Metro

PLN Penunggak Terbesar Pajak Kendaraan


MAKASSAR, BKM — Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) dari Sistem Administrasi Manunggal Satu (Samsat) Makassar merilis puluhan perusahaan besar sebagai penunggak pajak kendaraan terbesar, termasuk PT PLN. Tunggakan pajak kendaraan milik PT PLN Persero sebesar Rp119.869.870.
Selain PT PLN, perusahaan lainnya yang menunggak pajak kendaraan yakni PT Karya Mandiri Surya Sejahtera (ekspedisi) dengan jumlah tunggakan Rp93.936.000 dari lima unit kendaraan, PT Karya Atma Manunggal dengan nilai tunggakan Rp120.589.680, PT Megah Putra Sejahtera dengan nilai tunggakan Rp58.249.160, PT Astra Internasional, Tbk dengan nilai tunggakan Rp31.587.140, PT Cipta Kharisma Duta Pertiwi dengan nilai tunggakan Rp42.014.140, PT Makassar Sukses Sejahtera dengan nilai tunggakan Rp35. 865.100, dan tiga puluh lima perusahaan besar lainnya.
Untuk menagih tunggakan tersebut, pihak Samsat melakukan door to dor ke perusahaan-perusahaan besar yang melakukan tunggakan pajak kendaraan.
Kepala UPTD Samsat Makassar, Hasan Sijaya, Senin (3/8) mengatakan, penagihan dengan sistem door to door bertujuan untuk memberikan contoh kepada wajib pajak lain yang selalu melalaikan kewajiban guna menaati pajak kendaraannya.
“Ini langkah awal pihak UPTD Samsat melayangkan surat teguran pertama dengan renggang waktu 21 hari, dan bila tidak diindahkan menyusul teguran kedua dengan tenggang waktu tujuh hari. Dengan waktu tersebut juga tidak diindahkan menyusul surat teguran ketiga yang selanjutnya dilakukan penyitaan terhadapat kendaraan selama satu bulan,”ujar Hasan Sijaya.
Kalaupun sampai sebulan tidak dilunasi, kata Hasan Sijaya, maka kendaraan tersebut akan dilelang.
“Kita berharap dengan adanya teguran-teguran seperti ini, para wajib pajak akan sadar betapa pentingnya pajak untuk kepentingan bersama,”harapnya. (jun/war/c)

Komentar Anda





Comments
To Top
.