Sulselbar

80 Relawan Pelatihan Penanggulangan Tanggap Darurat


MALILI, BKM — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu Timur menggelar pelatihan penanggulangan tanggap darurat tim relawan yang berlangsung di aula Hotel Sikumbang, Kecamatan Tomoni, Selasa (8/9) hari ini.
Pelatihan akan diikuti 80 relawan BPBD se-Kabupaten Luwu Timur.
Kepala BPBD Luwu Timur Safei Basir yang ditemui di ruang kerjanya, Senin (7/9) mengatakan, Luwu Timur merupakan daerah yang tergolong rawan bencana. Hal ini dibuktikan dengan munculnya berbagai bencana alam.
Di sisi lain, kata Safei, kurangnya pemahaman dan pengetahuan masyarakat akan pentingnya kelestarian lingkungan, menyebabkan kerawanan terhadap lingkungan, yang pada gilirannya akan mengakibatkan berbagai bencana.
“Mengingat besarnya korban dan kerugian akibat terjadinya bencana, dan apabila tidak dilakukan upaya pencegahan dan penanggulangan bencana secara tepat dan efektif, maka pelaksanaan pembangunan akan terganggu,” ujar Safei.
Menurutnya, kegiatan pelatihan itu merupakan bentuk dukungan penanganan bencana. Pelatihan kader tim relawan ini merupakan upaya strategis yang diharapkan dapat membekali para peserta untuk dapat melaksanakan misi penyelamatan secara profesional dan bertanggung jawab.
“Tim relawan penanggulangan bencana ini merupakan garda terdepan dalam penanganan tanggap darurat, bertugas mencari dan mengumpulkan data di lokasi terjadinya bencana, melakukan penelitian atas korban dan kerusakan, membuat perkiraan bantuan dan peralatan yang dibutuhkan,” terangnya. (alp/rus/c)

Komentar Anda





Comments
To Top
.