×
Connect with us

Headline

Hari Ini, Puncak Arus Mudik Terjadi

-

MAKASSAR, BKM — Tiga hari menjelang lebaran Idul Fitri (H-3), Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo melakukan pemantauan arus mudik di Terminal Penumpang Soekarno-Hatta dan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Selasa (14/7).
Di pelabuhan, ribuan calon penumpang menunggu kedatangan kapal yang akan mengangkut mereka ke sejumlah daerah tujuan. Mereka tidak hanya menunggu di dalam ruangan yang memang disiapkan, namun hingga ke emperan pelabuhan.
Kepala Kantor Otoritas Pelabuhan Utama Makassar, Nyoman Gede Saputra menjelaskan, lonjakan penumpang mulai terlihat sejak H-4 lalu. Dia memperkirakan, puncak arus mudik akan terjadi hari ini.
Menurut Made, empat kapal penumpang akan berlabuh di Pelabuhan Soekarno Hatta dengan tujuan Labuan Bajo , Nusa Tenggara Barat, Surabaya, dan Nusa Tenggara Timur.
Berbeda dengan di pelabuhan, lonjakan penumpang belum terlihat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.
General Manager (GM) Angkasa Pura Abdul Munir menjelaskan, jumlah penumpang yang tercatat datang dan pergi melalui Bandara Internasional Sultan Hasanuddin dua hari yang lalu sekitar 5000 orang. Jumlah penumpang transit rata-rata 6000 orang per hari.
Dia memperkirakan, lonjakan arus penumpang atau puncak arus mudik akan terjadi hari ini, Rabu (14/7).
Diperkirakan lonjakan penumpang mengalami kenaikan 5-7 persen dibanding hari-hari sebelumnya.
“Kami prediksi jumlah penumpang datang dan pergi mencapai 10 ribu per hari,” kata Abdul Munir.
Frekuensi pesawat yang mendarat dan lepas landas di Bandara Sultan Hasanuddin sekitar 125 hingga 130 pesawat. Angka itu diperkirakan mengalami kenaikan 130 hingga 135 pesawat.
“Dibanding tahun lalu, ada kenaikan penumpang 8-10 persen,” jelasnya.
Sementara itu, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo meminta pihak otoritas bandara dan pelabuhan tetap mengutamakan aspek keamanan dan kenyaman penumpang.
Dia juga sudah menginstruksikan TNI dan kepolisian bahu membahu menciptakan kondisi yang kondusif.
“Sampai detik ini Alhamdulillah semua berjalan lancar,” jelasnya.
Dia meminta kepada pemudik untuk tetap menjaga kesehatan dan memprioritaskan membawa barang-barang yang sangat dibutuhkan agar tetap nyaman selama berada di perjalanan. (rhm/war/c)

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini