"Luwu Maju Lebih Cepat dari Daerah Lain"

benar-benar mapan di semua sektor. Tetapi Kabupaten Luwu, di usia yang terbilang belia ini, justru mencatat kemajuan yang membanggakan.

"Dalam kurun waktu tiga tahun tingkat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Luwu mencapai 74,42 persen pada 2011. Angka ini naik dibandingkan tahun 2007 yang hanya 72,5 persen. IPM Luwu menempati peringkat enam di Sulsel," jelas tokoh masyarakat Luwu, .
Persentase kenaikan IPM Luwu ini menjadi salah satu indikator kemajuan semua sektor. Dibanding daerah lain yang lebih dulu terbentuk, Luwu tumbuh di atas rata-rata.
"Saya kira ini menjadi catatan tersendiri untuk kita. Tetapi, hendaknya capaian ini tidak kemudian membuat kita berpuas diri," katanya.
Justru menurut Yamin kemajuan-kemajuan positif yang dicapai Luwu membuat segenap komponen di daerah ini lebih banyak menginstrospeksi diri. Mengukur kekurangan-kekurangan yang ada agar bisa lebih baik di masa depan.
Hari ini, Rabu 13 Februari, Kabupaten Luwu memperingati HUT ke-7. Hari ini menjadi momentum penting. Menjadi tonggak sejarah dimulai sistem pemerintahan di Luwu.
13 Februari, masyarakat juga mengenang Kota Belopa sebagai ibu kota kabupaten dan pusat pemerintahan.
Sebelum Luwu mekar, Belopa adalah daerah yang terbilang tertinggal. Setelah Luwu membentuk empat daerah otonom, Luwu Timur, Luwu Utara, Luwu dan Palopo, Belopa berkembang menjadi kota dengan geliat pembangunan yang sangat cepat.
"Rentan waktu tujuh tahun merupakan proses panjang yang sangat menentukan perkembangan Kota Belopa. Wajah Belopa kini mengalami polesan tangan yang patut di apresiasi," ujar Yamin. Menurutnya, roda perkembangan ekonomi rakyat, pendapatan perkapita masyarakat, layanan publik baik itu di sektor kesehatan maupun pendidikan, meningkat sangat menggembirakan.
Yamin mengatakan, Indeks Pembangunan Manusia dihitung berdasarkan tiga aspek yaitu aspek kesehatan, pendidikan, dan pendapatan perkapita.
Angka harapan hidup pada tahun 2007 hanya mencapai 72,6 tahun dan meningkat hingga 74,04 tahun pada tahun 2011. Begitu juga indeks kesehatan mencapai 81,3 persen, sedangkan angka melek huruf mencapai 91,63 persen dan rata rata lama sekolah sekitar 7,8 tahun.
"Dibanding tujuh tahun lalu, angka peningkatan ini sangat fantastis," jelasnya.
Sementara daya beli masyarakat Luwu sendiri kata Yamin sejak Belopa mengalami perkembangan pesat sebagai ibu kota kabupaten, menunjukkan kemajuan yang signifikan hingga mencapai Rp 633.080. Naiknya tingkat daya beli masyarakat ini dipicu oleh pertumbuhan ekonomi yang melonjak di mana perkembangan pertumbuhan ekonomi mencapai 7,47 persen di 2012.
Angka ini naik sekitar 2 persen dibanding tahun 2007 yang hanya mencapai 5,53 persen .
Secara rinci Komisaris Utama PT Lakatowang ini menyebut, produk domestik regional bruto (PDRB) juga mengalami peningakatan yang cukup tinggi yakni dari Rp 2,254 triliun pada tahun 2007 melonjak menjadi Rp 4,351 triliun pada 2011.
Demikian pula dengan PDRB per kapita penduduk Kabupaten Luwu saat ini telah mencapai  Rp 12.956 juta. Jika dibandingkan tahun 2007 yang hanya mampu mencapai pada Rp 6,979 juta, ini sebuah prestasi luar biasa.
"Sedang tingkat pengangguran terbuka turun menjadi 3,61 persen atau terdapat 7.957 jiwa pada tahun 2011," katanya.
Sehingga dalam konteks paradigma pembangunan manusia, pemerintah Kabupaten Luwu telah menempatkan manusia sebagai subjek sekaligus sebagai objek pembangunan yang harus ditingkatkan kualitas hidupnya.
"Untuk itu sekaitan dengan momentum Hari Ulang Tahun Belopa ke-7 saya mengajak seluruh elemen masyarakat Luwu untuk senantiasa menjalin komunikasi dan jejaring kerja ,yang diharapkan akan mewujudkan pada suatu gerak langkah kita dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Luwu," paparnya.
Hal lainnya yang patut diapresiasi adalah terlaksananya dengan sukses perekam data penduduk sekaitan dengan program nasional e-KTP.
Sehubungan dengan hal tersebut diatas saya menghimbau seluruh elemen masyarakat Luwu umumnya dan masyarakat Belopa khususnya bahwa tidak ada kata berhenti untuk membangun dan menuju kesejahteraan rakyat Luwu.
Untuk itu perlu dipahami momentum HUT Belopa ke 7 sebagai motivasi bagi masyarakat Luwu untuk lebih mempererat rasa persatua demi kejayaan dan kehidupan masyarakat yang lebih maju dan sejahtera.(wan/sya/B)

 

Terkait :

\'Bersahabat\' dengan Norwich, Suarez Ngotot Kejar Rekor CR7

LIVERPOOL - Luis Suarez membawa misi ganda ketika Liverpool bertandang ke markas Norwich City pada lanjutan Premier League di Carrow Road, Minggu (20/4) malam WIB.Bukan hanya ingin membawa Liverpool memetik kemenangan, Suarez juga bertekad men

Read more

Balotelli Akhiri Kutukan di Milan

MILAN - Mario Balotelli mengakhiri kutukan yang bersama AC Milan. Bomber berjuluk Super Mario itu akhirnya bisa mencetak gol melalui tandukan untuk Rossoneri, julukan Milan.Itu terjadi ketika Milan menghancurkan Livorno dengan skor 3-0 di San Siro,

Read more

Neymar Ngebet Tampil di Laga Terakhir Barca di La Liga

BARCELONA - Neymar mendapat pukulan telak jelang berakhirnya La Liga musim ini lantaran  menderita cedera kaki yang cukup parah. Bomber muda asal Brasil berusia 22 tahun itu cedera ketika membela Barcelona berjibaku kontra Real Madrid pada final

Read more

Mazzarri Nilai Inter Belum Aman ke Liga Europa

MILAN - Inter Milan semakin mengokohkan posisinya dalam perburuan tiket ke Liga Europa musim mendatang. Tim berjuluk Nerazzurri itu saat ini kokoh di posisi kelima klasemen sementara Serie A.Posisi itu diraih setelah Inter sukses menekuk Parma

Read more

Comments are now closed for this entry

hub 081241000553 untuk pemasangan banner
Kami talenta seal bergerak dalam bidang multiseal , pneumatic seal, hydroulic seal, packing seal , custom seal , specialist mechanical seal untuk semua jenis pompa.
pengen Rp.4-7jt/bulan sebagai penghasilan tambahan dari internet dan social media tanpa harus meninggalkan keluarga dan kerjaan ? join dan Belajar yuk sama2 di M3Network yang udah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online dengan memanfaatkan Facebook

Group BKM | JAWA POS | FAJAR | RADAR | PARE POS | PALOPO POS | KENDARI POS | AMBON EKSPRES | PALU EKSPRES | BUTON POS | UJUNG PANDANG EKSPRES | RAKYAT SULSEL | RAKYAT SULTRA