pulsa.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa dan TOken
pulsa.rovindo.com - Pusat Distributor Pulsa dan TOken

Dosen UNM Raih Doktor di Jakarta

JAKARTA, BKM–Misnah Manhali, Dosen Bahasa Jerman Fakultas Bahasa, Universitas Negeri Makassar (UNM) berhasilmeraih gekar doktor dalam bidang pendidikan bahasa di Univrsitas Negeri Jakarta (UNJ). Dalam ujian promosi doctor yang dipimpin langsung Direktur PPs UNJ, Prof.Dr.Moch, Asmawi, M.Pd, Rabu (19/8) di Kampus UNJ Jakarta, Misnah berhasil mempertahankan disertasi yang disusunnya dengan hasil yang sangat memuaskan. Dalam disertasi yang berjudul ‚ÄúPengaruh tehnik pembelajaran dan locus of control terhadap kemampuan menerjemahkan teks Bahasa Jerman ke dalam Bahasa Indonesia, istri Kepala Dinas Tata Ruang Kabupaten Maros ini melakukan penelitian pada semester IV Program Studi Bahassa Jerman UNM Makasar pada tahun 2013/2014.
Penelitian tersebut menurut, Misnah Mannahali, merupakan penelitian eksperimen dengan desain factorial 2×2 dengan jumlah sampel 40 orang . Setiap kelompok terdiri atas 20 mahasiswa yang didalamnya terdapat 10 mahasiswa yang memiliki locus of control internal dan orang yang memiliki focus of control eksternal.
Dalam pengumpulan data, dosen kelahiran , Tajuncu, Kabupaten Soppeng pada 10 Mei 1962 ini, melakukan dengan menggunakan dua macam tes yakni tes focus of control untuk mengelompokkan mahasiswa mana yang memiliki locus of control internal dan eksternal serta tes mnrjemahkan teks bahasa jerman ke dalam bahasa Indonesia untuk mengetahui kemampuan menerjemahkan mereka setelah mengikuti perkuliahan dengan tehnik jigsaw dan stad. Selain tim penguji dari UNJ Jakarta, ujian promosi doctor Misnah Ma
Selain tim penguji dari UNJ Jakarta, ujian promosi doctor Misnah Mannahali, terdapat juga tim pengujidari Univeritas Indonesia, yakni Prof.Dr.H.Jeny, MT Hardjatno selaku penguji luar dari UNJ Jakarta. (rls/cha)


Share


Komentar Anda



Tinggalkan komentar