Warga Bermobil Dapat Kartu BLSM

GOWA, BKM--Sejumlah warga kategori kurang mampu di Kelurahan Bontomanai, Kecamatan Bontomarannu, Gowa melayangkan protes karena tidak masuk daftar warga miskin yang menerima dana bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM). Sebelumnya nama mereka juga dikeluarkan dari daftar penerima raskin, padahal kehidupan mereka masih sangat dikategori kurang mampu.
Protes yang diajukan ke salah satu koran harian ini mempersoalkan jika warga yang masuk dalam daftar penerima dana BLSM ternyata sangat mampu. Bahkan diantara warga penerima di kelurahan tersebut, ada yang memiliki dua mobil, memiliki banyak lahan sawah bahkan seorang pedagang beras.
''Ini sangat tidak adil. Kenapa orang-orang seperti itu yang masuk daftar penerima sementara kami tidak,'' ucap Dg Bollo (70), salah seorang janda tua yang kesehariannya hanya menjadi tukang cuci di salah satu tetangganya ini.
Menurut Dg Bollo, dirinya bersama seorang janda tua lainnya bernama Dg Ngintang (65)  sudah empat tahun berjalan tidak menerima lagi beras miskin (raskin). Namanya, aku ibu dari tiga anak ini, telah dikeluarkan oleh Lurah Bontomanai, AH gara-gara Pemilu. ''Sekarang saya tidak lagi dapat BLSM, malah yang dapat orang yang kurang pantas,'' kilahnya.
Kadis Sosnakertrans Gowa, H Syamsuddin B selaku penanggungjawab penyaluran dana BLSM Gowa saat dikonfirmasi BKM, Selasa (9/7) siang mengatakan, saat ini jadwal pembayaran untuk wilayah Kecamatan Bontomarannu belum meski kartunya sudah ada.
''Saya sementara mengontrol penyaluran BLSM di Pallangga dan Biringbulu yang dibayarkan hari ini (Selasa, red). Kalau Bontomarannu jadwalnya nanti 19 Juli. Namun saya sudah koordinasi dengan pemerintah kecamatan agar persoalan ini diperhatikan. Termasuk jika ada temuan salah sasaran maka saran kami di kabupaten agar pemerintah kecamatan melakukan verifikasi langsung dengan mengambil gambar rumah warga bersangkutan (yang tidak layak menerima tapi masuk daftar penerima) serta mengambil gambar kendaraan yang dimilikinya kemudian harus dibuatkan berita acara laporan tidak layak menerima sehingga verifikasi ini resmi,'' jelas H Syamsuddin B seraya menyampaikan terima kasih atas adanya protes warga miskin.
Sementara itu, Camat Bontomarannu, H Abd Rahman Mapparessa yang dikonfirmasi kemarin mengatakan pihaknya akan melakukan verifikasi kembali. ''Kami akan tarik kartunya dan segera mencari pengganti penerima. Untuk Bontomarannu warga yang masuk daftar penerima sebanyak 1.434 orang dengan jadwal pembayaran tanggal 19-20. Yang jelas kami tegaskan harus tepat sasaran,'' kata camat.



