunakan mereka untuk mencairkan dana BLSM.
Terkait pernyataan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra), Agung Laksono yang meminta pemerintah daerah menalangi sementara dana BLSM diakui Agus  kalau pemerintah tidak mungkin bisa menalangi anggaran BLSM karena jumlahnya yang sangat besar. Apalagi sistem penganggaran tersebut tidak masuk dalam  APBD.
Ditempat terpisah, Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar telah menyerahkan perubahan data penerima Bantuan Langsung Sementa Mayarakat (BLSM) ke TNP2K. Penyerahan BLSM Periode ke II direncanakan akan dicairkan ke Rumah Tangga Sasaran (RTS) pada awal Sepetember mendatang. "Kami telah serahkan data perubahan sejumlah 1191, pekan lalu di Jakarta," ujar Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Irwan Bangsawan, di Makassar, Selasa (30/7).
Menurut Irwan, data  sebanyak 1191 KK ini, untuk menggantikan penerima BLSM pada periode pertama, dari total jumlah penerima BLSM 44.217. "Jadi perubahan ini valid, dengan tidak menambahkan pagu anggaran yang ada." ujarnya. Irwan juga menambahkan selama proses ini, BPM membuka jasa layanan pada masyarakat, yaitu UPM (Unit Pengaduan Masyarakat). Sejauh ini, BPM telah menerima kurang lebih 3000 aduan masyarakat miskin. "Namun setelah diverifikasi di lapangan hanya sekitar 30 persen yang benar-benar miskin," ungkapnya.
Sementara itu, Kepala Kantor Pos Makassar, Iskandar menjelaskan pihaknya masih menunggu koordinasi dari TNP2K. "Kami hanya mendistribusikan dan membayar ke penerima, untuk penentuan siapa yang menerima tetap Dinas Sosial dan BPM yang punya ranah." tegasnya.(war)

 Pemprov Sulsel Data Ulang BLSM
Terkait :

Muenchen Bantah Ingin Datangkan Sami Khedira

MUENCHEN- Bayern Muenchen membantah kabar yang menyebutkan keinginan mereka mendatangkan gelandang pivot Real Madrid, Sami Khedira di bursa transfer musim panas ini.Hal itu diungkapkan Karl Heinz Rummenigge yang tak lain merupakan CEO Muenchen. Men

Read more

Tokoh Sulsel Diproyeksikan Isi Jabatan Kabinet Jokowi-JK

MAKASSAR -- Penjaringan bakal calon anggota kabinet berdasarkan usulan rakyat, tengah berlangsung. Lewat situs www.kabinetrakyat.org yang dibuat khusus tim Jokowi, mulai dikunjungi pelbagai kalangan.Hingga, Rabu, 30 Juli, pukul 20.00 Wita, tercatat

Read more

Nekat Datang ke MH17 Meski Sedang Perang

BUYARNYA gencatan senjata antara separatis pro-Rusia dengan tentara Ukraina telah menciutkan nyali Badan Keamanan dan Kerja Sama Eropa (OSCE) yang hendak berkunjung ke lokasi jatuhnya pesawat Malaysia Airlines (MAS) MH17. Namun, tidak demikian halnya

Read more

Kopertis IX dan Polda Sulsel Rintis Kerjasama

MAKASSAR, BKM --Kopertis Wilayah IX Sulawesi dan Polda Sulselbar merintis kerjasama dalam upaya meningkatkan kualitas proses pembelajaran di jajaran perguruan tinggi swasta di Sulsel dan Sulbar.Rencana kerjasama itu terungkap dalam silaturahmi Ko

Read more

Comments are now closed for this entry

hub 081241000553 untuk pemasangan banner
Kami talenta seal bergerak dalam bidang multiseal , pneumatic seal, hydroulic seal, packing seal , custom seal , specialist mechanical seal untuk semua jenis pompa.
pengen Rp.4-7jt/bulan sebagai penghasilan tambahan dari internet dan social media tanpa harus meninggalkan keluarga dan kerjaan ? join dan Belajar yuk sama2 di M3Network yang udah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online dengan memanfaatkan Facebook
hub 081241000553 untuk pemasangan banner
Group BKM | JAWA POS | FAJAR | RADAR | PARE POS | PALOPO POS | KENDARI POS | AMBON EKSPRES | PALU EKSPRES | BUTON POS | UJUNG PANDANG EKSPRES | RAKYAT SULSEL | RAKYAT SULTRA

Login / Registrasi