Metro

Sulsel Kondusif Jelang Kedatangan Presiden RI


MAKASSAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel menjamin kondisi Sulsel kondusif menjelang kedatangan Presiden RI Joko Widodo, Agustus mendatang. Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) terus berkoordinasi dengan aparat kepolisian dan TNI untuk menjaga keamanan.
Kondisi keamanan Sulsel yang kondusif disampaikan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, saat menerima kunjungan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan HAM (Menkopolhukam) RI, Laksamana (Purn) Tedjo Edhi Purdijatno, di Makassar, beberapa waktu lalu. Syahrul menjamin, tidak akan ada imbas atau pengaruh peristiwa kerusuhan di Kabupaten Tolikara, Papua, terhadap Sulsel.
“Meskipun ada kontraksi disana, kami menjamin hal tersebut tidak berimbas ke sini,” kata Syahrul.
Ia menyatakan, pihaknya juga telah mengunjungi Kabupaten Toraja Utara dan Tana Toraja untuk memantau situasi di kedua kabupaten tersebut. Mengingat, dua daerah itu penduduknya mayoritas beragama Kristen.
“Kami di Sulsel aman-aman saja,” tegasnya.
Menkopolhukam RI, Laksamana (Purn) Tedjo Edhi Purdijatno, menyatakan apresiasinya atas kondisi kondusif di Sulsel. Menurutnya, meskipun orang Sulsel terkenal memiliki karakter yang keras, tapi suasananya kondusif dan perekonomian tumbuh dengan baik.
“Saya kagum dengan kondisi di Sulsel, apalagi pertumbuhan ekonominya cukup bagus,” tuturnya.
Terpisah, Kepala Badan Satpol PP Sulsel, Dr Iqbal Suhaeb, yang turut hadir dalam pertemuan itu, mengatakan, aparat keamanan saat ini mulai gencar melakukan partisipasi terhadap penjagaan keamanan di Sulsel. Apalagi, menjelang kedatangan Presiden RI, Joko Widodo, dalam rangka kegiatan Muktamar Muhammadiyah. Apalagi, ada analisis yang menyatakan bahwa Sulsel tidak kondusif bagi kedatangan presiden.
“Memang ada analisis kalau kondisi tidak kondusif, tapi sejauh ini aman-aman saja,” terangnya.
Terkait konflik di Tolikara, Dr Iqbal menjelaskan, Gubernur Sulsel terus memantau warga Sulsel yang berada di Kabupaten Tolikara, Papua. Gubernur sangat aktif menghubungi tokoh masyarakat Sulsel yang berada disana.
“Pak Gubernur juga sudah menjamin untuk membantu warga Sulsel yang ada di Tolikara. Apalagi, jika sampai mereka tidak bisa melakukan aktivitas ekonomi dan perlu bantuan. Warga Sulsel di Tolikara berlindung di pos atau asrama kodim keamanannya terjaga,” ujarnya. (*)

Komentar Anda





Comments
To Top
.