Sulselbar

Pupuk Gratis Akhirnya Disalurkan


SIDRAP, BKM — Setelah sekian lama mengendap di dua gudang penyimpanan, jatah pupuk urea gratis untuk petani Sidrap akhirnya disalurkan. Proses penyaluran berlangsung sejak Kamis (13/8).
Pemantauan di dua gudang penyimpanan milik PT Pupuk Kaltim (PKT) di Sidrap, yakni gudang A di Desa Ciro-ciroe dan gudang D di Desa Kalosi, kemarin terlihat proses pengangkutan ditangani oleh perusahaan ekspeditur, yakni PT Bhanda Ghara Reksa (BGR).
Kepala Gudang D PT PKT Salihuddin mengatakan, total pupuk yang disalurkan untuk petani di Sidrap itu sebanyak 900 ton. “Dari gudang D sebanyak 342, 5 ton, sedang A sebanyak 557,5 ton,” ujar Salihuddin, Jumat (14/8).
Proses pengangkutan pupuk khusus di gudang D, kata Salihuddin, baru berlangsung sejak pukul 11.00 Wita, kemarin. Sedang di gudang A, pengangkutan pupuk sudah berlangsung sejak sehari sebelumnya.
Salihuddin menambahkan, 900 ton pupuk urea gratis untuk jatah petani Sidrap itu rencananya akan disalurkan ke sejumlah kecamatan yang ada di Sidrap.
Sebanyak 342,5 ton pupuk urea gratis yang ada di gudang D itu, kata Salihuddin, rencananya akan disalurkan ke poktan di tiga kecamatan di Sidrap, yakni Kecamatan Dua Pitue, Pitu Riase dan Pitu Riawa. Sedangkan 557,5 ton yang tersimpan di gudang A akan disalurkan ke dua kabupaten, yakni Sidrap dan Enrekang.
“Untuk yang di Sidrap, akan disalurkan di kecamatan terdekat gudang itu. Sementara yang di Enrekang akan dibawa ke Kecamatan Maiwa,” jelas Salihuddin.
Terpisah, Ketua Lembaga Pemberdayaan Ekonomi Kerakyatan (LPEK) Sidrap Sapnoer Makkulasse menegaskan, pihaknya akan mengawal penyaluran bantuan pupuk urea gratis ke petani.
“Pastinya penyalurannya akan kita kawal terus, mulai dari pengangkutan di gudang hingga ke tangan poktan. Kami akan memastikan apakah pupuk gratis itu benar-benar sampai ke tangan poktan. Jumlahnya juga harus tepat,” ujar Sapnoer.
Menurut Sapnoer, pengawasan pupuk urea gratis tersebut harus mendapat pengawasan ketat dari semua elemen. Terlebih, kata dia, pupuk tersebut masih lama akan digunakan oleh petani. Penggunaan pupuk baru akan berlangsung Oktober mendatang. (ady/rus/b)

Komentar Anda





Comments
To Top
.