Connect with us

Gojentakmapan

IPASS Rayakan Milad ke- III

-

JENEPONTO, BKM — Acara perayaan Milad ke-III Ikatan Pemerhati Seni dan Sastra (IPASS) Kab Jeneponto di Cafe 88 Jalan Lingkar Bontosunggu Rabu (9/9) malam ditandai dengan pemotongan kue tar oleh Kadis Parawisata dan Budaya Kab Jeneponto Muh Asrul SH didampingi Ketua IPASS Jeneponto Iril R Makkatutu. Ultah kali ini dihadiri ratusan orang dari 39 perwakilan sanggar seni se Kab Jeneponto.
Ketua Sanggar Seni IPASS Iril R Makkatutu saat mendampingi Kadis Pariwisata Budaya Kab Jeneponto Muh Asrul mengaku puas. Apalagi Muh Asrul berkenan hadir ditengah-tengah pengurus. Dia berharap pengurus IPASS semakin eksis dalam mengemban amanah dan mempertahankan budaya Turatea yang mulai tergerus oleh zaman. ”Makanya bukan memulai disini dan juga bukan berhenti disini tapi untuk selamanya berkiprah mengemban dan mempertahankan seni budaya turatea,” jelas Iril.
Iril menambahkan kehadiran IPASS di Jeneponto telah banyak membawa perubahan. Melakukan acara launching buku dengan judul Penawar Cinta yang dikarang oleh anggota IPASS Alpriadi Aldi. Kini buku tersebut telah beredar di masyarakat dan mendapat apresiasi dari para pembaca.
Apalagi buku tersebut lebih banyak menggali budaya untuk dikembangkan. Kedepan IPPASS juga akan membuat film meski judulnya belum bersedia dipublis.
Kadis Pariwisata dan Budaya Kab Jeneponto Muh Asrul menyambut baik acara ini. Dia mengaku bangga dengan kehadiran IPASS di wilayahnya. Menuurtnya ini suatu aset daerah yang perlu diperhatikan keberadaannya karena sudah banyak berkontribusi untuk daerah.
Baik pada perayaan hari besar maupun acara penjemputan tamu agung yang berkunjung ke Jeneponto sehingga menjadi nilai tambah terhadap kebudayaan Jeneponto. Sebut misalnya tari angngaru, tari tarian dan pakacapi, sinrili. Ini semua perlu dipertahankan sekaligus menangkal budaya barat yang merasuki jiwa kita semua.
Kepada IPASS diminta untuk terus berkarya demi bangsa dan negara dan jangan sungkan datang kepada pihaknya jika menemui kendala di lapangan setiap ada pementasan.
”Apakah itu soal pakaian atau alat musik tradisional dan lainnya pasti saya bantu karena saya bangga akan kalian anak anak muda kreatif yang menjunjung tinggi adat istiadat bumi Turatea selamat milad ke-III. Semoga tetap jaya,” paparnya. (krk/C)

Komentar Anda
www.beritakotamakassar.com


Populer Minggu ini