Politik

Soal Munas, Roem Jangan Melanggar Keputusan

MAKASSAR, BKM--DPD I Partai Golkar Sulsel tetap mengisyaratkan menolak wacana musyawarah nasional (Munas) dipercepat atau Munaslub untuk mengganti Aburizal Bakrie yang diwacanakan berlangsung Oktober 2014 mendatang.
Isyarat ini disampaikan wakil ketua DPD I Golkar Sulsel HM Roem.
Menurut Roem keputusan Munas pada 2015 mendatang sudah menjadi keputusan dan diterima semua DPD I dan DPD II, sehingga bila ingin dianulir harus melalui rapat pimpinan untuk mendapat persetujuan 2/3 pengurus DPD I se Indoensia.
"Wacana tersebut biasa saja. Hanya saja saya heran kenapa baru sekarang dipersoalkan pascapilpres,"ujar Roem didampingi Humas Golkar Sulsel, Makbul Halim.
Menurut Roem, apa masalahnya jika Munas digelar 2015 dan apa juga masalahnya jika dipercepat.
"Kita ingin agar tidak membiasakan melanggar sebuah keputusan yang sudah dibangun,"jelas mantan bupati Sinjai dua periode ini.
Sebelumnya, ketua Golkar Sulsel Syahrul Yasin Limpo yang dimintai komentarnya soal wacana Munas dipercepat menegaskan dirinya menunggu sikap resmi dari DPP. "Kita menunggu DPP,  tidak usah kekanan atau kekiri normal normal saja,"ujar Syahrul yang juga Gubernur Sulsel ini. (rif/war/c)

 

Malkan Amin Tebar Baliho Di Barru

BARRU,BKM-- Tim pemenangan kandidat calon Bupati Barru, H Malkan Amin sangat intens melakukan sosialisasi ke masyarakat. Hal ini dibuktikan dengan maraknya baliho bergambar Malkan Amin yang terpasang dibeberapa sudut jalan Poros Barru-Parepare.
Apalagi baliho yang terpasang tidak hanya menampilkan gambar H Malkan Amin saja, tetapi gambar itu menyertakan photo pasangan Presiden dan Wapres terpilih Jokowi-JK.
Dibaliho itu memang secara tersurat belum ada kata-kata yang berkaitan dengan agenda Pemilukada. Kata yang yang ditampilkan dalam tulisan baliho itu yakni ucapan terima kasih kepada masyarakat Barru atas kemenangan pasangan Presiden dan Wapres Jokowi-JK termasuk dibawah foto Malkan terpampang tulisan jabatannya di Partai Nasdem sebagai Koordinator Bidang Pemenangan wilayah Sulawesi.
Sejumlah pihak menilai bahwa baliho itu merupakan strategi pemiliknya untuk melakukan sosialisasi diri secara lebih dini.
Meski Malkan sudah sangat dikenal di tanah kelahirannya di Barru, namun dengan menggandengan dua tokoh penting negeri ini yakni Jokowi dan JK, tentu merupakan strategi untuk mendongkrak popularitas Malkan ke warga Barru secara mendalam lagi.
Seperti diakui Ilyas warga disekitar perempatan jalan di Kampung Lasinri, Kelurahan Coppo, bahwa ketokohan Malkan sudah kental dengan masyarakat Kota Barru. Tetapi tidak salah kalau Malkan kembali menebar gambar dirinya sebagai bentuk sosialisasi jelang Pemilukada Barru 2015.(udi/war/c)

 

Legislator Senayan Bantu Masjid

MAKASSAR - Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Indira Chunda Tita Syahrul kembali menggelar aksi sosial untuk membantu masyarakat yang ada di daerah pemilihannya dapil Sulsel I meliputi Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng dan Selayar. Dan juga beberapa daerah diluar dapil yang ada di Sulsel.
Kali ini, Politisi yang terkenal dengan program Aksi Nyata Thita  ini memberikan bantuan semen untuk pembangunan sarana dan prasarana umum seperti masjid, wc umum, dan lapangan olah raga di beberapa daerah di Sulsel.
Salah satu masjid yang dibantu yakni Masjid Jamiul Iksan, Jalan Toddopuli, Makassar, dan Masjid Babussalam Jalan Batua Raya.                        "Bantuan ini menjadi komitmennya dalam membantu masyarakat yang membutuhkan. Rakyat butuh bukti bukan janji. Program aksi nyata inilah menjadi bukti dan komitmen saya," kata Thita.
Thita yang kembali terpilih pada Pemilu Legislatif 2014 sebagai  caleg nomor urut 1 PAN di dapil Sulsel 1  berharap kepada sesama legislator agar mengemban amanah rakyat secara bertanggung jawab. Hal itu tidak hanya ditunjukkan lewat jargon kepedulian, tapi rakyat butuh aksi yang lebih konkrit.                               
Pengurus Masjid Jamiul Iksan, mengatakan,  sangat berterima kasih atas bantuan semen dari Tita. "Kami sangat senang dan bersyukur karena ibu Tita  peduli dengan kebutuhan masyarakat. Bantuan ini sangat berharga bagi pembangunan Masjid ini," ujar H Iksan, kemarin. (Ucu/war/c)

