2013, Pemkot Rekrut 1.000 CPNS

berencana menerima 1.000 CPNS 2013 mendatang. Penerimaan ini dilakukan setelah moratorium penerimaan CPNS yang ditetapkan pemerintah pusat berakhir.
Saat ini jumlah PNS di lingkup Pemkot Makassar sebanyak 14.531 orang sudah termasuk tenaga guru berjumlah 8.000 orang. Namun, jumlah ini dinilai masih kurang, padahal jumlah tersebut belum termasuk 2.000 tenaga honorer dan tenaga sukarela yang membantu pekerjaan administrasi di sejumlah kantor pemerintahan.
Kepala Bagian Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Makassar Muhammad Kasim Wahab, Selasa (27/11) mengatakan, penerimaan 1.000 CPNS tersebut lebih diutamakan untuk tenaga guru dan kesehatan.
"Memang kami masih membutuhkan sedikitnya 1.000 orang CPNS baru. Pemkot segera membuka penerimaan CPNS pertengahan 2013.  Penerimaan lebih dikhususkan untuk formasi guru dan kesehatan," jelas Kasim Wahab.
Menurut Kasim, Pemkot lebih mengutamakan menerima tenaga guru dan kesehatan karena banyak PNS dari dua formasi ini yang bakal memasuki masa pensiun. "Pemerintah pusat telah memberi kelonggaran untuk menerima CPNS tahun depan karena belanja pegawai Pemkot masih di bawah 50 persen," jelas Kasim.
Kasim mengungkapkan, Pemkot Makassar masih lebih baik dari beberapa daerah lain di Sulsel yang belum bisa menerima CPNS. Pasalnya, beberapa kabupaten/kota lain termasuk Pemprov Sulsel tidak memenuhi syarat karena belanja pegawainya masih lebih dari 50 persen.
Beberapa daerah yang belum bisa menerima CPNS diantaranya Kabupaten Soppeng, Wajo, Bone, Parepare, Sidrap dan Enrekang. Data yang ada menyebutkan untuk kabupaten Soppeng berdasarkan APBD 2012, dari total belanja sebanyak Rp 635 miliar, sebagian besar terserap untuk belanja pegawai. Khusus belanja pegawai mencapai Rp 436 miliar atau sekitar 68,59 persen dari total APBD. Sementara belanja tidak langsung hanya sebesar Rp199 miliar atau 31, 41 persen. Data ini menjadi dasar kemungkinan besar tidak ada penerimaan CPNS kabupaten Soppeng 2013.
Untuk Kabupaten Wajo, dari Rp 887 miliar APBD 2012, Rp 447 miliar habis untuk belanja pegawai, sedangkan belanja publik hanya Rp 410 miliar. Artinya, belanja pegawai terserap 53,73 persen sedangkan belanja publik hanya 46,27 persen. Kondisi tersebut tidak jauh beda dengan anggaran pada APBD-perubahan. Data ini menjadi dasar kemungkinan besar tidak ada penerimaan CPNS kabupaten Wajo 2013.
Selain kabupaten Wajo dan kabupaten Soppeng, di Kabupaten Bone, belanja pegawai di daerah ini di atas 50 persen atau Rp 700 miliar lebih yang terdiri dari gaji pegawai dan dana tunjangan pegawai di daerah ini. Data ini menjadi dasar kemungkinan besar tidak ada penerimaan CPNS kabupaten Bone 2013.
Menanggapi rencana penerimaan CPNS 2013 mendatang, anggota Komisi A DPRD Kota Makassar Yusuf Gunco mengatakan, untuk dua bidang masing-masing kesehatan dan pendidikan sejauh ini memang masih kekurangan tenaga. Untuk itu rencana tersebut diharapkan bisa meningkatkan kalitas pendidikan dan kesehatan masyarakat nantinya.
"Saya rasa itu kabar baik. Apalagi dua bidang itu memang masih kekurangan tenaga. Kita harap dengan rekrutmen ini bisa memperbaiki kualitas pendidikan dan kesehatan di Makassar nantinya," jelas Yugo sapaan akrabnya.
Sementara itu dua legislator lain masing-masing Ketua Komisi A dari Fraksi Golkar, Rahman Pina  dan Anggota Komisi A dari Fraksi PDK, Mustagfir Sabri memilih untuk tidak berkomentar soal rencana tersebut. Keduanya mengaku belum mengetahui informasi dari pihak BKD terkait rekrutmen CPNS Pemkot tahun 2013 mendatang. "Saya tidak mau komentar kalau informasinya tidak jelas," kata Rahman Pina.

