Kriminal

Penyidik Layangkan Surat Izin Penyitaan Kasus BNI


MAKASSAR, BKM — Tim Penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulselbar mengajukan surat permohonan izin penyitaan ke pihak Pengadilan Negeri Makassar untuk melakukan penyitaan barang bukti slip bukti penyetoran tunai di Kantor Wilayah Bank Negara Indonesia (BNI) Makassar.
Langkah ini ditempuh penyidik, mengingat barang bukti yang akan disita tersebut dinilai dapat menelusuri dugaan suap pada pembuatan sertifikat lahan di Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Makassar.
Dalam kasus ini diduga terjadi suap dalam proses pembuatan sertifikat lahan seluas tiga haktare di Kelurahan Parangloe, Kecamatan Tamalanrea. Kasus ini juga telah menyeret dua orang tersangka, yakni mantan Kepala Seksi Sengketa BPN Kota Makassar, Muhammad Hatta dan seorang pengusaha bernama Jefri Wiseng.
“Kami minta untuk datang menunjukkan slip setoran yang akan di jadikan barang bukti. Pihak BNI sudah menunjukkan kepada kami bukti asli slip setorannya,” kata Koordinator Bidang Tindak Pidana Khusus Kejati Sulselbar, Noer Adi, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (31/8).
Noer mengatakan, slip setoran uang yang di tunjukkan ada 2 slip, yang pertama bukti slip setoran sebesar Rp50 juta dan slip setoran sebesar Rp10 juta.”Kita baru akan mengeluarkan surat izin permintaannya ke ketua Pengadilan Makassar, ” jelas Noer.
Selain itu, penyidik juga melakukan pemeriksaan terhadap legal officer dan bagian logistik dari Kanwil BNI Makassar sebagai saksi.
“Pemeriksaan ini guna untuk melakukan klarifikasi terkait dokumen yang diperlukan dalam proses penyidikan, ” jelas Noer Adi.
Dikonfirmasi terpisah, Wakil Kepala Kantor Wilayah BNI Makassar, Babas Bastaman membenarkan soal permintaan penyidik. Hanya saja kata dia, bukti transfer yang diajukan kejati, itu terjadi pada tahun 2009 lalu. Sehingga butuh waktu untuk mendapatkan bukti transfer tersebut. “Untuk memperoleh data itu, Tim LO BNI sementara melakukan koordinasi dengan pihak kejati. Semoga dalam waktu dekat bisa diberikan, ” jelas Babas. (mat-ril/c)

Komentar Anda





Comments
To Top
.