   

Parpol Mulai Jajaki Koalisi

Balon Bupati Berpeluang Diusung Koalisi Parpol

Gowa
Tenri Olle YL (Golkar- PAN-PDIP)
Amir uskara (Demokrat- PPP)
Andi Maddusila (Demokrat- NasDem)
Yusuf Sommeng (PKS-Hanura, PKPI dan PKB)

Selayar
Ince Langke-Adiansar (Golkar, Hanura, NasDem dan  PPP)
Syaiful Arif (Gerindra)
Nursyamsina-Junaid Faisal (Demokrat-PDIP)
Abd Gani (PAN-PKS)


Bulukumba
Syamsuddin (Golkar-Demokrat)
Edi Manaf (PAN)
Andi Sukri Sappewali (Gerindra-Hanura)
Masykur A Sultan (Golkar- PPP-PKS)

Maros
Hatta Rahman (PAN, Gerindra, Golkar)
Harmil Mattotorang (Demokrat-PKB-PKS)
Devo Kadafi (Golkar, PPP)
Nur Hasan (Hanura-PPP)

Pangkep
Syamsuddin H (Golkar)
Abd Rahman Assagaf
Andi Hery S Attas-Rizaldi Parumpa  (PPP-PAN)
Kamrussamad (Gerindra, Hanura)
Taufik Fahruddin (Demokrat-NasDem)

Barru
Andi Idris Syukur (Golkar, PAN)
Malkan (NasDem-Demokrat)
Anwar Aksa (PKS, PPP dan Hanura)
Herman Agus

Soppeng
Andi Kaswadi (Golkar-PPP)
Andi Sulkarnain (Gerindra)
Aris Muhammadiyah (PAN-PKS)
Selle KS Dalle (Demokrat-NasDem)
Luthfi Halide (Golkar)
DJusman AR (PBB-PAN)


Toraja
Theopillus A (Golkar, PDIP)
Adelheid Sosang (Gerindra-Hanura)
Viktor D Batara (Demokrat- NasDem)
Nico Biringkanae (PKS- PAN-PKB)

Toraja utara
Frederik Batti Sorring (Golkar, Hanura)
Frederik Buntang (Demokrat-PDIP)
YS Dalipang (Gerindra-PPP-PKS)
Bridge Allorante

Lutra
Arifin Junaidi (Golkar, PAN)
Indah Putri indriani (Gerindra)
Tahar Rum (Demokrat-NasDem)
Karimuddin (PAN)


Lutim
Thorik Husler (PAN-PPP-PKS)
Andi Fauziyah (Golkar)
Sadly Mansur (NasDem-Demokrat)
Andi Asrul (PAN)
Nur Husain (Demokrat)



