Connect with us

Politik

Frederik Buntang Lolos Tes Kesehatan

-

MAKASSAR, BKM –Ikatan Dokter Indonesia (IDI) telah merampungkan hasil tes kesehatan bagi bakal calon bupati dan wakil bupati untuk 11 Kabupaten, Sabtu (1/8). Dari 13 pasangan calon, satu diantaranya memiliki gangguan pada pendengaran. Yakni calon Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Buntang Rombelayuk.
Penanggungjawab tes kesehatan, Dr dr Siswanto Wahab pada sejumlah wartawan mengkaui bila Frederik Buntang mengalami gangguan pada pendengaran di salah satu telinganya. Hanya saja, masalah gangguan tersebut tidak menggugurkan calon tersebut setelah menjalani serangkaian tes kesehatan.
“Iya, betul, pak Frederik ada masalah pada telinganya. Namun masalah itu tidak menggugurkan. Sebab dia memakai alat bantu. Jadi tidak ada masalah,”ujar Siswanto di Private Care Center (PCC) RS Wahidin Sudirohusodo.
Menurutnya, hal yang dapat menggugurkan bakal calon yakni apabila memiliki penyakit yang sulit disembuhkan. Meski mengunakan alat bantu. Misalnya saja gangguan pada kejiwaan. “Kalau mengidap penyakit gila, ya pasti sudah tidak bisa lagi. Masak mau dipimpin dengan orang semacam itu,”ujarnya.
Calon Wakil Bupati Toraja Utara Frederik Buntang Rombelayuk tidak membantah memiliki ganguan pada pendengaran di salah satu telinganya. “Itu biasaji, tidak mempengeruhi. Yang penting lolos dalam tes,”ujar balon yang diusung koalisi Nasdem, Hanura, PKPI, dan Demokrat ini.
Teskesehatan dihari terakhir diikuti 13 bakal calon dari lima daerah yakni pasangan bakal calon bupati dan wakil Bupati Selayar Saiful Arif-Junaedi Faisal, Aji Sumarno-Abdul Gani, dan Basli Ali-Zainuddin.
Kemudian pasangan Nur Husein-Esra Lamban, Badaruddin Andi Piccunang-Andi Baso Machmud, dan Muhammad Thoriq Husler-Irwan Bachri Syam dari Luwu Timur. Adapun pasangan Arifin Junaedi-Abdullah Rahim dan Indah Putri Indriani-Thahar Rum dari Kabupaten Luwu Utara.
Sementara itu, pasangan calon bupati dan wakil Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung-Johanis Linting, Nico Biringkanae-Victor Datuan Batara, dan dr Zadrak Tobek-Kristina Jeane Tendererung.
Adapun untuk Toraja Utara, pasangan Frederrick B Sorring-Frederik Buntang Rombelayuk dan Kalatiku Paembonan-Rinto Y Kadang. (arf/rif/c)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com


Populer Minggu ini