KPU Masih Ragu Gelar Debat Kandidat

JENEPONTO, BKM -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jeneponto belum memutuskan apakah akan menggelar debat terbuka bagi kandidat bupati dan wakil bupati di Jeneponto atau di tempat lain yang lebih netral seperti di Kota Makassar.
KPU masih melihat perkembangan situasi keamanan ke depan. Jika memungkinkan, debat kandidat akan tetap digelar di Jeneponto. Tapi kalau tidak, bisa saja digelar di daerah lain. Tergantung perkembangan situasi keamanan di Jeneponto ke depan.
Kesimpulan itu didasarkan atas hasil rapat koordinasi yang dilakukan KPU dengan jajaran terkait yang membahas soal pembagian zona kampanye, Senin (19/8) sore. Rapat dipimpin Ketua KPU Jeneponto, Musthova Kamal, di kantor KPU Jeneponto.
Menurut dia, pihaknya masih harus mendengarkan analisis keamanan dari pihak Kepolisian. Kalau direkomendasikan bisa digelar debat kandidat di Jeneponto, pihaknya akan menggelar di Jeneponto saja. Tapi kalau tidak, akan ditentukan selanjutnya.
Sikap KPU yang ragu ini mendapat tanggapan dari tim sukses para kandidat. Timses Siap-Bisa, Arman Kr Sese, mengatakan, KPU tidak perlu terlalu paranoid ada gesekan antar pendukung. Menurut dia, sepanjang berjalan di atas koridor, semua akan aman.
Master Campaign (MC) SMART-Pilar, Makkasau Kr Lompo, mengatakan, soal adanya bakal bentrok antar pendukung bisa saja terjadi saat debat kandidat bila tidak ada saling memahami. "Kami setuju bila dibatasi yang boleh masuk di area debat kandidat. Hanya elitnya saja," jelas Makkasau Kr Lompo, kemarin.
Ketua timses AFRMaKi Mantap, Ahmad Mubarakh Radjamilo, mengatakan, debat kandidat sangat diperlukan sebagai pencerahan kepada masyarakat. Soal bakal ada bentrok antar pendukung, pihaknya yakin tidak bakal terjadi. Sebab, semua calon adalah putra terbaik yang dimiliki Jeneponto.
"Kami yakin semua pihak bisa menahan diri dan mengedepankan sipakatau, sipakalingi, sipakalabbiri accera sitongka tongka sebagai budaya orang Turatea yang perlu dipertahankan di atas segalanya, termasuk di pemilukada Jeneponto yang akan digelar pada 18 September 2013," jelas Rakhmat Mubarkh Kr Jalling.
Sementara itu, hasil pembagian zona kampanye memutuskan bahwa zona kampanye dibagi tiga. Zona 1 meliputi Kecamatan Bangkala, Bangkala Barat, Tamalatea dan Bontoramba. Zona 2 meliputi Kecamatan Binamu, Turatea, Kelara dan Rumbia. Sedangkan zona 3 meliputi Kecamatan Batang, Tarowang dan Rumbia.
Kampanye akan dimulai pada 1 September 2013 dengan agenda penyampaian visi misi masing-masing pasangan calon di depan sidang paripurna DPRD Makassar. Selanjutnya kampanye perdana nomor urut 1 di zona 3, nomor urut 2 di zona 2 dan nomor urut 3 di zona 1.
Sementara untuk kampanye akbar nomor urut 2 pada 12 September 2013, nomor urut 3 pada 13 September, nomor urut 1 pada 14 September 2013. Sebelum kampanye terbuka akan didahulu debat kandidat pada 11 September 2013. (krk/ams/c)

KPU Masih Ragu Gelar Debat Kandidat
Terkait :

Ketua KPU Berharap Pansus Evaluasi Pilpres secara Menyeluruh

JAKARTA - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Husni Kamil Manik, memandang positif adanya rekomendasi pembentukan panitia khusus pemilu presiden (Pansus Pilpres) dari Komisi II DPR RI, hasil rapat dengar pendapat (RDP) antara Komisi dengan KPU dan

Read more

Maddusila Vs Kumala Rebutan Gelar Raja Gowa ke-37

GOWA, BKM -- Klaim diri sebagai Raja Gowa ke-37 yang dilakukan Andi Maddusila selama ini rupanya mendapatkan tantangan baru dari adiknya sendiri, Andi Kumala Andi Idjo. Buktinya, Andi Kumala yang selama ini merupakan putra mahkota (Pati Mataranna

Read more

Suami Marissa Nasution Masih Malu-malu

JAKARTA - Baru seminggu resmi menjadi suami istri, pasangan Marissa Nasution dan Conrad terlihat tidak nyaman berduaan di sekitar wartawan. Menghadiri pembukaan The Momo Restaurant di Senopati, Jakarta Selatan, Kamis malam (28/8), pasangan yang menik

Read more

Tya Ariestya dengan Gelar Mama Kucing

Sudah bukan rahasia bahwa presenter dan mantan atlet taekwondo Tya Ariestya begitu cinta pada kucing. Apalagi dia mendapatkan pasangan yang klop. Sang suami yang menikahinya 17 Agustus lalu, Irfan Ratinggang, juga pencinta kucing. Keduanya resmi menj

Read more

Comments are now closed for this entry

hub 081241000553 untuk pemasangan banner
Kami talenta seal bergerak dalam bidang multiseal , pneumatic seal, hydroulic seal, packing seal , custom seal , specialist mechanical seal untuk semua jenis pompa.
pengen Rp.4-7jt/bulan sebagai penghasilan tambahan dari internet dan social media tanpa harus meninggalkan keluarga dan kerjaan ? join dan Belajar yuk sama2 di M3Network yang udah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online dengan memanfaatkan Facebook
Group BKM | JAWA POS | FAJAR | RADAR | PARE POS | PALOPO POS | KENDARI POS | AMBON EKSPRES | PALU EKSPRES | BUTON POS | UJUNG PANDANG EKSPRES | RAKYAT SULSEL | RAKYAT SULTRA

Login / Registrasi