Connect with us

Olahraga

Menang Strategi

-

Manchester United (3) vs Liverpool (1)

MANCHESTER, BKM — Kekalahan Liverpool (1-3) atas Manchester United (MU) di Old Trafford, kandang MU, Minggu (13/9) dini hari bukan disebabkan kualitas pemain MU berada satu level di atas pemain Liverpool. Namun, kekalahan The Red disebabkan kekalahan strategi yang diterapkan Manajer Liverpool Brendan Rodgers.

Di babak pertama, kedua tim bermain sama kuat. Tidak ada gol tercipta di babak ini. Namun, Manajer MU, Louis van Gaal langsung melakukan perubahan strategi. Dimana, Va Gaal memilih menarik keluar Memphis Depay ditarik keluar dan digantikan oleh Ashley Young. Keputusan memasukkan Young ini memang tepat.
Sementara, Brendan Rodgers tak melakukan perubahan strategi berarti. Liverpool tetap pada strategi awal dengan memperkuat pertahanan dan sekali-sekali melakukan serangan balik. Begitupun soal strategi suplai bola ke striker Christian Benteke.
Pengamat Liga Inggris, Mark Lawrenson percaya Liverpool harus mengubah taktik mereka jika ingin membuat Christian Benteke tampil lebih bagus.
Mantan striker Aston Villa bergabung dengan The Reds dengan nilai transfer 32,5 juta poundsterling di musim panas ini, sejauh ini hanya mencetak satu gol bagi klub.
“Mereka tahu Benteke akan mencetak gol, namun masalah Liverpool adalah membuatnya menunjukkan yang terbaik. Sepakbola kadang bisa amat sederhana – berikan striker Anda servis terbaik dan ia akan memberikan gol,” jelas Lawrenson pada BBC Sport.
“Bersama Benteke, mereka hanya perlu memberikan umpan silang ke kotak penalti, namun itu sulit ketika Liverpool jarang bermain melebar. Apa yang Liverpool lakukan musim ini adalah membuat lapangan jadi lebih sempit dan bergantung pada bek alih-alih striker. Sejauh ini itu tak berjalan dengan baik,” ulasnya.
Sementara itu menjawab kritikan pola latihannya yang terlalu kaku, Manajer Louis Van Gaal mengatakan bahwa gol Blind di laga tersebut adalah hasil latihan.
Gol Blind tercipta dari skema bola mati. Juan Mata yang mengeksekusi tendangan bebas dari sisi kiri mengirim umpan mendatar ke dalam kotak penalti dan langsung disambar Blind menjadi gol. Setelah gol Blind lahir, Setan Merah mencetak dua gol lagi dari penalti Ander Herrera dan pemain debutan Anthony Martial.
“Saya sangat senang dengan gol pertama karena itulah yang sering kami latih dalam sesi latihan dan sekarang membuahkan hasil. Gol pertama menentukan pertandingan karena mereka mengejar ketinggalan sehingga memberi kami lebih banyak ruang dan kami bisa mencetak gol lagi,” kata Van Gaal kepada Sky Sports News.
“Penalti fantastis dan saya pikir gol Anthony Martial tidak buruk. Dia bermain bagus. Dia mencetak gol yang luar biasa dan secara fisik dia bisa bermain di Premier League,” tambahnya lagi
Atas kemenangan 3-1, Sang Meneer makin percaya diri. Bahkan, ia melontarkan sindiran kepada Liverpool. Ia menyebut Liverpool sebagai sebuah klub yang fantastis.
“Bagi saya, Liverpool merupakan klub yang fantastis. Karena saya selalu memenangi setiap pertandingan melawan Liverpool,” ujar Van Gaal.
Ya, sejak menangani Setan Merah, Van Gaal sudah empat kali berhadapan dengan Liverpool, termasuk di partai pra-musim. Hasilnya, meneer asal Belanda itu sukses menyapu bersih kemenangan dari empat laga itu.