-Usung Balon Bupati dan Wakil Bupati

REPORTER: ARIEF SITUJU
EDITOR: WARTA SHALLY HIDAYAT


MAKASSAR, BKM--Pascapemilu legislatif (Pileg) 2014, roda mesin partai politik di Sulsel tidak padam. Parpol kembali mempersiapkan diri untuk Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) yang berlangsung di 11 daerah 2015 mendatang.
Saat ini sejumlah parpol mulai bergerilya untuk menjajaki peluang koalisi, untuk mencari figur calon bupati dan wakil bupati yang akan diusung di perhelatan politik lima tahunan ini.
Bahkan gambaran koalisi dalam mengusung pasangan calon mulai hangat dibicarakan baik ditingkat parpol maupun di masyarakat luas.
Para pimpinan parpol mengaku sudah melakukan komunikasi dengan sejumlah calon yang berniat maju di Pemilukada.
Ketua DPW PPP Sulsel HM Amir Uskara mengaku sudah berkomunikasi dengan sejumlah calon. Bahkan sejumlah calon  sudah menyurat ke DPW dan DPC PPP di daerah.
"Kita sudah menerima sejumlah surat, tinggal dibahas di tingkat provinsi, meski pprosesnuya dilakukan ditingkat DPC,"ujar caleg DPR RI terpilih ini, Rabu (13/8).
Mantan wakil ketua DPRD Gowa dua periode ini menambahkan bila PPP sendiri telah menyiapkan sejumlah kader yang akan maju, termasuk membuka ruang bagi calon diluar partai, jelas Amir yang mengaku sedang mempersiapkan pelantikan dirinya sebagai anggota DPR RI pada  1 Oktober mendatang.
Pernyataan sama disampaikan Sekretaris DPD PDIP Sulsel Rudi Pieter Goni. Legislator Sulsel ini mengatakan kalau partainya mulai  membahas soal persiapan jelang Pemilukada di 11 daerah.
"Kami sudah  melakukan rapat bersama DPC untuk  menyamakan persepsi dan juga pemetaan politik.
Kesimpulan awal, kami akan mendorong kader,"ujar Rudi, kemarin.
Terpisah, Ketua DPD Partai Hanura Sulsel, Ambo Dalle mengaku belum menyiapkan calon yang akan diusung. Saat ini kata dia, Hanura masih mempersiapkan tahapan survei bagi setiap calon yang berniat mengendarai Hanura.
"Saat ini sudah ada calon yang melakukan komunikasi dengan Hanura. Untuk itu, kami akan melakukan survei dulu,"ujarnya.
Soal target kemenangan calon usungan Hanura di Pemilukada, anggota komisi E DPRD Sulsel ini mengaku menargetkan semua calon yang akan diusung harus menang. "Makanya kita survei agar semua calon yang diusung menang,"harapnya.
Dari 11 daerah, Golkar, Demokrat dan Gerindra kemungkinan besar akan saling berhadapan.
Seperti halnya di Kabupaten  Gowa, Partai Golkar, Demokrat dan Gerindra kemungkinan besar akan berhadapan, termasuk PPP.
Golkar dan PAN kemungkinan mengusung Tenri Olle YL, Demokrat dan PPP mengusung Amir Uskara dan Gerindra akan mengusung Darmawangsa Muin.
Di  Selayar Golkar kemungkinan mengusung nama legislator Golkar Sulsel Ince Langke sebagai calon bupati. Selain Golkar, mantan ketua DPD II Golkar Selayar ini mengincar PPP, Hanura, NasDem dan PDIP.
Di Pemilukada Bulukumba, Golkar disebut akan mendorong kadernya yakni Andi Hamsa Pangki. Selain nama Hamsa, ketua DPD Golkar Bulukumba Zainuddin Hasan diperkirakan akan memasukkan putranya Zunaidi sebagai calon wakil bupati.
Dengan  mengincar dukungan PPP Zunaidi diperkirakan Selain mengincar Golkar, Hamsah Pangki dan Zunaidi juga mengincar PPP dan Hanura. (rif/b)

 

Pemutakhiran Data, KPU Tunggu Tahapan

MAKASSAR, BKM--Komisi Pemilihan Umum (KPU) di sejumlah daerah yang akan melaksanakan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) 2015 mendatang mengaku masih menunggu tahapan resmi Pemilukada yang dikeluarkan KPU Sulsel. Mereka juga belum melakukan kegiatan pemutahiran data pemilih.
"Kita memang masih menunggu tahapan. Kemungkinan awal tahun 2015 Januari hingga Februari baru dilakukan pemutahiran,"ujar Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Gowa, Muktar Muis, Selasa (12/8).
Muktar menambahkan, bila Pemilukada digelar Juni maka tahapan pemutakhiran bisa saja dilakukan empat hingga lima bulan sebelum pesta demokrasi.
Pernyataan yang sama disampaikan ketua KPU Pangkep Marzuki. Menurutnya, pemutakhiran data pemilu merujuk pada data yang serahkan Pemkab Pangkep melalui dinas kependudukan dan catatan sipil. Selanjutnya data tersebut dimutakhirkan bersama PPK, dan pihak terkait.
"Sebelumnya disebutkan daftar pemilih sementara atau DPS yang kemudian dimutakhirkan menjadi daftar pemilih tetap (DPT). Setelah ditetapkan menjadi DPT, maka data tersebut dijadikan dasar untuk pemilukada,"jelasnya.
Dia menambahkan, Pangkep sendiri baru memulai pemutakhiran data pemilih yakni Desember mendatang. "Paling lambat kami lakukan pemutakhiran data pada Januari tahun depan,"pungkasnya. (rif/war/c)

   

Halaman 6 dari 43

Group BKM | JAWA POS | FAJAR | RADAR | PARE POS | PALOPO POS | KENDARI POS | AMBON EKSPRES | PALU EKSPRES | BUTON POS | UJUNG PANDANG EKSPRES | RAKYAT SULSEL | RAKYAT SULTRA

Login / Registrasi