Sulselbar

Pramuka Minimalisir Kegiatan Negatif Pelajar


MAMASA, BKM — Pembukaan jambore Gerakan Pramuka ke 54 tingkat Kabupaten Mamasa dilangsungkan di Desa Salubalo, Kecamatan Sumarorong. Jambore ini diikuti semua perwakilan sekolah dari 17 kecamatan se-Kabupaten Mamasa, Senin (10/8). Tema hari Pramuka tahun ini adalah ‘Pramuka Garda Terdepan Pelaku Perubahan dalam Pembentukan Karakter Kaum Muda’.
Bupati Mamasa, Ramlan Badawi, saat bertindak sebagai inspektur upacara mengapresiasi kegiatan jambore tersebut, karena dianggap akan memacu kreativitas anak didik. Juga akan dilatih dalam menegakkan disiplin dan kemandirian mereka untuk menjadi cikal bakal pemimpin masa depan.
Ramlan mengharapkan agar pembinaan Pramuka di setiap kecamatan dapat ditingkatkan di masa mendatang agar generasi muda sebagai penerus kepemimpinan bangsa semakin berkualitas. Salah satu dampak yang sangat nyata dalam menyeimbangkan antara materi di kurikulum yang berlaku umum dengan ekstrakurikuler seperti Pramuka, yakni dapat meminimalisir kegiatan negatif pelajar dari Narkoba, geng motor atau budaya asing yang tidak sejalan dengan nilai budaya ketimuran.
”Pendek kata, Pramuka membawa hal positif ke seluruh aspek kehidupan. Nilai kepramukaan meliputi kedekatan dengan Tuhan dan kecintaan pada alam,” ujarnya.
Ramlan melanjutkan, tindak kejahatan kepada sesama manusia disebabkan minimnya kecintaan terhadap sesama. Ia menyebut beberapa kejadian yang terjadi sudah di luar akal sehat dan kemanusiaan. Lunturnya kecintaan pada tanah air dan bangsa juga karena kurang giatnya kepramukaan.
”Dengan Pramuka yang mengajarkan kedisplinan, keberanian dan kesetiaan, gotong royong hingga tanggung jawab dapat menyelematkan generasi muda yang akan mendominasi penduduk hingga 70 persen ditahun 2035. Kita pun menginginkan Pramuka jadi bagian dari kurikulum di sekolah karena membawa hal positif,” sebutnya.
Selain dihadiri bupati, pembukaan Jambore yang sangat meriah tersebut juga dihadiri Wakil Bupati Mamasa, Victor Paotonan, Sekda Mamasa, Benyamin YD, MPd dan sejumlah pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Mamasa dan para Pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Mamasa. (dar/mir/c

Komentar Anda





Comments
To Top
.