Gojentakmapan

Pramuka Diminta Terlibat Deteksi Bencana


JENEPONTO , BKM — Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar meminta anggota Prajamuda Kirana (Pramuka) di wilayah Jeneponto terlibat aktif dalam melakukan deteksi bencana, khususnya kebakaran yang sering melanda pemukiman masyarakat.
Hal itu disampaikan Iksan saat memimpin upacara pembukaan Perkemahan Kwarcab Pramuka Jeneponto yang juga dihadiri Wakil Bupati, Mulyadi Mustamu, Ketua Harian Kwarcab Pramuka Jeneponto, Tajuddin M Laja, Kabag Ops Polres Jeneponto, Kompol Catur BS para pimpinan SKPD dan ratusan guru, pembina dan anggota Pramuka yang digelar selama 5 hari mulai13 – 17 Agustus di Bumi Perkemahan Taman Siswa, Jalan Lingkar Bontosunggu, Kamis (12/8).
Iksan memaparkan, musibah kebakaran yang terjadi di Kabupaten Jeneponto sejak bulan Januari hingga pertengahan Agustus 2015 sebanyak 47 kali. Dari jumlah itu, tercatat sebanyak 100 unit rumah warga hangus dilalap sijago merah.
“Pramuka memiliki peran sosial yang tinggi. Diharapkan kepada seluruh anggota Pramuka menjadi terompet musibah kebakaran, dengan memberikan pemahaman kepada masyarakat bagaimana mengantisipasi kebakaran serta penanganan awalnya. Potensi kebakaran misalnya pada sistem instalasi listrik, kompor serta alat lainnya,” jelas Iksan Iskandar.
Iksan juga menyampaikan dampak musim kemarau panjang yang berdampak pada krisis air bersih disebagian besar wilayah Jeneponto. Tidak hanya itu, kata Iksan, kemarau yang juga disertai angin kencang, memicu tingginya potensi kebakaran.
“Air, angin dan api jika masih kecil merupakan sahabat, tapi kalau sudah besar maka sudah menjadi lawan dan sulit dikendalikan. Makanya harus hati-hati dalam penggunaannya secara baik dan benar seefektif dan seefisien mungkin,” imbuhnya.
Ditempat yang sama, Ketua Harian Kwarcab Pramuka Kabupaten Jeneponto, Tajuddin M Laja melaporkan, jumlah peserta Pramuka yang mengikuti kegiatan perkemahan masing-masing tingkat SD sebanyak 41 sekolah, 332 orang siswa, SMP 20 sekolah dengan jumlah siswa 279 orang siswa serta SMA/SMK 15 sekolah dengan jumlah 26 siswa.
“Perkemahan ini digelar dalam rangka HUT Pramuka dan Hut RI ke 70 yang dilaksanakan Kwarcab Pramuka Jeneponto dengan tema “Pramuka Garda Terdepan Pelaku Perubahan” dan tentu dengan tekad satu hati,satu janji, menuju Jeneponto Gammara,” ungkapnya. (krk-ril/c)

Komentar Anda





Comments
To Top
.