Metro

Pertuni Desak Perda Disabilitas Dijalankan


FORUM Pemerhati Disabilitas yang tergabung dalam Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) Kota Makassar dan HMJ PLB FIB UNM melakukan aksi pemenuhan Hak Disibilitas di DPRD Kota Makassar, kemarin.
Dalam orasinya, mereka meminta Pemerintah Kota, DPRD Kota Makassar serta aparat penegak hukum untuk segera menjalankan Perda Disibilitas Kota Makassar yang telah disahkan 2013 lalu.
Mereka juga mendorong pemkot segera menyediakan akses kesehatan dan pendidikan bagi kaum disibilitas.
“Kami meminta pemkot membentuk UPTD dan seksi PLB yang mewadahi penyelenggaraan pendidikan ABK dan pendidikan Inklusif dengan penempatan guru pendamping khusus (GPK) di sekolah sesuai dengan bidangnya,” tandas korlap aksi, Nurhidayat.
Nurhidayat menambahkan, negara Indonesia telah mengambil langkah penting dalam memperkuat komitmen untuk memajukan hak asasi penyandang disibilitas (penyandang cacat) dengan menandatangani dan meratifikasi konvensi PBB tentang hak hak penyandang disibilitas (Convention on the rights of persons with disabilities). Pada tanggal 10 November 2011, Pemerintah Indonesia kembali mengukuhkan komitmen untuk melakukan perubahaan fundamental bagi perwukudan hak hak difabel dengan mengesahkan Undang Undang No 19 Tahun 2011, Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 2011 nomor 107 tentang Ratifikasi Konvensi Internasional Hak Hak penyendang Disibilitas sebagai upaya pemajuan, penghormatan, pemenuhan dan perlindungan hak hak difabel di seluruh Indonesia.
“Sampai saat ini pemerintah belum mampu melindungi dan memberikan jaminan terhadap perwujudan hak-hak penyandang disibilitas seperti akses terhadap pendidikan, pekerjaan, layanan kesehatan dan fasilitas publik masih terhalang tembok diskriminasi,” tambahnya.(arf/war/b)

Komentar Anda





Comments
To Top
.