Kabupaten Maros Kini Diperhitungkan


BKM : Apa yang perlu dievaluasi?

Hatta : Dengan peringatan hari lahir ini, banyak hal yang selama ini terlupakan. Misalnya, bagaimana melestarikan seni budaya dan adat. Hal seperti ini tidak pernah lagi ditampilkan. Dengan peringatan hari lahir kali ini, semua yang positif dari daerah ini diangkat untuk menjadi kekayaan daerah.
Sama juga dengan pameran pembangunan. Banyak produk lokal yang tidak tahu dan kenal. Pameran ini sebagai sarana memperkenalkan potensi daerah. Sehingga kita tahu ohh daerah ini ada begini yang lain juga ada. Setelah itu, diupayakan untuk membina, dengan memberikan bantuan agar mereka bisa mandiri dan lebih besar.

BKM : Akan jadi apa nantinya?

Hatta : Misalnya komunitas adat. Kami melihat potensi untuk mengembangkan dan menjadi ikon Maros. Kami lestarikan, membina serta membantu komunitas tersebut. Yang lain kami mulai perkenalkan melalui even sepakbola Bupati Cup.
Diharapkan dari pertandingan antar kecamatan ini, kelihatan bibit-bibit anak muda mana yang berpotensi dan lebih ditingkatkan ke level lebih tinggi. Mudah-mudahan ke depan kami bisa dirikan sekolah sepakbola.

BKM : Bagaimana dengan bidang ekonomi?

Hatta : Pertumbuhan ekonomi kita mengalami peningkatan. Tahun 2009 pertumbuhan masih 6,24 persen. Tahun 2012 mencapai 8 persen. Tahun 2015 kita optimis 9,5 persen. Jika ini tercapai maka pengangguran bisa kecil sekitar 5 persen.

BKM : Bagaimana mencapai hal tersebut?

Hatta : Ini bisa tercapai apabila infrastruktur jalan bagus, pasar-pasar bagus, perbankan mengucurkan kredit dengan mudah dan bunga rendah, investasi ke Maros meningkat. Dukungan pemerintah pusat dan provinsi bagus. Kemudian kita buat pusat-pusat perdagangan lokal, pusat kuliner, pusat grosir.
Pasar Tramo juga tahun ini Insya Allah sudah jalan. Kunci utama keberhasilan dibidang ekonomi ada tiga, yakni jalan, pasar, dan jaringan irigasi khusus Maros.

BKM : Kalau bidang pendidikan bagaimana pak?

Hatta : Untuk bidang pendidikan, tahun ini hampir sebagian besar sekolah di Maros direhab, sarananya ditingkatkan dan sekolah kita dekatkan dengan masyarakat. Saat ini kita upayakan ada kelas jauh, artinya tidak perlu buat sekolah baru tapi ada sekolah induk yang dibuatkan kelas jauh karena daerah terpencil biasanya siswanya sedikit makanya dibuatkan kelas khusus. Ada juga sekolah terpadu. Artinya, SMP melekat ke SD sistemnya satu atap.

BKM : Obsesi dibidang lain seperti apa?

Hatta : Dibidang lain, kita akan buat kawasan industri di Maros termasuk di dalamnya ada pelabuhan. Sementara kita siapkan infrastruktur jalan dan gudang. Tahun ini pemerintah pusat melalui APBN 2013 mengucurkan anggaran Rp 25 miliar untuk kelanjutan pembangunannya, tahun lalu APBN 2012 juga turun dana Rp 7 miliar. Pemerintah kabupaten hanya sharing konsultan. Kunci sukses dari kawasan industri itu ada dua, yaitu pelabuhan dan pembangkit listrik. Sementara kita rintis untuk mengadakan pembangkit listrik tenaga batubara. Kapasitasnya bisa mencapai dua kali 120 megawatt (MW).
Intinya kita berharap kebutuhan masyarakat kabupaten Maros dalam bidang ekonomi, kesehatan, pendidikan dan bidang lainnya terpenuhi, semakin sejahtera dan semakin BAIK.

BKM : Selama menjabat sebagai orang nomor satu di Butta Salewangang ini, penghargaan apa saja yang telah diraih?

