Gojentakmapan

Stok Air Lekopaccing Tinggal Sebulan


MAROS, BKM — Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Maros mengaku pasokan air baku dari Bendungan Lekopaccing untuk distribusi pelanggan di wilayah Maros hanya mencukupi kebutuhan satu bulan ke depan.
Dirut PDAM Maros, Abdul Baddar yang ditemui di ruang kerjanya, Kamis (13/8) mengatakan, musim kemarau panjang berdampak bagi pengadaan air bersih bagi pelanggan.
“Air baku siap sampe sebulan ke depan. Kita siap melayani permintaan air bersih. Air baku itu siap untuk diolah menjadi air bersih. Sejauh ini tidak ada masalah dengan ketersediaan air. Hanya saja untuk bulan ke depannya masih perlu dikaji, apakah stok air masih terpenuhi atau tidak,” katanya.
Dia menjelaskan, dibeberapa sumber air yang dikelola PDAM, hampir semuanya telah mengalami penyusutan debit air. Seperti halnya di bendungan Lekopancing, kapasitas pompa mesin bisa memompa air sebanyak 1.000 liter perdetik, saat ini hanya mampu sampai 300 liter perdetik.
“Sementara bendungan batu bassi pun debit airnya mengalami penurunan. Demikian halnya dengai sungai Maros. Yang paling rawan adalah sungai Maros. Karena saat ini hampir kering. Apa lagi di batu bessi telah dibendung sehingga di sungai Maros, stok airnya mulai menipis,” bebernya.
Salah satu langkah untuk menyiasati kecukupan air kata dia, diimbau agar pelanggan PDAM tidak boros menggunakan air, khususnya di siang hari. Selain itu, warga juga diminta untuk menapung air di malam hari. Karena umunnya puncak pemakaian air pdam, dimulai sejak pukul 05.00 sampai pukul 10.00 Wita.
“Idealnya setiap orang menggunakan air 60 liter per orang. Sebisa mungkin selama musim kemarau ini, pemakaian di kurangi. Kami juga meminta warga untuk menampung air,” tutupnya. (ari-ril/c)

Komentar Anda





Comments
To Top
.