Politik

Anggota DPRD Soppeng di Dominasi Wajah Baru

SOPPENG, BKM-- Jatah kursi di DPRD Soppeng dipastikan didominasi wajah baru. Dari 30 kursi yang diperebutkan 19 kursi diisi oleh pendatang baru dan 11 kursi diisi oleh incumbent.
Mengacu pada perhitungan sementara di tingkat kecamatan, nama nama caleg incumbent yang berpeluang kembali duduk di DPRD Soppeng yakni untuk Dapil I, Saharuddin Adam (Golkar), Ibrahim (PDIP), Dapil II Suardi Haseng (Golkar), A.Takdir (PPP), A Kunen (PAN) dan Muh Ihsan (PDIP), sementara Dapil III ada nama A.Kaswadi Razak (Golkar), A.Mapparemma (PDIP) dan untuk dapil IV  H.Mustang (PAN) dan Ria Akudran (Demokrat).
Sementara 19 caleg nantinya akan diperebutkan oleh caleg pendatang baru dan akan meramaikan kursi di DPRD Soppeng.
Menyikapi hal itu, Komisioner KPU Soppeng, Rasyid mengatakan, itu masih asumsi dan belum final.
"Saya meminta semua pihak bersabar  menunggu keputusan resmi KPU yang dijadwalkan 19 April 2014 mendatang." (fir/war/c)

 

Yugo Tetap Tunggu Hasil Resmi KPU

MAKASSAR, BKM -- Politisi senior partai Golkar Makassar, Yusuf Gunco tetap optimis meraih kursi dan mampu mengalahkan rival-rivalnya di internal partai Golkar di daerah pemilihan Sulsel 1 (Makassar A).
Yugo sapaan akrabnya juga mengaku tak ingin terpengaruh akan sikap sejumlah caleg yang saling mengklaim kemenangan.
Dia mengatakan, sikap saling klaim atas perolehan suara bisa saja dilakukan para caleg. Namun, klaim tersebut harus memiliki data yang kuat.
"Klaim boleh saja, tapi penentuan jumlah suara kembali pada lembaga yang punya kewenangan yakni KPU Sulsel. KPU merupakan lembaga yang memiliki kapasitas menyampaikan hasil rekap secara remsi. Jadi menurut saya klaim-klaim teman-teman caleg Golkar tidak mempengaruhi sikologis kami. Saya juga punya data sendiri. Bahkan sudah mencapai 10.000 lebih suara untuk sementara yang kami data," kata Yugo.
Anggota DPRD Kota Makassar ini juga meminta kepada seluruh penyelenggara pemilu  untuk tidak bermain curang alias jekkong.
"Jangan coba-coba bermain dan berusaha untuk mencuri suara ataupun merubah C1. Itu adalah tindakan pidana," tegasnya.
Ia menambahkan, jika ada pihak yang coba bermain curang dengan mengubah data C1 maka ia akan melawan.
"Kemanapun saya akan melawan jika ada yang berani bermain, khususnya di Dapil Sulsel 1 (Makassar A). Saya ini adalah pekerja, dan siap bertarung untuk kemenangan partai. Apalagi saat ini masing-masing caleg dan partai sudah memiliki data yang ril. Termasuk memalsukan data formulir C1 itu dampaknya akan berhadapan dengan hukum,"lanjut Yugo.
Saat ini, kata Yugo, ia bersama timnya sudah mengumpulkan data ril per TPS di dapinya, termasuk data copian formulir C1.
"Data kami sudah lengkap, dan sekali lagi saya tegaskan jangan ada yang main curang dengan mencuri suara ataupun merubah data  formulir C1. Saya akan melawan sampai kemanapun," kuncinya. (ril/war/c)

 

