Connect with us

Olahraga

Kemenangan Penting

-

LONDON, BKM — Arsenal sukses meraih kemenangan penting saat menjamu Everton di Emirates Stadium, Minggu (25/10) dini hari. Kemenangan dengan skor 2-1 tersebut sempat membawa The Gunners menguasai puncak klasemen sebelum pertandingan derby antara Manchester United dengan Manchester City tadi malam.
Sejak menit awal pertandingan, Arsenal langsung berinisiatif menyerang. Baru delapan menit pertandingan berjalan, Olivier Giroud memiliki peluang untuk mencetak gol, sayang sundulannya masih belum menemui sasaran.
Usai peluang tersebut, The Gunners terus menguasai jalannya permainan. Alexis Sanchez, Mesut Ozil dan juga Alex Oxlade-Chamberlain terus berusaha memberikan tekanan ke pertahanan Everton yang tampil bagus menghalau setiap serangan tuan rumah.
Everton bukannya tanpa perlawanan. Pada menit ke-28, anak asuh Roberto Martinez nyaris mencetak gol. Memanfaatkan kemelut di kotak penalti Arsenal, John Stones nyaris memecah kebuntuan, sayang tendangannya justru masih belum menemui sasaran.
Arsenal akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-35. Adalah Olivier Giroud yang sukses membuka skor setelah memaksimalkan umpan cantik Mesut Ozil dari sisi kiri pertahanan Everton.
Tak butuh waktu lama bagi tuan rumah untuk menggandakan kedudukan. Dua menit berselang, giliran Laurent Koscielny yang mencatatkan namanya di papan skor setelah memaksimalkan umpan tendangan bebas Santi Cazorla.
Everton memperkecil kedudukan satu menit jelang babak pertama berakhir. Ross Barkley mampu mencatatkan namanya di papan skor setelah tendangannya membentur kaki Gabriel sebelum mengecoh Petr Cech.
Everton mencoba bangkit di babak kedua. Tak seperti di babak pertama di mana mereka lebih banyak fokus menghalau serangan, di babak kedua Gareth Barry dkk lebih banyak menguasai permainan dan mencoba untuk mengejar ketertinggalan.
Meskipun mampu menguasai permainan, namun setiap serangan yang dibangun Barkley dkk selalu kesulitan menembus tembok kokoh The Gunners. Bukan itu saja, Petr Cech mampu tampil apik sebagai benteng terakhir.
Pada menit ke-68, Arsenal justru yang nyaris memperbesar keunggulan. Sayang tendangan Mesut Ozil hanya menerpa mistar gawang Tim Howard.
Everton membalas 10 menit berselang usai peluang dari Ozil tersebut. Sama seperti Ozil, peluang lewat sundulan Romelu Lukaku juga hanya mampu menerpa mistar gawang Petr Cech.
Di sisa waktu pertandingan, permainan semakin seru dengan kedua tim sama-sama memiliki peluang untuk mencetak gol. Arsenal punya peluang emas mencetak gol lewat sundulan Mathieu Flamini yang masih bisa dibendung Howard dan juga tendangan Ozil yang membentur tipis tiang gawang.
Sementara itu, Everton juga memiliki peluang emas lewat Gerard Deulofeu. Sayang, tendangan mantan pemain Barcelona itu masih mampu diantisipasi dengan baik oleh Petr Cech.
Usaha Everton untuk mengejar ketertinggalan semakin sulit. Pasalnya di masa injury time Everton justru harus bermain dengan 10 pemain setelah Barry mendapatkan kartu kuning kedua usai melanggar Kieran Gibbs. Usai kartu merah tersebut, wasit pun meniup peluit tanda pertandingan berakhir. Skor 2-1 untuk kemenangan Arsenal tak berubah.
Pelatih Arsenal, Arsene Wenger memberikan pujian kepada anak asuhnya usai mengalahkan Everton. The Gunners sendiri dihantui kelelahan jelang pertandingan tersebut setelah di tengah pekan mati-matian melawan Bayern Munchen. Namun kelelahan itu terbayar dengan kemenangan terbaru melawan The Toffees.
Usai pertandingan, Wenger pun memuji fokus yang ditunjukkan oleh Mesut Ozil dkk pada pertandingan tersebut. Menurutnya, fokus dan mental para pemain Arsenal tak terpengaruh dengan kondisi fisik mereka yang sedikit kelelahan.
“Saya pikir saat kami meraih kemenangan di laga besar seperti cara yang kami lakukan saat melawan Bayern Munchen, dan anda bisa kembali menang di laga berikutnya, itu mengatakan banyak hal tentang mental tim anda. Anda harus berada di fokus tertinggi untuk melakukan itu,” ujarnya.
“Kami mungkin mengalami sedikit kelelahan secara fisik, tapi kami fokus,” tandasnya.
Penyerang Arsenal, Olivier Giroud mengungkapkan rasa bahagianya setelah timnya mengalahkan Everton.
Usai pertandingan, Giroud memberikan pujian atas performa dari rekan-rekannya. Pemain Prancis ini pun menyambut suka cita tambahan tiga poin tersebut.
“Tiga kemenangan sejak melawan Watford dan kami sangat senang dengan performa kami. Kami tahu Everton bermain bagus, tapi kami bermain bagus juga lewat sundulan,” ujarnya.
“Saya pikir saat kami menyerang kami harus mengakhirinya dengan sebuah tembakan atau sesuatu sehingga tak jadi serangan balik bagi lawan. Kami tahu Everton sangat bagus dalam serangan balik dan mereka membuktikannya, tapi gol mereka sedikit tak beruntung karena berubah arah. Ini kemenangan yang bagus,” tandasnya. (bs)

Share

Komentar Anda


Populer Minggu ini