AKBP Ika Waskita. Kepala Polres Enrekang Dekatkan Polisi Dengan Masyarakat

MENJABAT sebagai pucuk pimpinan di kepolisian khususnya di kabupaten, apalagi jelang pergantian kepala daerah, bukanlah pekerjaan mudah. Kritikan dari berbagai elemen akan selalu bermunculan sekalipun telah berupaya dan bekerja secara maksimal.Termasuk Kabupaten Enrekang yang kini dalam tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati. Perbedaan pilihan masih sulit diterima sebagian warga Enrekang. Sehingga secara otomatis, perbedaan itu sangat rawan menimbulkan konflik yang akan mengakibatkan terganggunya kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).
Namun dengan kerja keras Kapolres Enrekang AKBP Ika Waskita bersama jajarannya, tahapan demi tahapan Pemilukada dapat dilalui dengan baik. Bahkan memasuki tahapan kampanye yang melibatkan massa pendukung, Enrekang masih terkendali, aman dan tertib.
Jauh sebelumnnya, Ika Waskita tidak bosan-bosannya mengajak empat pasangan calon duduk bersama dalam satu ruangan untuk bersepakat menjalankan tahapan dengan tanpa ada gejolak yang dapat merugikan warga Enrekang. Apalagi keempat pasangan calon, masing-masing H Mustamin Amir-Makhmud Kammane (Mutiara), H Ridwan Abdullah-Muzakkir (Ridhamu), H Muslimin Bando-H Muh Amiruddin (MBA), dan H Saleh Rahim-Kasmin Karumpa (Sikap) merupakan putra daerah di Bumi Massenrempulu yang juga di antaranya masih memiliki hubungan kekeluargaan. 
Namun bagi Ika Waskita yang berhasil meraih penghargaan sebagai Tokoh Pendorong Kemajuan dibidang Kamtibmas dari Harian Berita Kota Makassar ini, kritikan itu sebuah masukan yang akan dievaluasi untuk berupaya yang lebih baik demi keamanan dan ketertiban di Bumi Massenrempulu. Bahkan dari masukan berbagai elemen masyarakat, pihaknya akan dapat bekerja lebih baik lagi dalam mencegah tindakan yang dapat berpotensi konflik.
''Informasi itu akan jadi bahan untuk dievaluasi sekaligus ditindaklanjuti,'' ujar Ika Waskita seraya menambahkan, jika keterbatasan personel yang dimilikinya, pihaknya sangat membutuhkan kerjasama semua pihak khususnya memecahkan masalah sosial yang dapat berdampak menjadi sumber gangguan Kamtibmas dilingkungan masyarakat setempat.
Program yang dilontarkan Ika Waskita, untuk perpolisian masyarakat yang bertujuan mendekatkan polisi dengan masyarakat, sangat membantu jalannya Kamtibmas di Enrekang. Pasalnya dengan berbagai program, masyarakat termotivasi bekerjasama dengan kepolisian dalam membantu tugas pokok kepolisian untuk menciptakan Kamtibmas di wilayahnya.
Salah satu program yang mendekatkan polisi dengan masyarakat secara berkesinambungan, yakni dengan cara membantu warga kurang mampu. Bantuan itu tidak hanya berupa bantuan ternak yang dapat dikembangbiakkan, tapi juga bantuan kebutuhan rumahtangga termasuk bahan pokok.
Bahkan perbaikan rumah yang tidak layak huni bagi warga miskin dilakukan Ika Waskita. Termasuk juga bantuan menanam padi di sawah untuk warga petani juga dilakukan bersama jajarannya. Kotoran bercampur lumpur yang sangat menjijikkan tidak menjadi halangan bagi sosok Ika saat mendatangi warga miskin yang akan dibantu secara langsung. Bahkan dengan berpakaian lengkap tanpa sepatu pun Ika Waskita turun ke sawah membantu para petani.  
Di mata Ika, setelah melakukan kajian, salah satu pemicu terjadinya kejahatan selama ini tidak lepas dari masalah kemiskinan. Seseorang nekat melakukan kejahatan karena terdesak kebutuhan ekonomi. Untuk itu, pihaknya akan selalu berupaya untuk melakukan program yang dapat membantu warga minimal dapat berbuat untuk mencari kebutuhan sehari-harinya. ''Kita bantu, minimal dia, bisa berbuat untuk kelangsungan hidupnya seharip-hari,'' ungkapnya.
Semua itu dilakukan Ika demi mendekatkan polisi dengan masyarakat. ''Kita ingin ajak warga dekat dengan polisi,'' ungkap Ika sembari menambahkan, jika kegiatannya itu bertujuan meningkatkan kesadaran hukum dan Kamtibmas serta mewujudkan partisipasi akan pentingnya arti sinergi antara masyarakat dan aparat.
Kerjasama yang telah terjalin dengan semua stakeholder, membuat Ika merasa terbantu dalam menjalankan tugas Kamtibmas. Kemitraan dan hubungan harmonis dengan seluruh unsur masyarakat, dinilai sangat penting bagi kepolisian dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya.
''Polri dan masyarakat itu, satu kesatuan yang tidak terpisahkan dalam menciptakan suasana keamanan dan ketertiban. Makanya, saya sering membuat program yang langsung menyentuh ke masyarakat,'' kata Ika Waskita sembari menambahkan jika pihaknya juga sering membuat kegiatan yang melibatkan semua unsur, tidak hanya pemerintah tapi stake holder, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama, dan unsur masyarakat lainnya.
Ika pun mengakui jika pelayanannya ke masyarakat belum sempurna. Namum pihaknya akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk menjadi yang lebih baik. Apalagi, saat ini pihaknya tidak henti-hentinya menjalin komunikasi dengan masyarakat dengan cara turun langsung melalui berbagai macam program untuk mengajak warga tetap aktif berpartisipasi. (rah/mir/b)

