Metro

Tahun Ini tak Ada Penerimaan CPNS


MAKASSAR, BKM –Para pelamar calon pegawai negari sipil (CPNS) bakal gigit jari. Pemerintah Provinsi Sulsel memastikan tahun ini tak ada penerimaan CPNS.
Kepastian itu diperoleh setelah Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara, Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) mengeluarkan instruksi tak ada penerimaan CPNS tahun ini.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel, Mustari Soba mengatakan sebelumnya pusat menginformasikan penerimaan CPNS ditunda sampai batas waktu yang tidak ditentukan.
Mustari melanjutkan, alasan tidak diagendakan penerimaan CPNS tahun ini karena baru 50 persen instansi yang memasukkan analisis jabatan (Anjab) dan analisis beban kerja (ABK).
“Karena dua persoalan itu, akhirnya diputuskan tak ada penerimaan CPNS tahun ini,” kata Mustari, Kamis, (30/7).
Dia menambahkan, Pemprov Sulsel sebenarnya sudah memasukkan analisis jabatan sehingga tidak ada persoalan.
“Mau diapa kalau pusat instruksikan tidak ada penerimaan tahun ini,” jelasnya.
Sementara itu, Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo menyayangkan sikap Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara yang meniadakan penerimaan CPNS 2015, padahal saat ini sedang dibutuhkan tambahan kepegawaian di daerah.
Dia mengaku sudah sering protes terhadap kebijakan pemerintah pusat yang selalu dianggap kontroversial.
Kebijakan yang selalu sentralistik, semua bertumpu pada pada pusat, bahkan untuk mengangkat pejabat pun harus konfirmasi ke pusat dan menunggu berbulan-bulan. Syahrul menilai kebijakan tersebut menghambat kerja-kerja pemerintah daerah.
Sebelumnya, BKD Sulsel telah mengajukan 300 kuota CPNS ke Kemenpan-RB.
Usulan itu untuk mengisi sejumlah posisi mulai dari staf administrasi hingga tenaga kesehatan.
Diharapkan dari 300 kuota yang diusulkan, setengahnya dapat terisi. Namun sayang, setelah terbitnya instruksi dari pusat, rencana Pemprov Sulsel untuk mengisi kebutuhan pegawai harus terpending. (rhm/war/b)

Komentar Anda





Comments
To Top
.