PDIP Palopo Klaim Raih Tiga Kursi

PALOPO, BKM-- Ketua Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kota Palopo, Alfri Jamil, mengklaim meraih tiga kursi di DPRD Palopo hasil Pileg 9 April lalu. Hal tersebut diyakini Afril, setelah melihat hasil perhitungan C1 PDIP Palopo.
Tiga kursi akan diisi oleh kader PDIP yakni dirinya sendiri (Alfri Jamil) di dapil III meliputi kecamatan Mungkajang, Wara Barat, M.Angga Bantu di dapil I meliputi kecamatan Telluwanua, Bara dan Wara Utara sedang Andi Herman Wahidin di dapil II meliputi kecamatan Wara Timur, Wara Selatan, Sendana.
Meski PDIP berhasil meloloskan tiga kadernya, namun kurangnya perolehan suara membuat PDIP tidak bisa mengantarkan kadernya duduk di kursi wakil ketua DPRD.
“kami kalah perolehan jumlah suara dari partai Demokrat, sehingga PDIP tidak berhasil merebut posisi sebagai wakil ketua DPRD,” ungkap Alfri.
Dengan perolehan tiga kursi pada pilcaleg tahun 2014 ini maka  PDIP kembali mengulang kesuksesannya pada priode 2004 – 2009. Pada pemilihan caleg  periode 2004 – 2009, PDIP Palopo, berhasil mengantarkan tiga kadernya sebagai anggota DPRD Palopo. Sedangkan pada pemilihan sebelumnya  periode 2009 – 2012, PDIP Palopo hanya mendudukkan dua kadernya sebagai anggota DPRD Palopo.
Salah satu kader PDIP Palopo,yang berhasil duduk sebagai anggota DPRD Palopo, selama tiga kali berturut – turut yaitu Alfri Jamil. ALfri Jamil menjabat anggota DPRD Palopo, pada periode 2004 – 2009, 2009 – 2014 dan 2014-2019.(*/war)

   

Riogi Klaim Sudah Kumpul 30.000 Suara

BARRU,BKM- Calon anggota legislatif (Caleg), Andi Mirza Riogi yang  bertarung di Dapil Sulsel VI meliputi Maros, Pangkep, Barru dan Parepare mengaku optimis bisa meraih satu kursi di DPRD Sulsel.
Anak Bupati Barru ini mengklaim telah mengumpulkan sekitar 30.000 suara sesuai laporan dari timnya.
Di dapil VI tersebut Riogi masih harus bersaing dengan putra Bupati Pangkep, H Sofyan Syamsuddin yang juga caleg di dapil yang sama.
Selain bersaing dengan Putra Bupati Pangkep, Riogi juga ikut mewaspadai pergerakan dari caleg Andi Pangeran Rahim yang diketahuinya memiliki lumbung suara di Kota Parepare.
"Saat ini saya masih bersaing ketat dengan H Sofyan Syamsuddin. Meski hal ini masih bersifat laporan yang belum resmi, namun optimisme kami terus ada sambil menunggu hasil akhir perhitungan resmi," klaim Riogi.
Adapun lumbung suara yang menjadi andalan Riogi yang juga menantu Wagub Sulsel ini, bukan hanya wilayah Kabupaten Barru tetapi suaranya juga merangsek hingga ke wilayah perbatasan di Kecamatan Mandalle, Segeri dan sekitar Kota Pangkep dan Kota Parepare yang merupakan keluarga besar Mertuanya. Simpul-simpul suara inilah yang diperkirakan akan menjadi mesin pengumpul suara untuk Riogi.
"Pokoknya saya masih menunggu terus perkembangan perolehan suara dari beberapa wilayah. Apalagi saat ini masih dalam tahap perhitungan ditingkat PPS," bebernya dengan nada optimis (Udi/war/c).

 

Parpol Saling Klaim Rebut Kursi

JENEPONTO BKM-- Sejumlah partai politik bersama calon anggota legislatif (Caleg) di Kabupaten Jeneponto mengklaim memperoleh kursi dari 40 kursi yang disiapkan di DPRD Kabupaten Jeneponto.
Bahkan mereka telah memprediksi siapa-siapa yang bakal duduk di parlemen, meski saat ini  Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) masih sibuk melakukan rekapitulasi suara.
"Persaingan memperebutkan kursi di parlemen tidak begitu ketat dan bisa diprediksi semua partai politik mendapatkan jatah kursi di DPRD Jeneponto," ujar Ketua DPC PPP, Imam Taufiq saat di temui di kediamannya Jalan Pahlawan, Bontosunggu, Selasa (15/4).
Imam menambahkan, PPP memperoleh suara besar di semua dapil. Di dapil I meliputi Binamu, Turatea, dirinya memperoleh suara besar. Sementara di dapil II meliputi Batang, Taroang ,Arungkeke, Kelara dan Rumbia caleg incumbent  Syamsul Tanro dan Naharuddin Nonci. Di dapil III meliputi Tamalatea, Bontoramba, peraih suara besar caleg incumbent Muhammad. Begitupun di dapil IV ada caleg incumbent  H Hasbullah dan Pabeta Gama.
Sementara untuk caleg partai Demokrat yang diprediksi meraih kursi jelas anggota DPRD Jeneponto Syahrir BK  masing-masing, di dapil I ada Ikram kr Nyau, Awaluddin Romo dan Sohra Agus. Di dapil II dua bersaudara antara Nawawi Bantang dan Jafar Bantang. Dapil III ada Islam Ilyas dan Kasmin Makkamula, serta dapil IV ada caleg Kaharuddin Mustamu karaeng Muang.
Sedangkan prediksi caleg partai Hanura yang lolos ke parlemen ujar Wakil Ketua DPC  Hanura Sehuddin Ampi yakni, di dapil I ada Sehuddin Sallatu, Andi Syawal dan Salmawati. Dapil II Mallaloang Ta,le dan Andi Baso Sugiarto kr Tompo. Sementara di dapil III Sudirman Sijaya dan Amin Bancing serta di dapil IV ada Paris.
Untuk caleg PAN yang diprediksi lolos, ujar anggota DPRD Jeneponto Syamsuddin Samad masing-masing, dapil I Lahmuddin Arif dan Awaluddin Sinring. Dapil II caleg incumbent Syamsuddin Samad dengan Hanafi Sewang, dapil III caleg incumbent Asdin Basoddin dan Baso Manjeng serta dapil IV  caleg incumbent  Erniati, Katti dan Mallombasang Kappi.
Sementara itu Ketua DPC PKB Mappatunru Karaeng Situju memprediksi caleg PKB yang lolos, dapil I Mustafa Tompo, Hilda dan Lelong Azis. Dapil II caleg incumbent  Mappatunru, dapil III ada Rusdi Jaya, Mansyur Boby serta dapil IV ada Mappuji.
Untuk caleg partai Golkar, jelas Sekretaris  Partai Golkar, Suharto Gassing diprediksi caleg yang lolos di dapil 1 Asprianto dan Suharto Gassing. Dapil II Risal lagu dan Melo. Dapil III Fatma Burhanuddin dan caleg incumbent Syuaib Sewang serta dapil IVada Imelda Yolanda Mulyadi dan Anas Kalanna.
Sementara Caleg PKS yang diprediksi lolos, jelas Thahal Fassni,  dapil I ada Agus dan Darwis, dapil II ada caleg incumbent Thahal Fasni, dappil III direbut  Jabal Arfah kr Siama serta dapil IV Zaainuddin Bata.
Ketua DPC Hanura Sonni Sallatu juga memprediksi peroleh suara dapil I ada caleg incumbent Rasyid Salam Bella, Kamaruddin Siama. Dapil II Sonny Sallatu dan caleg incumbent Irmawati Sila. Dapil III Ibnu Hajar,  Rita Alim serta dapil IV Rahmat Radjamilo dan Ismail Emba.
Sementara itu, Ketua DPC PBB Marsidin Lalang memprediksi Perolehan kursi untuk dapil I Firman Nai dan Syamsuddin Awing. Dapil II caleg incumbent Marsudin Lalang. Dapil III Massaraja limbang serta dapil IV belum diketahui jelas.
Ketua DPC PKPI Adwin karaeng Sutte memprediksi calegnya meraih kursi, dapil I Kamaluddin Kasim dan Ridwan Nakku. Dapil II  Burhanudin, dapil III dan Dapil IV belum jelas.
Ketua Partai Nasdem, Muh Jihat juga memprediksi caleg Nasdem yang meraih kursi di Dapil I Ali Sadiki dan Sarkawis. Dapil II Baharuddin Kain dan Muh Jihad, dapil III Rusdini, Hardiman dan Hartono serta dapil IV Bahar Baharuddin dan Hj Erniati.
Terpisah, Ketua PDIP Jahini Karaenng Lontang juga memprediksi calegnya yang lolos di dapil IMasdulhak kr Sanggu. Dapil II Nasir kr Jalling, dapil III Jahini serta dapil IV Emba.(KrK/war/c)

   

Halaman 6 dari 103

Group BKM | JAWA POS | FAJAR | RADAR | PARE POS | PALOPO POS | KENDARI POS | AMBON EKSPRES | PALU EKSPRES | BUTON POS | UJUNG PANDANG EKSPRES | RAKYAT SULSEL | RAKYAT SULTRA