Gojentakmapan

Kekeringan Tak Kurangi Produksi Pertanian


TAKALAR, BKM — Kekeringan yang terjadi diempat desa di Kecamatan Polongbangkeng Selatan (Polsel), Kabupaten Takalar tidak mengurangi target produksi pertanian diwilayah tersebut.
Kepala Bidang Tanaman Pangan Dinas Pertanian Takalar, Arifin Hamid mengaku optimis, produksi padi di wilayah Takalar memenuhi target. Beberapa wilayah lainnya yang produksinya baik dapat menutupi areal persawahan yang minim produksi.
“Memang ada beberapa desa di Kecamatan Polsel yang mengalami kekeringan, tetapi itu tidak mempengaruhi produksi tanam padi pada musim gadu ini,” tegasnya.
Lebih jauh dia mengatakan, bahwa kekeringan yang terjadi tahun ini, merupakan gejala alam yang tidak dapat dilawan. Meski demikian, stok pangan pada tahun 2013 yang mencapai 40 ton, terus meningkat hingga tahun 2014.
“Ketersedian stok pangan masih tetap tersedia sejak tahun 2013 hingga sampai saat ini. Yang jelas, selain Kecamatan Polsel, delapan kecamatan lain mampu menutupi lahan yang tidak produktif,” papar Arifin Hamid.
Adapun upaya solusi yang akan ditempuh Pemkab Takalar nantinya yakni, refitalisasi pembangunan Bendungan Pammukulu. “Jika refitalisasi bendungan sudah dilakukan, maka areal pertanian di Takalar khususnya di Kecamatan Mangngarabombang akan lebih produktif lagi,” kuncinya. (ari-ril/c)

Komentar Anda





Comments
To Top
.