Politik

KPU Himbau Caleg Jangan Saling Mengklaim

MAKASSAR, BKM-- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar mengimbau kepada seluruh calon anggota legislatif (caleg) serta partai politik  untuk tidak asal mengklaim kemenangan.
Apalagi saat ini, belum bisa dipastikan siapa caleg yang meraih kursi serta parpol peraih suara terbanyak di Pemilihan Umum Legislatif 2014.
"Semua caleg dan parpol harus menunggu hasil rapat pleno secara berjenjang," kata Komisioner KPU Makassar Bidang Hukum, Abdullah Manshur, Senin (14/4).
Abdullah mengatakan, sampai saat ini rekaputilasi perhitungan surat suara masih berada di tingkat kecamatan, bahkan sebagian masih ada di tingkat kelurahan.
"Kami harap caleg harus sabar menunggu, saling klaim bisa memperkeruh suasana," katanya.
Dia berharap seluruh rekapitulasi mulai tingkat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) hingga ke KPU berjalan lancar, sehingga tidak melenceng dari jadwal yang telah ditentukan.
Abdullah juga mengakui belum mendapatkan data lengkap dari tingkat bawah terkait jumlah suara atas masing-masing caleg dan partai. "Saya belum tahu secara keseluruhan," kata dia. (ril/b)

 

Lima Caleg Optimis Raih Kursi

MAKASSAR, BKM--Lima calon anggota legislatif (Caleg) optimis meraih kursi di DPRD Sulsel. Bahkan kelimanya mengaku mendapat suara yang cukup besar di daerah pemilihan (dapil) III Sulsel.
Mereka adalah caleg partai Golkar H Abd Jabbar Hijaz, caleg partai Gerindra Abd Chalik Suang, caleg partai  NasDem Dahlan Gege, caleg PAN Usman Lonta dan caleg PKPI Suzanna Kaharuddin.
Caleg partai NasDem Dahlan Gege mengklaim telah mengantongi 12 ribu suara yang tersebar di 27 kecamatan yang ada dikabupaten Gowa dan Takalar. "Suara saya diatas caleg nomor urut 1 Nurdieni Wahab,"ujar Dahlan, Senin (14/4).
Semetara itu caleg Gerindra, Abd Chalik Suang juga mengkaim suaranya mengungguli Darmawangsyah Muin.
Anggota DPRD Sulsel ini mengklaim mendapat dukungan sebanyak 10.125 suara yang tersebar di kabupaten Gowa dan Takalar.
"Basis suara saya tinggi di Barombong, Bontonompo, Gentungan dan Pallangga."
Hal sama juga dikemukakan H Abd Jabbar Hijaz, Susanna dan Usman Lonta.
Suzanna dan Usman mengkaim suaranya teratas diinternal PAN dan PKPI. "Saya perintahkan tim dan saksi untuk menjaga dan mengawal suara hingga ke tingkap KPU,"ujar Suzanna.
Hingga kemarin, tujuh dari sembilan kursi sudah diklaim dimiliki caleg. Ke tujuh caleg tersebut, Hj Tenri Olle YL (Golkar), Fafruddin Rangga (Golkar), Chalik Suang/Darmawangsa (Gerindra), Usman Lonta (PAN), Dahlan Gege  (NasDem), Mallarangang (PKS), Asrul Makkaraus (PPP). Sementara dua suara sisa akan diperebutkan enam  partai yakni Demokrat, Golkar, Hanura, PKPI, PDIP dan PKB.(rif/war/c)

 

SALING KLAIM Amrullah Pase Klaim Unggul

MAKASSAR, BKM--Calon anggota DPR RI dari Partai Gerindra, Amrullah Pase mengklaim unggul diinternal Partainya.
Meski data yang masuk baru mencapai  60 hingga 70 persen, namun tim pemenangan  sudah melaporkan suara masuk mencapai 50 ribu.
"Penyumbang suara terbanyak yang kami terima dari kota Makassar, Gowa dan Takalar,"ujar koordinator AP Community, Narwin Syam diwarkop Sija kompleks Topaz.
Narwin juga mengakui,  rival terberat Amrullah Pase juga unggul dibeberapa TPS yakni Azikin Solthan, Deniary R Alwi Hamu dan Mestariani Habie.
"Jika diakumulasi suara Gerindra untuk DPR RI sudah mencapai 150 ribu lebih,"ujarnya.
Terpisah, calon anggota DPR RI dari Partai NasDem lewat dapil Sulsel I,  Zachbidin Jis Habie juga mengklaim unggul diinternal partainya.
Zachbidin Jis Habie mengaku mendapat suara lebih tinggi dari Ketua DPW NasDem Sulsel Mubhyl Handaling,  Zainal Tahir, Rahan Sappara dan Dian Ekawati.
"Saya yakin di internal NasDem suara saya melampaui suara Mubhyl Handaling dan caleg NasDem lainnya,"ujar Didi-panggilan akrab  Zachbidin.(rif/war/c)

   

Felicitas Klaim Raih 62 ribu Suara

MAKASSAR, BKM--Calon anggota DPR RI dari Partai Gerindra, dr Felicitas Tallulembang mengklaim telah meraih 62 ribu suara didaerah pemilihan Sulsel III meliputi kabupaten Sidrap, Pinrang, Enrekang, Toraja, Toraja utara dan Luwu Raya.
Menurut Felicitas, suaranya cukup besar dan  dominan di dua kabupaten yakni kabupaten Tana Toraja dan Toraja utara.
"Di dua daerah tersebut kami meraih suara dikisaran 50 ribu suara. Dan untuk keseluruhan, suara kami sudah mencapai angka 62 ribu termasuk di kawasan Luwu Raya dan Ajattapereng, Kabupaten Sidrap, Pinrang dan Enrekang," ujar istri mantan ketua DPD Partai Gerindra Sulsel ini.
Bahkan suara Felicitas mengalahkan suara Andi Nawir dan caleg lainnya. Meski unggul di dapil III, Felicitas  mengakui banyak terjadi kecurangan yang dilakukan secara massiv."Makanya kami tetap mengawal hasil perhitungan suara di PPS dan PPK." (rif/war/c)

 

Ismail Akui Pimpin Suara Dapil

MAKASSAR,BKM--Calon anggota legislatif (Caleg) dari partai Demokrat, Ismail Abdullah mengklaim meraih suara besar di internalnya di daerah pemilihan I meliputi Kecamatan Rappocini,Makassar dan Ujung Pandang.
Hal tersebut diakui caleg nomor urut 9 saat memberikan keterangan Pers di Warkop 76 Toddoppuli.
Mantan Lurah Tidung ini juga berharap dalam proses perhitungan suara diinternal partai jangan saling siku.
"Saya harap sesama caleg Demokrat  harus saling membangun solidaritas dan tetap menunggu putusan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU),"ucapnya.
Saat ditanya jumlah suaranya dari hasil rekapitulasi sementara, Ismali mengaku cukup besar.
"Alhamdulillah saya meraih suara hingga 1.700. Ini berkat kerja keras dari tim yang ada sehingga saya bisa  memperoleh suara yang cukup segnifikan di banding teman-teman lain,"katanya.(Ish/war/c)

   

Halaman 4 dari 111

Group BKM | JAWA POS | FAJAR | RADAR | PARE POS | PALOPO POS | KENDARI POS | AMBON EKSPRES | PALU EKSPRES | BUTON POS | UJUNG PANDANG EKSPRES | RAKYAT SULSEL | RAKYAT SULTRA