Bisnis

CSR Pertamina TBBM Makassar Raih Platinum


MAKASSAR, BKM — Kelompok Wanita Nelayan (KWN) Fatimah Azzahra berhasil mengantarkan program Corporate Social Responsibility (CSR) Pertamina Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Makassar MOR VII Sulawesi menyabet Platinum Award pada ajang bergengsi antar perusahaan se Indonesia. Penyerahan penghargaan tersebut berlangsung di Hotel Grand Kartika Chandra Jakarta, Rabu (29/7).
Home Industry binaan Pertamina itu berhasil menyabet penghargaan tertinggi yakni Platinum Award kategori Sustainable Development Goals (SDG’s) Tujuan I Bidang Pemberdayaan Usaha Mikro Rumah Tangga Miskin melalui program CSR Home Industry. KWN yang berlokasi di Kelurahan Pattingaloang, Kecamatan Ujung Tanah, kota Makassar ini, dinilai berdasarkan kriteria yang mensyaratkan adanya penerima manfaat yang berasal dari keluarga prasejahtera.
Community Development Officer PT Pertamina (persero) Marketing Operation Region (MOR) VII Sulawesi, Taufiq Kurniawan, mengatakan, award kali ini merupakan peningkatan prestasi membanggakan. Pasalnya, tahun 2014 lalu telah memperoleh peringkat Gold di ajang yang sama, yakni penganugerahan Gelar Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Budaya.
”Kami membuktikan bahwa Program CSR Pertamina tidak hanya bersifat charity saja namun sudah tersertifikasi Platinum dalam segi kualitas programnya,” ujarnya.
KWN Fatimah Azzahra memiliki produk utama abon ikan tuna dan bandeng tanpa duri. Home industry ini tidak berorientasi pada keuntungan semata. Namun ada aspek sosialnya. Karena tanggal 10 tiap bulannya diadakan pemeriksaan gratis dan pemberian makanan tambahan untuk lansia yang berjumlah lebih dari 200 orang.
Selain itu, apabila ada warga di sekitar yang meninggal, KWN ini menanggung biaya pemulasaran jenazahnya. Inilah barangkali sebuah konsep baru dalam bisnis, yaitu sociopreunership. Binaan Pertamina yang diketuai oleh Ibu Nuraeni ini telah memasarkan produknya hingga ke Jawa, Kalimantan dan bahkan sampai Merauke. Dari sebagian keuntungan yang disalurkan tersebut, menurut Taufiq, KWN ini mengaku tidak pernah merugi.
General Manager Marketing Operation Region VII Sulawesi, Budi Setio Hartono, menanggapi penghargaan tersebut untuk dapat menjadi indikator agar Pertamina semakin memiliki nilai tambah dan manfaat untuk pembangunan yang berkelanjutan bagi masyarakat. (mir)

Komentar Anda





Comments
To Top
.