Politik

Tiga Pasangan Klaim Basis


BARRU, BKM–Tiga balon Bupati Barru yang akan bertarung di Pemilukada mulai mengklaim sejumlah kecamatan sebagai daerah dan basis pendukungnya.
Andi Idris Syukur yang berasal dari wilayah Selatan meliputi Kecamatan Tanete Rilau, Tanete Riaja dan Pujananting mengklaim akan meraih suara besar diwilayah tersebut. Sementara Andi Anwar Aksa yang disebut merupakan representasi dari wilayah Utara, meliputi Kecamatan Soppeng Riaja, Balusu dan Mallusetasi juga optimis mendapat dukungan mayotitas. Adapun Malkan Amin yang merupakan representase dari bagian tengah, yakni Kecamatan Barru juga optimis dengan wajib pilih mayoritas.
Tak hanya ketiga balon bupati, namun ketiganya juga menggandengn balon wkail dari wilayah yang berbeda. Hal ini karena pertimbangan geopolitik yang ikut menjadi perhitungan.
Idris Syukur misalnya memilih Suardi Saleh yang memiliki basis di wilayah Utara. Sementara Anwar Aksa yang menggandeng H Adhan Arham Wollong dari wilayah Tanete. Lain halnya dengan H Malkan Amin yang menyadari bukan representase dari wilayah utara dan selatan, karena Malkan sendiri dari Kecamatan Barru yang secara geopolitik berada di wilayah tengah, justru menggandeng Salahuddin Rum, Putra Mantan Bupati Baru H Andi Muhammad Rum.
Salahuddin secara geopolitik memiliki dua basis wilayah, karena Ayahnya kelahiran Tanete Rilau dan dinilai memiliki pengaruh kuat di tiga wilayah kecamatan di Tanete Rilau, Tanete Riaja dan Pujananting. Begitu pula dengan ibu kandung Salahuddin, Hj Andi Nurhudayah Aksa disebut-sebut sebagai pemilik basis suara di wilayah Soppeng Riaja dan Mallusetasi.
Meski demikian beberapa sumber mengakui jika kekuatan Idris Syukur sebagai incumbent masih cukup kuat. Apalagi dengan posisi geopolitik Suardi Saleh yang dinilai pemilik lumbung suara di Kecamatan Balusu. Tentu menjadi tambahan amunisi bagi pasangan Idris.
Pemerhati politik asal Mallusetasi, Andi Ibrahim menilai ketiga pasangan tersbeut akan dipilih atas pertimbangan wilayah atau geopolitik. “Meski demikian, posisi Malkan tidak bisa dipandang sebelah mata, karena pasangan ini memiliki nama besar Andi Muhammad Rum dibelakangnya,”ujar Ibrahim yang juga mantan anggota DPRD Barru ini. (udi/rif/c)

Komentar Anda





Comments
To Top
.