AKBP Ika Waskita. Kepala Polres Enrekang Dekatkan Polisi Dengan Masyarakat
Terkait :

Alonso Dedikasikan Podium Pertama Ferrari Pada Domenicali

LONDON - Stefano Domenicali masih dianggap sebagai sosok yang sangat berjasa bagi Ferrari. Meski sudah mundur dari jabatannya sebagai team principal, para pembalap Ferrari masih menghomati Domenicali.Tak heran, Fernando Alonso berani mendedika

Read more

Mantan Dirut Century Akui Pernah Komunikasi dengan Budi Mulya

JAKARTA - Mantan Direktur Utama Bank Century, Hermanus Hasan Muslim mengaku pernah berkomunikasi dengan terdakwa kasus dugaan korupsi pemberian fasilitas pendanaan jangka pendek (FPJP) dan penetapan Bank Century sebagai bank gagal berdampak sistemik,

Read more

Saksi Bilang Adhi Karya Pernah Berikan Amplop

‎JAKARTA - Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kementerian Pemuda dan Olahraga Wisler Manalu bersaksi dalam persidangan terdakwa kasus dugaan korupsi pembangunan sarana dan prasarana pusat pendidikan dan pelatihan olahraga Hambalang Andi Alifian Mallarang

Read more

Syaharani and Queenfireworks Lekat dengan Musik Jazz

SYAHARANI and Queenfireworks alias ESQI:EF seolah terlalu lekat dengan musik jazz. Padahal sesungguhnya, sejak awal diciptakan, band ini berjalan atas dasar komunikasi diantara personelnya.Kehadiran Syaharani sebagai vokalis pada akhirnya membuat b

Read more
hub 081241000553 untuk pemasangan banner
Kami talenta seal bergerak dalam bidang multiseal , pneumatic seal, hydroulic seal, packing seal , custom seal , specialist mechanical seal untuk semua jenis pompa.
pengen Rp.4-7jt/bulan sebagai penghasilan tambahan dari internet dan social media tanpa harus meninggalkan keluarga dan kerjaan ? join dan Belajar yuk sama2 di M3Network yang udah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online dengan memanfaatkan Facebook

Group BKM | JAWA POS | FAJAR | RADAR | PARE POS | PALOPO POS | KENDARI POS | AMBON EKSPRES | PALU EKSPRES | BUTON POS | UJUNG PANDANG EKSPRES | RAKYAT SULSEL | RAKYAT SULTRA