Metro Makassar

Pelamar CPNS Keluhkan Pendaftaran online

MAKASSAR, BKM--Pendaftaran penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) secara online yang mulai dibuka Minggu (24/8), kemarin, dikeluhkan calon pelamar. Ini dikarenakan portal resmi yang beralamatkan http;//www.sscn.bkn.go.id sulit terakses karena seringkali error, sehingga menjadi kendala bagi pelamar untuk mendaftar.
"Sudah berapa kali saya buka websitenya tetapi sulit terbuka. Bahkan yang tertera hanya google chrome tidak dapat terhubung dan jaringannya lemah sehingga tayangan pada online tersebut hanya error,"katanya Rabiah warga Jalan Sunu kepada BKM Minggu (23/8).
Keluhan yang sama disampaikan, Maryam warga Tamalate II. Dia membenarkan jika alamat website yang tersedia masih susah diakses bahkan tidak bisa connet."Kami sangat sulit mengakses pendaftaran lewat online,"keluhnya.
Menyikapi keluhan pelamar tersebut, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Makassar, Muh Kasim Wahab, kemarin membenarkan jika situs resmi pendaftaran CPNS masih sulit terakses.
"Bukan saja pelamar CPNS di Makassar yang merasakan keluhan ini, tetapi keluhan dirasakan seluruh pelamar di seluruh Indonesia termasuk diluar negeri,"kata mantan Kabag Humas Pemkot Makassar ini.
Kasim menambahkan, kesulitan membuka situs resmi pendaftaran CPNS dikarenakan tingginya antusiasme masyarakat yanga membuka website, sehingga Kemenpan memperpanjang masa pendafrana hingga 7 September mendatang.
Sementara itu, formasi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel baru akan diumumkan, Senin (25/8) hari ini. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, Mustari Soba, Minggu (25/8).
Dikatakannya, formasi CPNS tersebut sudah diterima pihaknya."Sudah adami, tapi datanya di kantor, besok (Senin hari ini) kita akan ekspose," ujar Mustari via ponselnya.
Mustari juga menjelaskan, keterlambatan dan tidak meratanya informasi formasi disebabkan adanya masalah teknis. Dimana, ada beberapa daerah yang belum menyetorkan jumlah kuotanya pada Kementerian Pendayagunaan dan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).
"Syukur pemprov sudah menerima formasi setelah kita desak pihak Kemenpan,"jelas mantan Kabiro Asset dan Perlengkapan ini.
Seperti diinformasikan sebelumnya, Pemprov Sulsel telah menerima kuota CPNS sebanyak 161 dari 385 yang diajukan. Sementara, untuk pendaftaran akan dilakukan secara online. Sedangkan untuk tes CPNS sendiri akan dilakukan dengan sistem Computer Assited Test (CAT).(san-ish/b)

 

FIK UNM Wisuda 400 Lulusan

MAKASSAR, BKM -- Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Makassar (UNM) mewisuda 400 lulusan dalam wisuda sarjana, Senin (25/8) hari ini di Gedung Olahraga (GOR) Kampus Bantabantaeng Makassar. Lulusan terbanyak 167 orang berasal dari Program PGSD.
79 orang dari Prodi Pengelola Kegiatan Olahraga (PKO), Pendidikan Jasmani 62 orang, Ilmu Keolahragaan (IKOR) 39 orang, Balikpapan (kelas kerjasama UNM-Pemkot Balikpapan) 26 orang dan Parepare (kelas kerjasama) 17 orang.
Hingga kini, FIK UNM telah mewisuda 5.000 orang yang tersebar diseluruh Indonesia khususnya di Wilayah Timur Indonesia.
Dekan Fakltas Ilmu Keolahragaan (FIK) UNM Drs H Arifuddin Usman, M.Kes mengatakan FI UNM adalah lembaga pendidikan penghasil tenaga ahli yang profesional dalam bidang kependidikan dan non kependidikan di bidang keolahragaan.
Memiliki SDM yang berkualitas tinggi, sarana prasarana olahraga berupa laboratorium olahraga yang bertaraf internasional. Selain itu FIK juga telah mampu melahirkan sarjana dengan sumber daya berkualitas tinggi, unggul dalam persaingan terutama di era globalisasi saat ini.
"Sumber daya manusia yang berkualitas adalah SDM yang mampu memicu keunggulan bersaing, mempunyai produktivitas tinggi, kualitas kehidupan kerja yang tinggi, luwes, dan taat hukum," ujarnya kemarin.
Wisuda jelas Arifuddin bukan berarti kegiatan belajar telah berakhir tapi wisuda hanyalah sebagai sasaran antara dalam meraih gelar sarjana sesuai bidang dan kompetensinya masing-masing.
Selanjutnya para wisudawan diminta untuk terus mengembangkan diri. Belajar terus menerus dengan melakukan tiga hal berupa pencerdasan intelektualitas, emosionalitas dan spiritualitas. Intelektualitas yang terus menerus secara baik dinilai akan menghasilkan daya pemahaman, analisis, dan kreativitas sedangkan emosionalitas yang terasah akan menghasilkan kemampuan mengelola diri dalam berinteraksi dengan orang lain. Spiritualitas yang terasah dinilai akan menghasilkan karakter kepribadian yang peka terhadap nilai moral luhur.
Dalam merespon kurikulum baru 2013, seluruh Prodi diminta melakukan penajaman program agar proses pembelajaran di kelas dan luar kelas bisa memenuhi standar kompetensi bagi mahasiswa
dan bisa diaplikasikan di masyarakat. (ila)

