Sulselbar

Hamdan Pimpin KPU Mamuju


MAMUJU, BKM — Hamdan akhirnya terpilih menjadi ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Mamuju. Terpilihnya Hamdan ini dilakukan dalam rapat pleno KPU Mamuju untuk memilih calon ketua KPU Mamuju menggantikan Triwinarno di kantor KPU Mamuju, akhir pekan lalu. Triwinarno sendiri terpaksa melepaskan jabatannya karena akan berangkat menunaikan ibadah haji di tanah suci Mekah.
Triwinarno ketika dihubungi BKM sebelum bertolak ke Tanah Suci Mekah, mengemukakan, pemilihan ketua baru ini dilakukan karena dalam tugas agenda KPU, harus ada yang memegang kendali. ”Penggantian ketua KPU Mamuju ini sangat penting. Karena tugas ketua merupakan pengambil kebijakan. Sedangkan kalau sebagai pelaksana tugas (Plt) memiliki kewenangan yang terbatas,” terang Triwinarno.
Menurut Triwinarno, ada beberapa kebijakan tidak bisa dilaksanakan oleh pelaksana tugas. Sehingga ketua harus didefenitifkan. Misalnya contoh penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT). ”Karena kalau pelaksana tugas, jangan sampai bersengketa hukum di kemudian hari, itu tidak bisa. Sehingga harus ada langkah memilih ketua secara defenitif. Dari rapat pleno yang dilaksanakan, akhirnya disetujui kalau Hamdan menjadi Ketua KPU Mamuju,” terang Tri.
Ditambahkan, sekalipun dirinya telah digantikan sebagai ketua, tapi setelah kembali menunaikan ibadah haji, ia akan tetap sebagai anggota KPU Mamuju di Divisi Hukum. ”Untuk ketua KPU yang baru, tinggal menunggu surat keputusan dari KPU Provinsi Sulbar. Karena hasil pleno sudah diserahkan,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Sulbar, Usman Suhuria saat dihubungi BKM melalui telepon selulernya, Minggu (6/9), mengatakan, apapun hasil yang diputuskan melalui pleno, maka itu telah memenuhi aturan dan berdasarkan kosentralnya dalam aturan, maka hasil yang telah diputuskan tersebut dengan melalui pleno dan memutuskan ketua terpilih, yakni Hamdan menjadi ketua berdasarkan keputusan pleno KPU Mamuju, maka pihak KPU Provinsi Sulbar akan memproses SK pada ketua terpilih, yakni Hamdan. Dan besok Senin (kemarin, red) sudah ada SK nya,” ujar Usman Suhuria. (ala/mir/c)

Komentar Anda





Comments
To Top
.