Sulselbar

TIF Dukung Peningkatan Kunjungan Wisatawan


RANTEPAO, BKM — Usia Kabupaten Toraja Utara kini baru memasuki 7 tahun. Jauh lebih mudah dibandingkan dengan 24 kabupaten/kota lainnya di Sulsel.
Pemerintah pusat maupun provinsi tentu tidak ingin melihat ‘anak bungsunya’ ini jauh tertinggal. Karenanya, anggaran untuk semua sektor terus dikucurkan dan hasilnya kini telah dinikmati masyarakat.
Jika melihat sumber daya alam Toraja Utara, sektor pariwisata merupakan primadona yang tiada duanya. Apalagi setelah masuk dalam Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), perhatian dari pusat tergolong luar biasa. Sudah tiga tahun berturut-turut dilaksanakan Toraja Internationl Festival (TIF), yang dipusatkan di perkampungan adat Ke’te Kesu’. Even ini sangat mendukung upaya mendorong peningkatan kunjungan wisatawan, baik mancanegara maupun domestik.
”Demikian pula Lovely December yang merupakan program Bapak Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, terus mendapat perhatian masyarakat. Utamanya perantau Toraja maupun wisatawan mancanegara. Untuk tahun 2015 ini, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Toraja Utara sudah mencapai 109 ribu lebih,” terang Bupati Frederik Batti Sorring pada peringatan HUT Toraja Utara ke-7 di Lapangan Kodim Rantepao, Kamis (23/7).
Peringatan HUT Torut tahun ini mengusung tema; Lestarikan Budaya Lokal Melalui Peningkatan Pelayanan dan Kesejahteraan Masyarakat Sektor Pariwisata. Karena itu, tahun depan ditargetkan kunjungan wisatawan ke daerah ini di atas 200 ribu.
Alumni S2 UGM Yogyakarta itupun optimis bisa merealisasikan target tersebut. Sebab promosi terus digiatkan ke mancanegara. Selain itu, juga dilakukan pembenahan infrastruktur dan melengkapi obyek wisata yang ada. (gus/rus/c)

Komentar Anda





Comments
To Top
.