 

Ganti Rugi Lahan Lingkar Tengah Terhambat Pematokan

MAKASSAR, BKM-- Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar hingga saat ini belum melakukan pembayaran terhadap ganti rugi lahan milik warga yang terkena proyek jalan lingkar tengah (middle ring road).
Padahal proyek yang menghubungkan Jalan Perintis Kemerdekaan depan STIMIK Dipanegara-Borong-Aroeppala dan Jalan Syeh Yusuf  ini telah berlangsung sejak tahun 2010 lalu.
Anggaran pembebasan lahan juga telah digelontorkan oleh Pemkot Makassar melalui APBD tahun 2014 sebesar Rp15 miliar.
Kepala Bagian Pertanahan Pemkot Makassar, Mario Said berkilah, belum membayarkan ganti rugi lahan warga yang terkena pembebasan lahan proyek jalan lingkar tengah dikarenakan pihaknya masih sementara dilakukan proses pematokan.
"?Kita bersama Dinas Pekerjaan Umum (PU) masih melakukan pematokan untuk mencari titik koordinat yang sebenarnya. Kita tidak ingin begitu saja membayarkan jika belum diketahui lahannya. Apalagi beberapa patok yang telah terpasang sebelumnya sudah hilang,"tegas Mario, Minggu (24/8).
Sebelumnya, Badan Anggaran DPRD Kota Makassar mempertanyakan anggaran pembebasan lahan yang belum dibayarkan ke pemilik lahan.
"Sampai sekarang tidak diketahui anggaran pembebasan lahan tersebut dikemanakan. Pembayaran belum diselesaikan tanpa alasan yang jelas, "?kata anggota Banggar DPRD Makassar, Nasran Mone.
Menurutnya, sangat janggal proses pembayaran justru tidak dilakukan padahal sebentar lagi akan masuk APBD Perubahan 2014.
Karena itu, kata dia, Banggar akan menelusuri ke mana larinya anggaran itu dan apa alasannya sampai pembayaran tertunda selama berbulan-bulan.
"Pemkot harusnya memberi penjelasan ke dewan kenapa sampai tertunda. Kita tidak ingin muncul spekulasi macam-macam dari warga," katanya.
Nasran juga merasa  curiga ada yang sengaja menunda pembayaran karena ada deal-deal yang belum klar dengan pemilik lahan.
Salah seorang pemilik lahan, Jamaluddin, kepada BKM mengatakan, pihaknya belum menerima kepastian kapan panitia melakukan pembayaran.
"Tahun lalu kami dijanji paling lambat awal 2014. Tapi ini sudah masuk Agustus, tapi belum ada realisasi," katanya.
Dia juga mengaku, lahan miliknya yang berada di wilayah Antang telah dipatok sejak dua tahun lalu.
"Kalau memang tidak ada kepastian, ya jangan dipatok. Ini kok dipatok seolah-olah sudah dibayar," ucapnya.
Jamaluddin juga mengaku bingung apa alasan pemkot tidak membayarkan lahan yang telah disepakati harganya itu. Padahal, tidak ada lagi kendala administrasi.
"Semua persyaratan sudah kami penuhi. Apa lagi, tinggal sekarang kami minta kepastian kapan mau dibayar," tandasnya? (eka/war/b)

   

Pajero Sport Untuk legislator NasDem

MAKASSAR, BKM--Sekretariat DPRD Sulsel mengaku hanya mengadakan satu mobil dinas merk Mitsubishi Pajero Sport untuk digunakan wakil ketua IV DPRD Sulsel yang baru.
Wakil Ketua IV akan diisi oleh kader Partai Nasdem hasil pemilu legislatif, 9 April lalu dan pelantikannya bersama 84 legislator lainnya dilakukan September mendatang.
Selain Pajero Sport seharga Rp400 juta, Sekretariat juta mengadakan mobil dinas merk Toyota Innova untuk alat kelengkapan dewan senilai Rp200 juta.
"Pengadaan ini sudah dimasukkan dalam APBD Pokok 2015, sementara kendaraan lainnya juga akan diusulkan pada APBD perubahan 2014,"ujar Sekwan DPRD Sulsel, Kadir Marsali.
Kadir menambahkan, selain mobil dinas, sekretariat juga menyiapkan pin emas bagi 85 anggota dewan periode 2014-2019. Setiap anggota dewan akan menerima masing- masing dua buah dengan berat lima  gram dan tiga gram. Fasilitas lainnya yakni pakaian dinas lengkap (PDL) yang diberikan usai dilantik.
Untuk anggaran pelantikan 85 legislator Sulsel terpilih, sekwan mengalokasikan anggaran sebesar Rp200 juta.
Hal senada diungkapkan Kabag Keuangan  Sekretariat DPRD Sulsel Abunaim. Menurutnya, biaya tersebut masuk dalam  usulan anggaran perubahan APBD Sulsel di pos sekretretariat DPRD Sulsel.
"Anggaran itu sudah cukup untuk  membiayai kegiatan pelantikan,"ujarnya.
Menyikapi pengadaan mobil tersebut, Direktur Divisi Riset Kopel Indonesia untuk Makassar  Muhammad Akil Rahman  menilai bila pengadaan kendaraan dinas Pajero Sport tidak menjadi persoalan sepanjang aturan sudah sesuai dengan ketentuan  yang ada.
"Fasilitas apapun yang diberikan pemerintah melalui sekwan DPRD Sulsel tidak masalah  sepanjang rasional. Termasuk semua fasilitas yang diberikan harus berbanding lurus dengan kinerja mereka di parlemen,"jelasnya.(rif/war/c)

 

Dewan Soroti Usulan Anggaran Dispar Rp7 M

MAKASSAR, BKM--Badan Anggaran DPRD Kota Makassar menyoroti usulan permintaan penambahan anggaran oleh Dinas Pariwisata dan ekonomi kreatif senilai Rp 7.131.441.000 di APBD Perubahan tahun 2014.
Di APBD Pokok 2014 sebelumnya Dispar memperoleh anggaran Rp14. 492. 000. 000.
Anggota Banggar DPRD Kota Makassar,  Nuryanto G Liwang, Minggu (24/8) mengatakan, selama ini kegiatan pariwisata di Kota Makassar hanya berputar pada kegiatan ekonomi kreatif yang sifatnya hanya sebatas event. Sementara tidak ada potensi sumber pengelolaan pariwisata lainnya yang bisa digali. "Pengajuan anggaran pada APBD Perubahan tahun 2014 oleh Dinas Pariwisata dan ekonomi kreatif yang meningkat sekitar Rp7 miliar lebih merupakan hal yang mubassir dimana anggaran tersebut digunakan hanya membiayai kegiatan event-event saja, "kata Nuryanto G Liwang.
Menurut Politisi Partai Demokrat Kota Makassar ini, anggaran itu lebih baik jika digunakan untuk mensukseskan program Makassar Tidak Rantasa (MTR) yang dijalankan oleh wali kota Makassar.
"Daripada anggaran hanya dihabiskan untuk penyelenggaraan event-event saja, mungkin lebih bagus jika digunakan untuk mensukseskan program Makassar Tidak Rantasa (MTR) yang membutuhkan sarana dan prasarana yang menunjang seperti kendaraan pengangkut sampah, kemudian kesejahteraan petugas kebersihan, "katanya.(eka/war/c)

   

Halaman 7 dari 80

Group BKM | JAWA POS | FAJAR | RADAR | PARE POS | PALOPO POS | KENDARI POS | AMBON EKSPRES | PALU EKSPRES | BUTON POS | UJUNG PANDANG EKSPRES | RAKYAT SULSEL | RAKYAT SULTRA

Login / Registrasi