Gojentakmapan

Tokoh Koperasi Terima Penghargaan


MAROS, BKM — Mengakhiri masa jabatannya sebagai Bupati Maros, HM Hatta Rahman menyerahkan sejumlah penghargaan koperasi pada Peringatan Hari Koperasi ke-68 di Lapangan Pallantikang Maros, Senin (10/8).
Didampingi Wakil Bupati Maros, HA Harmil Mattotorang dan Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Maros, Baharuddin, bupati menyerahkan Surat Keputusan (SK) Presiden RI tentang Koperasi Berprestasi Tingkat Nasional tahun 2015 yang diberikan kepada KPRI Amanah (Kopemda) dan Kopsyah BMT Al Azhar.
Hatta juga menyerahkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Sulsel tentang Koperasi Berprestasi dan Tokoh Koperasi tingkat Sulsel yang diberikan kepada Koperasi Primkop Pasopati Paskhas AU dan KUD Allepolea. Sementara Tokoh Koperasi diberikan kepada H Djamaluddin Achmad (Sekretaris Dekopinda Maros).
Selain itu, diberikan puka penghargaan kepada Koperasi Berprestasi dan Tokoh Koperasi Tingkat Kabupaten Maros yang masing-masing diterima oleh KUD Bonto Bahari, Primkop Darma Putra Waspada, Koperasi ATC MATSC, KPRI Harapan Kita, KSU Bulu Saukang, KSU Surya Muhammadiyah, KSP Mitra
Megah dan KSP Tunas Harapan sebabagi Koperasi Berprestasi. Kemudian H Lolo Sutte (Sekretaris KUD Allepolea), Muh Amin AS (mantan Ketua Koperasi Kodim 1422), H Djamaluddin (Sekretaris KPRI Mekar Utama), Syarifuddin (Sekretaris KPRI Koharja), Mustafah (Ketua Koperasi Jasa Maros Baik), Anwar (Pengawas KPRI Karya Bersama) sebagai Tokoh Koperasi.
Selanjutnya diberikan penghargaan kepada camat atas dedikasinya dalam memberikan pembinaan kepada koperasi dan UMKM di wilayahnya, diberikan kepada Camat Bontoa Iqbal Dwi dan Camat Camba Andi Mappellawa.
Hatta Rahman dalam sambutannya mengemukakan, di usia ke-68 ini koperasi diharapkan mampu menunjukkan jati dirinya seagai wadah yang handal bagi kekuatan ekonomi rakyat.
“Untuk itu, pembangunan koperasi dilakukan agar lebih berkualitas dan mampu berperan dalam perekonomian nasional. Bukan saja sebagai mesin pertumbuhan ekonomi, tetapi juga dalam penyerapan tenaga kerja untuk mengurangi pengangguranm,” harapnya.
Di tempat yang sama, Kepala Dinas Koperindag Maros, Syamsir menambahkan, secara kuantitas, jumlah koperasi di Maros per Juli 2015 sebanyak 342 unit dan yang aktif 226 unit. Kata dia, dalam tiga tahun terakhir rata-rata setiap tahunnya terdapat 5 unit koperasi diaktifkan termasuk KUD.
“Tahun 2014 sebanyak 9 koperasi diaktifkan melampaui target dari 8 unit. Sedangkan koperasi yang melaksanakan RAT mengalami peningkatan sebesar rata-rata 10 persen per tahun,” jelasnya.
Syamsir menambahkan, Kabupaten Maros pada tahun 2015 ini merupakan satu-satunya daerah yang berhasil meraih dua koperasi berpredikat Koperasi Berprestasi Nasional dan sudah memperoleh Sertifikat Nomor Induk Koperasi (NIK) dari Kementerian Koperasi dan UKM RI. Maros juga memiliki dua koperasi berpredikat Koperasi Berprestasi Tingkat Provinsi Sulsel.
Dalam acara ini juga diserahkan surat keputusan koperasi peserta program binaan bantuan sosial dari Kementerian Koperasi dan UKM masing-masing diberikan kepada KUD Bonto Bahari Bontoa untuk Revitalisasi Pasar Tradisional melalui koperasi tahun anggaran 2015 dengan nilai bantuan Rp900 juta, Koperasi Wanita Ujung Parappa Bontoa untuk Program Pengembangan Usaha Budidaya Rumput Laut tahun anggaran 2015 dengan nilai bantuan Rp110 juta, Koperasi Pesantren Elwasih Marusu untuk Program Pengembangan Usaha Koperasi Bidang Perbengkelan Nelayan dengan nilai bantuan Rp14 juta.
Koperasi Serba Usaha Bintang Mutiara Jaya Moncongloe dan Koperasi Tani Sipakainga Camba untuk program pengembangan Koperasi Perkotaan dan Perdesaan dengan nilai bantuan Rp50 juta. Juga penyerahan piala dan lomba untuk juara lomba olah raga dalam rangka memeriahkan Hari Koperasi ke-68. (ari-ril/c)

Komentar Anda





Comments
To Top
.