Gojentakmapan

Tim DVI Identifikasi DNA Bayi Tertukar


GOWA, BKM — Tim Disaster Victim Identification (DVI) RS Bhayangkara Makassar mulai mengidentifikasi DNA bayi yang sebelumnya diduga tertukar. Tes DNA dilakukan untuk mencocokan DNA orang tua bayi, Jumat (24/7).
Tim DVI RS Bhayangkara melakukan identifikasi di RSU Syekh Yusuf Kabupaten Gowa didampingi Tim Reskrim dari Polres Gowa. Tes DNA menjadi prosedur untuk pembuktian secara ilmiah yang hasilnya sangat dapat dipertanggungjawabkan.
Tim DVI mengambil sample darah serta epitel pipi bagian dalam pada orangtua dan bayi bersangkutan. Rencananya sample darah dan epitel pipi ibu dan bayi kembar ini akan dikirim ke laboratorium di Jakarta guna diteliti.
Tim DVI melalui dr Mauluddin berjanji akan secepatnya memberikan hasil uji laboratorium kepada pihak kepolisian yang menangani kasus dugaan tertukarnya salah satu dari bayi kembar milik pasangan, Kiki (19) dan Fendi (20), warga BTN Minasa Indah, Kelurahan Bonto-bontoa, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa itu.
Menurut tim DVI, penelitian juga akan dilakukan terhadap bayi khususnya saat berada dalam inkubator. Hasil pemeriksaan tersebut nantinya akan menjadi patokan untuk mengetahui apakah bayi laki-laki itu adalah benar anak pasangan Kiki dan Fendi atau bukan.
Sementara, Direktur RSU Syekh Yusuf, dr H Salahuddin usai menemui Bupati Gowa di rujab kemarin mengatakan, segala urusan pelaksanaan tes DNA diserahkan sepenuhnya ke pihak kepolisian. ”Kami hanya menunggu hasil. Kita juga berharap semuanya bisa cepat tuntas sebab dengan adanya masalah ini perhatian kami di rumah sakit tersita beberapa hari. Mudah-mudahan segera ada hasil dari tes DNA tersebut,” ucapnya.
Di tempat yang sama, Sekkab Gowa, H Muchlis meminta pihak rumah sakit memberikan efek sanksi terhadap siapa saja yang teledor dalam masalah ini. “paling tidak ada sanksi administratif yang diberikan oleh pihak managemen rumah sakit baik kepada keluarga bayi maupun petugas rumah sakit yang terindikasi melakukan kesalahan dalam masalah ini,” kata Sekkab. (sar-ril/b)

Komentar Anda





Comments
To Top
.