Tanggapan Pemain

Kemenangan 3-1 yang diraih Manchester United atas Liverpool (12/9) tentunya sangat disyukuri oleh para penggawa Setan Merah, tak terkecuali Ander Herrera.
Bagi Herrera, kemenangan ini memiliki arti lebih banyak para pemain, tim pelatih, staf klub, dan khususnya para pendukung setia United.
“Ini bukan hanya sebuah kemenangan. Ini merupakan hari yang spesial untuk kami dan para pendukung kami. Saat saya datang ke sini, saya sadar seperti apa arti laga ini bagi para fans kami,” ujar Herrera di laman resmi klub.
Dalam laga ini, Herrera turut mencatatkan namanya di papan skor usai sukses mengkonversi hadiah penalti menjadi gol di menit 70. Gelandang asal Spanyol itu pun merasa gembira karena ia selalu memenangi laga kontra The Reds sejak datang ke Inggris musim panas tahun lalu.
“Saya sudah memainkan tiga laga melawan mereka dan mengalahkan mereka di semua pertandingan. Jadi, saya sangat senang,” tegasnya.
Sementara itu, Gelandang Manchester United Bastian Schweinsteiger mengucapkan selamat kepada Anthony Martial setelah menjalani debut yang luar bisa bersama Setan Merah.
Martial menghiasi pemberitaan media setelah didatangkan dengan harga mahal dari AS Monaco. Setan Merah harus merogoh koceknya sebesar 36 juta pounds untuk pemain berusia 19 tahun itu.
Pemain asal Prancis itu menjalani pertandingan pertamanya dengan berseragam United saat timnya mengalahkan Liverpool 3-1. Hebatnya pemain yang bersangkutan mencetak satu gol di pertandingan tersebut.
“Pertandingan luar biasa! Sangat bangga dengan performa tim kami. Selamat kepada Anthony Martial. Apakah ada cara yang lebih baik lagi menjalani debut di Manchester United?” tulis Schweinsteiger.

Jalannya Pertandingan

Manchester United kembali ke jalur kemenangan setelah mengalahkan rivalnya Liverpool dengan skor 3-1 di Old Trafford dalam lanjutan kompetisi Premier League.
Setan Merah unggul berkat gol yang dicetak Daley Blind, Ander Herrera dan Anthony Martial. Sedangkan Liverpool hanya sanggup memperkecil kedudukan lewat Chrisitan Benteke.
United bermain cukup percaya diri sejak babak pertama dimulai meski tanpa kehadiran Wayne Rooney. Sang kapten mengalami cedera sehingga Marouane Fellaini didapuk sebagai penggantinya.
Memasuki menit ke-7 Simon Mignolet melakukan kesalahan. Sang kiper melempar bola tapi membentur badan Juan Mata sehingga jatuh ke jalur Fellaini. Sayangnya, Fellaini tak mampu mengkonversi menjadi gol.
Mata cs lumayan mendominasi jalannya laga sehingga pasukan Brendan Rodgers tak mampu mengembangkan permainan, namun kedua tim tak kunjung mencetak gol hingga paruh pertama usai.
Kembali dari kamar ganti, Van Gaal melakukan perubahan strategi. Memphis ditarik keluar dan digantikan oleh Ashley Young. Keputusan memasukkan Young ini memang tepat.
United mendapatkan peluang free kick setelah Young dilanggar di dekat kotak penalti. Mata mengirim bola ke tengah dan langsung disambar Daley Blind menjadi gol di menit ke-49. Skor pun berubah menjadi 0-1 untuk United.
Tertinggal satu gol membakar semangat Liverpool untuk mengejar ketinggalan. Mereka mulai menekan ke daerah pertahanan United. Namun sepakan lemah Danny Ings berhasil ditepis David De Gea.
United mendapat hadiah penalti setelah Ander Herrera dilanggar Joe Gomez di kotak terlarang. Herrera sendiri yang maju sebagai algojo sukses menjalankan tugasnya dengan baik.
Kebobolan dua gol, rupanya Livepool belum menyerah. Mereka tetap melakukan perlawanan hingga akhirnya Christian Benteke menjebol gawang David De Gea lewat tendangan salto di menit ke-84.
Tuan rumah tak membutuhkan waktu lama untuk membalas. Dua menit berselang pemain baru Anthony Martial mencetak gol di laga debutnya setelah melakukan aksi individu melewati beberapa pemain Liverpool.
Meski kedua tim saling jual beli serangan di sisa laga, namun tak ada lagi gol yang tercipta. Keunggulan Setan Merah tetap bertahan hingga wasit meniup peluit panjang tanda berakhirnya laga.
Tambahan tiga poin ini mendongkrak United ke peringkat dua dengan koleksi 10 poin dari lima laga. Sementara itu Liverpool harus puas berada di posisi sembilan dengan tujuh poin. (bs/maf)

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini