Gojentakmapan

Bendera Raksasa Berkibar di Gua Sedalam 220 Meter


MAROS, BKM — Dalam rangka meperingati hari kemerdekaan RI ke-70 tahun, ratusan pecinta alam yang tergabung dalam Forum Silaturahmi Pemuda Jelajah Indonesia bersama warga Maros berencana menggelar pengibaran bendera merah putih di Gua Leang Puteh kealaman 220 meter. Gua vertikal yang terletak di Dusun Pattiro, Cenrana, Kabupaten Maros tersebut akan menjadi tempat pelaksanaan upacara 17 Agustus mendatang.
Penyelenggara kegiatan, Muhammad Juzmail menjelaskan, pengibaran bendera merah putih sengaja dikemas berbeda pada peringatan kali ini. Selain memperingati HUT RI dan mengenang jasa para perjuangan kemerdekaan, para pecinta alam dan warga juga menekankan pada pelestarian lingkungan, terutama daerah-daerah wisata yang terancam rusak.
“Kita akan kibarkan bendera di dasar goa sedalam 220 meter. Benderanya sendiri juga cukup besar yakni mencapai 70 meter, sesuai tahun kemerdekaan kita,” jelas Juzmail kepada wartawan, Senin (10/8) kemarin.
Untuk itu, pihaknya menyiapkan para anggota pengibar bendera yang terlatih sebanyak 15 orang. Mereka berasal dari gabungan pencinta alam baik dari Kabupaten Maros, Taman Nasional Bulusaraung Bantimurung, Unhas, STIK Tamalatea dan STIMIK Dipanegara dan warga yang bermukim disekitar goa.
Kasubag Tata Usaha Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, Dedy Asriady, mengapresiasi kegiatan tersebut. Dia berharap, pengibaran bendera yang dipelopori para pemuda itu, berjalan sesuai rencana dan bisa menarik perhatian masyarakat untuk menguinjungi Gua Leang Puteh.
“Ini promosi yang positif. Mudah-mudahan Leang Puteh makin dikenal di seluruh Indonesia,” ujarnya. (ari-ril/c)

Komentar Anda





Comments
To Top
.