Connect with us

Headline

Gubernur Buka AMF, Berharap Bukan Sekadar Seremoni

-

BKM/CHAIRIL AMF-Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo saat membuka membuka ASEAN Mayors Forum (AMF) di Hotel Sheraton, Jalan Landak Baru Selasa (8/9) pagi. Pembukaan AMF tanpa diwakili pejabat dari Pemerintah Pusat.

Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo membuka ASEAN Mayors Forum (AMF) di Four Points Hotel by Sheraton, Jalan Landak Baru, Makassar Selasa (8/9) pagi. Pertemuan para Wali Kota se Asia Tenggara ini dihelat dari 8 hingga 10 September.
Dalam sambutannya, Syahrul menegaskan, AMF menjadi momentum penting bagi Makassar untuk menunjukkan konsistensinya sebagai salah kota yang patut diperhitungkan di ASEAN. Dia berharap kegiatan tersebut bukan sekadar seremoni belaka melainkan bisa memberi kontribusi nyata terhadap seluruh masyarakat ASEAN.
“Saya berharap forum ini bukan hanya pertemuan tatap muka belaka, namun ada wujud nyata yang bisa dihasilkan. Khususnya menyangkut masalah ekonomi secara global,” tegas Syahrul di hadapan peserta AMF.
Dia mengatakan, AMF harus mampu meningkatkan keamanan, hubungan politik serta peningkatan ekonomi se-ASEAN.
Tiga hal tersebut merupakan target yang harus dicapai AMF agar bisa bermanfaat bagi Makassar, khususnya Sulsel.
“ASEAN harus bisa hadapi tantangan ke depan,” kata Syahrul. Dia menekankan, negara-negara ASEAN tak boleh bersembunyi pada kisi-kisi batas negara. Karena kekuatan sebuah daerah ditentukan seperti apa pergaulan yang bisa dimanfaatkan secara timbal balik serta positif.
“Saya ingatkan negara-negara ASEAN harus bisa saling memberi ruang untuk berakselerasi bersama.
Kegiatan berskala internasional ini tidak dihadiri satupun perwakilan dari pemerintah pusat. Wacana awal, AMF akan dibuka Presiden Joko Widodo, namun agenda berubah, akan dibuka Wakil Presiden Jusuf Kalla. Namun mendekati pembukaan, JK berhalangan hadir sehingga diwakili Menteri Dalam Negeri Tjahyo Kumolo. Namun sayang, pada saat pembukaan, yang bersangkutan juga tidak hadir,” kata Syahrul.
“Saya barusan ditelepon Pak JK, beliau mendukung kegiatan ini dan akan menyetujui apapun keputusan yang dikeluarkan melalui forum ini. Beliau berhalangan hadir karena ada sidang kabinet yang tidak bisa ditinggalkan,” tambahnya.
Sejumlah tokoh hadir seperti mantan Menteri Lingkungan Hidup Erna Witoelar, mantan Dubes RI untuk Amerika Serikat Dino Patti Djalal, Walikota Bogor Bima Aria, Walikota Jambi Syarif Fasha.
Sementara itu, Secretary General United Cities and Local Goverment-UCLG Aspac, Bernadia Irawati mengatakan wali kota yang hadir berasal dari sebelas negara ASEAN diantaranya Singapura, Myanmar, Thailand, Malaysia dan Kamboja.
Selain walikota dari luar negeri, forum internasional ini juga dihadiri kepada daerah dan wali kota di seluruh Indonesia. Pertemuan ini membahas persoalan penting dalam mewujudkan ‘good governance’ dan ‘public service’. (rhm-man/cha/b)

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini