Jalan Lingkar Tengah Tinggal Kenangan


Terhambatnya mega proyek tersebut dibenarkan Kepala Balai Besar Jalan dan Jembatan Nasional Nurdin Samaila, Jumat (14/9) melalui ponselnya. Menurut dia, Kementrian Pekerjaan Umum (PU) selama ini beritikad baik untuk membangun infrastruktur jalan di Kota Makassar.
Namun karena terhambat pembebasan lahan sehingga Kemen PU tidak bisa berbuat banyak melanjutkan kembali pembangunan.
"Masalahnya ada pada pembebasan lahan. Kemen PU hanya akan membantu pembangunan jalan dan jembatan jika lahan tersebut sudah bebas," jelas Nurdin Samaila.
Sebelumnya Kepala Bagian Tata Pemerintahan Pemkot Makassar Muh Sabri juga membenarkan jika terhambatnya pembangunan jalan lingkar karena faktor pembebasan lahan.
"Belum ada rencana proyek midle ring road dilanjutkan tahun ini. Proyek ini masih terkendala lahan. Masih banyak lahan belum dibebaskan dan mengganggu pembangunan jalan," kata Sabri.
Bahkan mantan Camat Tamalanrea ini, biaya pembebasan lahan yang dikehendaki pemilik lahan sangat tinggi hingga Rp 1 juta permeter. Padahal pemerintah hanya sanggup membayar ganti rugi sebesar Rp 100 ribu permeter.
"Lahan yang dibebaskan terputus-putus akibat tidak adanya kesesuaian harga dan minimnya anggaran pembebasan lahan. Belum lagi warga pemilik lahan hanya mementingkan diri sendiri dibandingkan kepentingan umum," tegas Sabri.
Proyek middle ring road atau jalan lingkar tengah adalah bagian dari pembangunan akses jalan Section B kawasan Mamminasata yang dibangun di Kota Makassar. Pemerintah telah membebaskan lahan sepanjang 500 meter dengan luas sekitar 40 meter.Jalan lingkar tengah mulai dikerjakan 2010 lalu. Kementerian Pekerjaan Umum mengucurkan dana Rp5 miliar untuk penimbunan dan pematangan lahan dari Jalan Perintis Kemerdekaan. Anggarannya untuk penimbunan lahan sepanjang 500 meter dan lebar 40 meter dengan rencana konstruksi jalan dua jalur.
Bila jalan lingkar tengah terbangun, kendaraan dari arah Maros atau timur kota yang akan ke arah Gowa dan Takalar, tidak perlu lagi harus masuk kota. Arus kendaraan yang berpotensi memacetkan lalu lintas di dalam kota bisa terpecah.(PR2)

Jalan Lingkar Tengah Tinggal Kenangan
Terkait :

Banding Mattia Destro Ditolak FIGC

MILAN - Upaya banding yang dilakukan striker AS Roma, Mattia Destro tak berbuah hasil manis. Banding bomber berusia 23 tahun itu ditolak FIGC atau Federasi Sepakbola Italia.Itu berarti, Destro harus absen dalam tiga pertandingan Roma di Serie A. Se

Read more

Roger Federer Mulus ke Perempat Final

MONTE CARLO - Roger Federer belum mendapatkan kesulitan berarti di Monte Carlo Masters 2014. Petenis asal Swiss itu saat ini sudah menjejakkan kakinya di babak perempat final.Tiket itu diraih setelah Federer sukses menjungkalkan Lukas Rosol dengan

Read more

Roy Hodgson Ketakutan Hadapi Pirlo

LONDON - Roy Hodgson sudah mulai was-was menyambut laga Inggris kontra Italia pada Piala Dunia 2014 mendatang. Bagi Hodgson, pertandingan itu akan sangat berat bagi Steven Gerrard dkk.Alasannya, Italia adalah tim dengan mental nan kuat di Piala Dun

Read more

Miami Heat Tim Terpopuler di NBA

NEW YORK - Miami Heat benar-benar tengah berada dalam momen emas di NBA. Bukan hanya menjadi juara pada dua musim terakhir, Heat juga dinobatkan sebagai tim paling populer.Padahal, musim ini Heat tak bisa menjadi pemuncak wilayah. Namun, keberadaan

Read more

Comments are now closed for this entry

Group BKM | JAWA POS | FAJAR | RADAR | PARE POS | PALOPO POS | KENDARI POS | AMBON EKSPRES | PALU EKSPRES | BUTON POS | UJUNG PANDANG EKSPRES | RAKYAT SULSEL | RAKYAT SULTRA