-BLSM Dikeluarkan Pemerintah Bukan Caleg

Sebelumnya, di sela apel pagi di halaman kantor Pemkab, Bupati Gowa, H Ichsan YL menegaskan agar penyaluran dana BLSM tepat  sasarana. Bahkan bupati mewanti-wanti agar pemerintah kecamatan, kelurahan dan desa mengontrol pelaksanaan pembayaran BLSM dengan baik agar selain tepat  sasaran juga tidak dimanfaatkan oleh pihak-pihak tertentu seperti caleg.
''Jika ada caleg yang mengatasnamakan dirinya  yang mengurus BLSM ini hingga dibayarkan ke masyarakat, maka itu adalah caleg penipu. Apalagi jika caleg tersebut sampai memberikan pilihan bahwa jika dapat BLSM harus pilih dia, maka saya tegaskan silakan warga ambil BLSMnya namun jangan pilih caleg itu. Perlu diketahui tidak ada urusan caleg dengan BLSM. BLSM dikeluarkan oleh pemerintah jadi jangan coba-coba lakukan ini di Gowa,'' tegas bupati. 
Data dari Dinas Sosnakertrans Gowa menyebutkan jadwal pembayaran BLSM melalui Kantor Pos Sungguminasa yakni 5-6 Juli Kecamatan Somba Opu, 7-8-9 Juli untuk Kecamatan Pallangga, 10-11 Juli Barombong. Selanjutnya yang dibayarkan melalui kantor camat/kelurahan/desa yakni 5 Juli Kecamatan Parangloe, 6-7 Juli Kecamatan Tombolopao,  8 Juli Tinggimoncong dan Parigi. 9-10 Juli Kecamatan Biringbulu, 11-12 Juli Tompobulu, 13 Juli Kecamatan Bungaya.
Selanjutnya pada 17 Juli Kecamatan Pattallassang, 18 Juli Bajeng Barat (dua tempat), 19 Juli Bontomarannu dan Manuju. Sedang 20 Juli pembayaran untuk sisa Kecamatan Bontomarannu dan Manuju, 21-22 untuk Bontonompo dan 23 Juli untuk Bontonompo Selatan.  (sar/cha/B)

Warga Bermobil Dapat Kartu BLSM
Terkait :

Prinzes Amanda Dapat Restu Dhani

Prinzes Amanda atau lebih dikenal dengan nama Icez adalah eks bassist dari grup musik Kotak Band. Sekarang dia tergabung dalam grup band T.R.I.A.D (The Rock Indonesia) bersama Ahmad Dhani, Ikmal, Mita, Tharas, dan Wahyu. Seakan ingin terus menempa ke

Read more

Wali Kota Harap Warga Berwawasan Usaha

MAKASSAR, BKM-- Wali Kota Makassar, Moch Ramdhan Pomanto berharap agar warga kota hendaknya dapat meningkatkan pola pikir dengan mengelola usaha agar bisa meningkatkan taraf hidup mereka.Hal tersebut dikatakan Danny saat membuka bimbingan teknik k

Read more

Politisi Senayan Bantu Warga Wajo

MAKASSAR, BKM--Pasca terpilih kembali sebagai anggota DPR-RI, putri Gubernur Sulsel, Indira Chunda Tita SYL, terus terus berkiprah mendekatkan diri dengan rakyat."Kita tetap konsisten pada program aksi nyata. Bantuan yang diberikan kepada warga a

Read more

Warga BTN Asabri Diadang Pemabuk, Motor Dirusak

MAKASSAR, BKM -- Kunto (22), warga BTN Asabri Blok G, Senin (25/8) malam, pergi mengambil BPKB di rumah temannya di Jalan Kakatua II dengan mengendarai sepeda motor satria warna biru DD 4514 WE. Namun, ia tiba-tiba diadang sekelompok anak muda da

Read more

Comments are now closed for this entry

hub 081241000553 untuk pemasangan banner
Kami talenta seal bergerak dalam bidang multiseal , pneumatic seal, hydroulic seal, packing seal , custom seal , specialist mechanical seal untuk semua jenis pompa.
pengen Rp.4-7jt/bulan sebagai penghasilan tambahan dari internet dan social media tanpa harus meninggalkan keluarga dan kerjaan ? join dan Belajar yuk sama2 di M3Network yang udah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online dengan memanfaatkan Facebook
hub 081241000553 untuk pemasangan banner

Group BKM | JAWA POS | FAJAR | RADAR | PARE POS | PALOPO POS | KENDARI POS | AMBON EKSPRES | PALU EKSPRES | BUTON POS | UJUNG PANDANG EKSPRES | RAKYAT SULSEL | RAKYAT SULTRA

Login / Registrasi