Sulselbar

Penguatan Kepercayaan Alu’ Mappurondo


MAMASA, BKM — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mamasa, melaksanakan saresehan bersama penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa (Alu’ Mappurondo). Saresehan ini dibuka Wakil Bupati Mamasa, Victor Paotonan di ruang pola kantor bupati Mamasa, Jumat (4/9).
Sarasehan ini mengangkat tema ‘Penguatan Landasan Yuridis Tentang Eksistensi Penghayat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa melalui UU No 23 Tahun 2014’. Hadir dalam pembukaan acara tersebut, di antaranya Direktur Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Dra Sri Hartini MSi beserta rombongan yang sekaligus sebagai narasumber.
Pada kesempatan tersebut, Wakil Bupati Mamasa, Victor Paotonan, mengatakan, keberadaan penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa adalah bagian yang tidak dapat terlepas dari bangsa dan negara, khususnya masyarakat Mamasa. Sebab tidak dapat dipungkiri, semua manusia adalah penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, namun diimplementasikan dalam bentuk agama.
Pemerintah mendukung sepenuhnya sarasehan ini sebagai bentuk penguatan keberadaan Alu’ Mappurondo, sehingga tidak ada lagi pendiskriminasian. Sedangkan Direktur Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Sri Hartini, menyatakan, rasa haru sebab pertemuan ini laksana seorang ibu kembali memeluk anaknya.
Karena sebelumnya, pada tahun 80-an kepercayaan Mappurondo telah terinventaris di pusat. Namun pada selanjutnya hingga hari ini, hilang eksistensinya. Harapannya melalui sarasehan ini penghayat kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa mendapat tempat yang sejajar dengan masyarakat lainnya. Selain dihadiri para penganut kepercayaan acara sarasehan tersebut juga dihadiri para camat dan sejumlah kepala desa. (dar/mir/c)

Komentar Anda





Comments
To Top
.