1.020 Bakal Caleg Belum Aman

MAKASSAR, BKM -- Sebanyak 1.020 bakal calon anggota legislatif (caleg) yang mengincar kursi DPRD provinsi pada Pemilu 2014 mendatang, masih belum aman dan berpotensi dicoret dari Daftar Caleg Sementara (DCS) sebelum ditetapkan ke dalam Daftar Caleg Tetap (DCT).

Hal tersebut diungkapkan Humas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel, Asrar Marlang, saat dikonfirmasi, Selasa (28/5). Menurut Asrar, potensi dicoretnya bakal caleg dari 12 parpol yang dinyatakan lolos pada pileg 2014 mendatang bilamana ditemukan adanya hal-hal yang dapat menggugurkan. "Potensinya masih sangat besar dan kini mereka belum aman," ujar  Asrar.
Mengenai hal-hal yang dapat membatalkan bakal caleg lolos ke tahap selanjutnya, menurutnya, bilamana tersandung kasus hukum, baik pidana maupun perdata. Namun hal itu bisa saja terjadi jika proses hukumnya telah memiliki kekuatan hukum tetap.
Selain itu, bakal caleg dapat diganti jika seseorang yang didorong maju tiba-tiba meninggal dunia atau memilih mengundurkan diri. "Tiga point inilah yang bisa menggugurkan bacaleg sebelum ditetap ke dalam DCT," jelasnya.
Asrar menjelaskan, selain faktor mengundurkan diri, meninggal dunia dan terkena kasus, laporan masyarakat juga bisa dijadikan sebagai dasar untuk mencoret setiap bacaleg dari partai masing-masing.
"Kita memiliki kewenangan mencoret bacaleg yang bersoal dengan bukti-bukti yang ada. Apalagi jika ditemukan adanya berkas yang belum lengkap pada proses verifikasi perbaikan nantinya," teranganya.
Diketahui, sejauh ini 12 parpol dinyatakan telah menyetorkan seluruh kelengkapan berkas bacalegnya ke KPU Sulsel beberapa waktu lalu.
Namun, Asrar mengaku, belum mengetahui secara pasti apakah berkas mereka betul-betul sudah memenuhi persyaratan atau tidak.
"Tinggal menunggu hasil verifikasi perbaikan yang dilakukan KPU Sulsel dari tanggal  23-29 Mei mendatang," kata Asrar.
Dia mengaku, tidak lengkapnya berkas administrasi bakal caleg juga bisa mempengaruhi seseorang bisa digugurkan dalam DCS. "Jadi, jika ditemukan ada berkas caleg yang tidak lengkap atau dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS) potensi untuk digugurkan juga sangatlah besar," ujarnya.
Terpisah, Ketua Tim penjaringan caleg DPD Demokrat Sulsel,
Ni'matullah, mengaku, partai tidak lagi memiliki kewenangan untuk mencoret calegnya dari DCS setelah berkasnya dinyatakan lengkap oleh KPU. Terkecuali, kata Ni'matullah, jika partainya mendapatkan aduan serta protes dari masyarakat terhadap caleg yang ingin ditetapkan dalam DCS. "Tapi alasan dan buktinya juga harus kuat dan rasional jika mereka ingin dicoret," kata Ni'matullah.
Diketahui, proses penetapan DCS dilakukan mulai 13-17 Juni mendatang. Sementara proses penentuan DCT diumumkan setelah KPU menerima aduan atau laporan dari masyarakat. (rif/ams/b)

1.020 Bakal Caleg Belum Aman
Terkait :

Tak Beralasan Anggap JK Bakal Lebih Dominan

Diakuisisi, Nokia Bakal Ubah Nama Jadi Microsoft Mobile

PROSES akuisi Microsoft terhadap Nokia Devices and Services terus berlangsung. Diperkirakan, proses akuisisi tersebut akan berakhir bulan ini.Seperti dilansir, GSM Arena, proses akuisisi tertuang dalam surat yang dikirim Nokia kepada para suplliern

Read more

Acer Optimis Notebook Aspire V5-552G Bakal Diminati

JAKARTA - Group Product Manager Acer Indonesia‪, Riko Gunawan optimistis dapat meraup banyak pembeli setelah meluncurkan Notebook Aspire V5-552G, dengan Advanced Micro Devices (AMD) Elite APU A10, Rabu (23/4) di Jakarta.Kita menargetkan sebanyak-

Read more

Tidak Lolos, Caleg Gerindra Segel Kantor Desa

ENREKANG,BKM-- Keinginan dan harapan untuk duduk sebagai anggota legislatif di parlemen merupakan cita-cita bagi banyak orang, sehingga mereka menggunakan cara apa saja termasuk menghabiskan uang dikantong sendiri mulai ratusan juta hingga miliaran d

Read more

Comments are now closed for this entry

hub 081241000553 untuk pemasangan banner
Kami talenta seal bergerak dalam bidang multiseal , pneumatic seal, hydroulic seal, packing seal , custom seal , specialist mechanical seal untuk semua jenis pompa.
pengen Rp.4-7jt/bulan sebagai penghasilan tambahan dari internet dan social media tanpa harus meninggalkan keluarga dan kerjaan ? join dan Belajar yuk sama2 di M3Network yang udah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online dengan memanfaatkan Facebook
Group BKM | JAWA POS | FAJAR | RADAR | PARE POS | PALOPO POS | KENDARI POS | AMBON EKSPRES | PALU EKSPRES | BUTON POS | UJUNG PANDANG EKSPRES | RAKYAT SULSEL | RAKYAT SULTRA