IGI: Seleksi Guru Jangan Asal-asalan

Rencana penerimaan CPNS untuk formasi guru juga mendapat tanggapan dari Ketua Ikatan Guru Indonesia (IGI) Sulsel Muh Ramli Rahim. Ia mengatakan, seleksi guru tidak boleh dilakukan begitu saja, tetapi harus melalui seleksi yang ketat.
"Sistem rekrutmen guru tidak dapat disamakan dengan sistem rekrutmen PNS bidang lain. Dibutuhkan  metologi seleksi yang tidak hanya sebatas tertulis tapi bagaimana kemampauan mengajar diuji sehingga berdampak pada kualitas pendidikan," katanya, kemarin.
Ramli juga berharap Pemkot mengutamakan menerima tenaga pengajar untuk guru yang tinggal di daerah tertinggal sehingga tidak ada lagi kendala soal penempatan guru di daerah tertinggal yang banyak dikeluhkan guru dan masyarakat. (ril/war/B)

 

2013, Pemkot Rekrut 1.000 CPNS
Terkait :

Tampil Amburadul, Crutchlow Salahkan Motor Ducati

MILAN - Cal Crutchlow tampil di bawah ekspektasi Ducati. Digadang-gadang bakal menjadi pembalap papan atas, mantan jagoan Yamaha Monster Tech 3 itu justru tampil amburadul sepanjang musim ini.Hingga kini, pembalap asal Inggris itu belum sekalipun m

Read more

AC Milan Kian Suram

PITTSBURG - Dua kekalahan dalam dua laga awal pramusim menjadi sinyal bahaya bagi AC Milan. Rossoneri -julukan AC Milan- yang musim lalu finis di urutan kedelapan klasemen akhir Serie A musim ini bisa makin terbenam. Indikasinya bisa dilihat dari has

Read more

Fans MU Pantas Menggantungkan Harapan Kepada Louis van Gaal

DENVER - Suporter Manchester United pantas menggantungkan harapan yang tinggi kepada manajer anyar mereka, Louis van Gaal. Sebab, torehan positif terus menyertai awal kebersamaan United dengan pelatih Belanda di Piala Dunia 2014 itu. Kemenangan demi

Read more

Era Dunga, Neymar Bukan Lagi Jaminan

RIO DE JANEIRO - Posisi Neymar selalu aman saat tim nasional Brasil masih ditangani Luiz Felipe Scolari. Namun, situasinya bakal berubah saat Brasil memulai era baru bersama Carlos Dunga. Pelatih yang kembali menangani Selecao-julukan timnas Brasil i

Read more

Komentar

 
+2 #1 MUHAMMAD BUYANA 2013-01-26 15:30
jangan cuma tulis doang bang tapi bagaimana uji kompotensi seperti ngaji, bacaan sholat, psikotes, kesehatan, praktek ngajar juga..(ingat waktu tes di ATHIRAH):) no KKN ASLINYA..
 

Comments are now closed for this entry

hub 081241000553 untuk pemasangan banner
Kami talenta seal bergerak dalam bidang multiseal , pneumatic seal, hydroulic seal, packing seal , custom seal , specialist mechanical seal untuk semua jenis pompa.
pengen Rp.4-7jt/bulan sebagai penghasilan tambahan dari internet dan social media tanpa harus meninggalkan keluarga dan kerjaan ? join dan Belajar yuk sama2 di M3Network yang udah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online dengan memanfaatkan Facebook
hub 081241000553 untuk pemasangan banner

Group BKM | JAWA POS | FAJAR | RADAR | PARE POS | PALOPO POS | KENDARI POS | AMBON EKSPRES | PALU EKSPRES | BUTON POS | UJUNG PANDANG EKSPRES | RAKYAT SULSEL | RAKYAT SULTRA

Login / Registrasi