Politik

Kekuatan Sorring dan Kalatiku Berimbang


RANTEPAO, BKM–Kekuatan serta kemampuan dua pasangan calon Bupati Toraja Utara yakni Frederik Batti Sorring-Frederik Buntang Rombe Layuk (Sobat) jilid dua dengan pasangan Kalatiku Paembonan-Yosiar Rinto Kadang diprediksi masih berimbang atau sama kuat jelang Pemilukada 9 Desember nanti.
Kedua pasangan ini memiliki kelebihan berbeda, Sorring-Buntang yang diusung Nasdem, Hanura, Demokrat, Golkar dan PKPI selaku incumbent akan mendapat tantangan dari Kalatiku-Yosiar yang diusung PDIP dan Gerindra.
“Dengan latar belakang setiap pasangan secara sosial dikenal masyarakat sebagai orang yang memiliki kemampuan untuk memimpin, secara sosial mereka memiliki kekuatan yang relative berimbang,”ujar akademisi Unhas Sukri Tamma pada BKM baru-baru ini.
Sukri yang tercatat sebagai mahasiswa S3 BON Jerman mengemukakan kalaupun ada yang membedakan kedua pasangan ini hanyalah karena petahana tetap maju bersama. “Ini menunjukkan bahwa keduanya masih cukup kompak berpasangan. Ini menjadi kelebihan tersendiri untuk dapat mengklaim berbagai keberhasilan proses pembangunan dan kemajuan yang mungkin dicapai selama 5 tahun,”ujarnya.
Sukri menambahkan, jika petahana mampu memberikan kepuasan masyarakat, maka akan mendapatkan keuntungan dukungan. Namun jika persepsi masyarakat terhadap mereka kurang baik, maka mereka akan ditinggalkan oleh pemilih.
Ditambahkan bila pasangan Kalatiku-Yosiar berpeluang jika mampu memanfaatkan basis sosial ekonominya secara tepat. Sebagai orang yang cukup dikenal dan dihormati, pasangan ini memiliki peluang untuk menarik perhatian masyarakat. Oleh karena itu, pasangan ini harus lebih dekat ke publik memenuhi ekspektasi masyarakat. (gus/rif/c)

Komentar Anda





Comments
To Top
.