Bisnis

Merpati Bakal Kembali Mengudara


Merpati Bakal Kembali Mengudara

JAKARTA, BKM — PT Merpati Nusantara Airlines (MNA) bakal kembali mengundara. Namun perusahaan milik negara ini harus memenuhi sejumlah persyaratan. Salah satunya soal kepemilikan pesawat. Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan, JA Barata,
mengatakan, Merpati harus punya lima pesawat yang dimiliki dan lima pesawat yang dikuasai (leasing atau sewa).
Aturan tersebut, menurut Barata, di Jakarta, kemarin, sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan. Dalam beleid itu disebutkan, setiap pesawat komersial berjadwal wajib mengoperasikan 10 pesawat dengan 5 pesawat berstatus milik perusahaan. Jumlah tersebut tidak bisa kurang.
”Kalau dia (Merpati, red) mau berjadwal minimal harus 10 pesawat. Itu untuk jaminan bahwa dia bisa melakukan pelayanan berjadwal atau rutin,” katanya.
Menurut Barata, syarat lain yang harus dipenuhi Merpati adalah memiliki direktur operasi seorang pilot. Selanjutnya, dari sisi pesawat, Merpati harus melakukan pengecekan rutin berkala untuk menjamin keselamatan penerbangan. Soal sertifikat operator penerbangan (AOC) yang sudah dicabut, Barata memastikan, Merpati akan mendapatkan kembali sertifikat itu jika memenuhi syarat-syarat yang ditentukan. (*mir)

Komentar Anda





Comments
To Top
.