Politik

Suardi Berkomitmen Jalankan Tugas Wabup


BARRU, BKM–Banyak kepala daerah dan wakil kepala daerah “Pecah Kongsi” di tengah jalan, karena kurangnya pemahaman tentang tugas dan fungsi. Akibatnya, pemerintahan terkadang berjalan tak maksimal. Untuk itu, Cawabup Suardi Saleh berkomitmen sebelum maju mendampingi petahana Andi Idris Syukur, mempelajari apa tugas dan fungsi wakil bupati.
Menurutnya, di UU sangat jelas diatur jika wabup membantu bupati menjalankan pemerintahan selama lima tahun. Olehnya itu, kewenangannya tidak boleh melampaui bupati. “Ini yang mesti dipahami. Karena jangan sampai, ada wabup mau memposisikan dirinya sebagai bupati,” tandas Suardi, Selasa (29/9).
Mantan Kepala Bappeda Pinrang dan Kepala Dinas PU Maros ini menambahkan bila banyaknya kasus dimungkinkan karena tidak paham tugasnya, sehingga sedikit-sedikit suka ngambek. Misalnya, ada mutasi tapi titipannya tidak masuk, sehingga dia merasa diabaikan lagi. Begitu juga kebijakan lainnya. “Olehnya itu, sebelum kita menjabat mesti memahami fungsi dan tanggung jawab kita,” tandas Suardi.
Besan Wapres Jusuf Kalla itu berkomitmen untuk membantu Idris Syukur menjalankan pemerintahan jika rakyat memberikan amanah. “Biar tidak ada kontrak politik dengan bupati, tapi saya tidak akan menyia-nyiakan jika masyarakat memberikan amanah,”urainya.
Dari tiga paslon, hanya Idris-Suardi yang berlatar belakang birokrat. Idris sebelumnya menjabat Kepala Dinas Kehutanan Sulsel, dan Kepala Dinas Kehutanan Barru dan Majene. (udi/rif/c)

Komentar Anda





Comments
To Top
.