Sulselbar

Aslam Bangun Irigasi, Petani Berhasil Tingkatkan Produksi


PINRANG, BKM — Tokoh masyarakat Desa Patobong, Kecamatan Mattiro Sompe, Kabupaten Pinrang HP Siama, mengungkapkan sejumlah keberhasilannya dalam mengelolah sawahnya bersama keluarganya. Semua ini tidak terlepas dari peran Pemerintah Kabupaten Pinrang yang dinahkodai HA Aslam Patonangi.
Sebagai Bupati, Aslam dinilai selalu berpikir bagaimana produksi pertanian di daerah ini selalu mengalami peningkatan untuk kesejahteraan petani. Upaya tersebut sangat direspon baik oleh tokoh masyarakat asal Desa Malimpung, Kecamatan Patampanua, Pinrang ini.
Upaya yang dilakukan bupati dua periode ini dalam mememej tata kelolah pertanian, diakui HP Siama, sangat luar biasa. Sehingga apa yang dicapainya saat ini tidak terlepas dari bantuan bupati.
”Saya yakin hasil sawah seluas kurang lebih 15 hektare yang dikelolah, hasilnya akan terus mengalami peningkatan. Termasuk sawah warga lainnya. Ketika itu, saya bertemu bupati yang menghadiri suatu acara di Desa Patobong dan mencoba mendekatinya dengan harapan apa yang saya usulkan diterima. Ternyata hanya dalam waktu singkat bantuan itupun direalissasikan Pak Bupati,” kata HP Siama di kediamnnya Dusun Beru. Ia didampingi beberapa anggota keluarganya.
Tokoh petani kelahiran Kampung Kanni, Kelurahan Macinnae, Kecamatan Paleteang, Pinrang ini menyebutkan realisasi bantuan tersebut berupa saluran irigasi yang mengairi ratusan hektare persawahan. Termasuk sawah Kelompok Tani Samaturue 1 yang dipimpinnya sejak 30 tahun silam, mengalami peningkatkan produktivitas hingga mencapai 1 ton lebih. Produksi sebesar ini tidak pernah dicapai sebelumnya.
Pada tahun 1975 di Dusun Beru, Saima memulai perjuangannya sebagai seorang petani sawah bersama keluarganya. Ketika itu mereka menggarap sawah yang luasnya hanya beberapa are. Namun berkat perjuangan dan kesabaran serta berserah diri kepada Yang Maha Kuasa, saat ini sawahnya sudah mencapai puluhan hektare.
”Semua ini berkat perhatian dari bupati yang tidak henti-hentinya berpikir dan memberikan bantuan agar petani lebih sejahtera,” kuncinya. (kas/rus/c)

Komentar Anda





Comments
To Top
.