Hatta : Kalau bicara penghargaan, syukur Alhamdulillah sudah cukup banyak. Ini tidak terlepas dari dukungan dan kerjasama dari seluruh stakeholder yang ada di Kabupaten Maros. Adapun penghargaan yang yang telah kami terima, yakni penghargaan Kepedulian Menuntaskan Buta Aksara tahun 2010 dari Gubernur Sulsel; penghargaan Program Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN) tahun 2010 dan 2011 dari Menteri Pertanian; penghargaan ICT Pura 2011 dari Kementerian Komunikasi dan Informatika; penghargaan Otonomi Awards tahun 2011 dari FIPO Fajar; penghargaan Penanaman Satu Miliar Pohon tahun 2012 dari Gubernur Sulsel; penghargaan Meningkatkan Produksi Beras di atas 5 persen tahun 2012 dari Presiden RI; penghargaan Terbaik II dalam Penyetoran Iuran Wajib Taspen PNS tahun 2012 dari PT Taspen (Kantor Cabang Makassar); penghargaan Sepuluh Terbaik dalam Penerimaan PBB Pedesaan dan Perkotaan tahun 2012 dari Gubernur Sulsel; penghargaan Kepedulian dalam Mengamankan dan Melindungi Wilayah Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung tahun 2012 dari Menteri Kehutanan; penghargaan Pencapaian Target Perekaman E-KTP Lebih Cepat tahun 2012 dari Menteri Dalam Negeri; penghargaan Piala Adipura Kategori Kota Kecil Kabupaten Maros 2013 dari Presiden RI; penghargaan Manggala Karya Kencana tahun 2013 dari Kepala BKKBN. (askari/b)

Kabupaten Maros Kini Diperhitungkan
Terkait :

Ferrari Kini Hanya Berani Bidik Runner Up

MILAN - Serangkaian hasil buruk pada tiga seri pertama balapan Formula 1 membuat Ferrari mawas diri. Tim berjuluk Kuda Jingkrak itu tak lagi mematok target juara di adu kebut jet darat.Itu artinya, Ferrari sudah lempar handuk mengejar Mercedes yang

Read more

Ferrari Kini Hanya Berani Bidik Runner Up

MILAN - Serangkaian hasil buruk pada tiga seri pertama balapan Formula 1 membuat Ferrari mawas diri. Tim berjuluk Kuda Jingkrak itu tak lagi mematok target juara di adu kebut jet darat.Itu artinya, Ferrari sudah lempar handuk mengejar Mercedes yang

Read more

ASUS ZenFone Gunakan Teknologi Terkini Intel Atom

JAKARTA, BKM -- Ketika seseorang memutuskan untuk membeli sebuah produk smartphone, tentu mereka akan bertanya apa yang menjadi kebutuhannya. Begitu pula dengan Asus, sebelum memutuskan menghadirkan produk teranyarnya, ZenFone, terlebih dahulu menyas

Read more

Bupati Perkenankan BPK Buka Transaksi Keuangan Maros

MAROS, BKM--Bupati Maros Ir HM Hatta Rahman MM mendukung pemerintahan yang bersih serta akuntabel . Hatta memberikan kewenangan kepada BPK untuk memeriksa transaksi keuangan Maros di Bank Sulselbar. Hal ini dikatakan Bupati usai menanda menandata

Read more
hub 081241000553 untuk pemasangan banner
Kami talenta seal bergerak dalam bidang multiseal , pneumatic seal, hydroulic seal, packing seal , custom seal , specialist mechanical seal untuk semua jenis pompa.
pengen Rp.4-7jt/bulan sebagai penghasilan tambahan dari internet dan social media tanpa harus meninggalkan keluarga dan kerjaan ? join dan Belajar yuk sama2 di M3Network yang udah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online dengan memanfaatkan Facebook

Group BKM | JAWA POS | FAJAR | RADAR | PARE POS | PALOPO POS | KENDARI POS | AMBON EKSPRES | PALU EKSPRES | BUTON POS | UJUNG PANDANG EKSPRES | RAKYAT SULSEL | RAKYAT SULTRA