Bisnis

Akhir Oktober, Peserta Capai 18,7 Juta Orang


Ketgam: BKM/AMIRUDDIN NUR FUN RUN -- Direktur Investasi BPJS Ketenagakerjaan, Jeffry Haryadi PM bersama Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal MI memegang bendera start didampingi Kakanwil BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi, Maluku, Kuswahyudi (dua dari kiri) dan Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kota Makassar, Rasidin (dua dari kanan) pada acara Fun Run di Anjungan Losari Makassar, Minggu (15/11).

MAKASSAR, BKM — Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan terus berupaya merekrut peserta baru. Berbagai langkah sosialisasi terus dilakukan terkait manfaat menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Salah satunya melalui kegiatan Fun Run. Mereka yang menjadi sasaran tidak saja pekerja penerima upah, tapi juga mereka yang tergolong pekerja buka penerima upah, di antaranya wiraswasta dan pedagang.
Seperti disampaikan Direktur Investasi BPJS Ketenagakerjaan, Jeffry Haryadi PM, hingga akhir Oktober 2015 lalu, jumlah peserta BPJS Ketenagakerjaan telah mencapai 18,7 juta orang. Sedangkan target yang ingin dicapai hingga akhir tahun 2015 adalah sebanyak 19,1 juta orang. ”Dengan adanya even Fun Run yang dilangsungkan di seluruh Indonesia, diharapkan akan makin meningkatkan animo masyarakat khususnya mereka yang tergolong pekerja bukan penerima upah untuk masuk menjadi peserta. Karena, di sela-sela pelaksanaan Fun Run juga diselipkan sosialisasi tentang apa itu BPJS Ketenagakerjaan dan sejumlah manfaat yang akan diterima para peserta,” kata Jeffry didampingi Kepala Kanwil BPJS Ketenagakerjaan Sulawesi dan Maluku (Suma), Kuswahyudi, dan Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Makassar, Rasidin, kepada wartawan dalam rangka pelaksanaan Fun Run di Anjungan Losari Makassar, Minggu (15/11) kemarin.
Menurut Jeffry, mereka yang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan akan mendapatkan lima manfaat atau benefit, yakni manfaat dari sisi keuangan (finansial), perumahan (housing), sembako (food), transportasi (transportation), dan manfaat kesehatan (health benefit). Kelima manfaat ini tentunya menjadi kebutuhan pokok dari para pekerja.
Terkait pelaksanaan Fun Run di Makassar, Jeffry mengaku sangat kagum. Apalagi dengan adanya dukungan dari pemerintah daerah baik provinsi maupun kota. ”Kami sangat mengapresiasi tingginya animo masyarakat Makassar mengikuti Fun Run ini. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk menjalin kedekatan BPJS Ketenagakerjaan dengan masyarakat. Sekaligus menginformasikan kepada masyarakat yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan untuk segera mendaftarkan diri,” ujar Jeffry.
Khusus pelaksanaan Fun Run di 11 kota, sebanyak 250 orang peserta yang memasuki garis finish pertama akan mendapatkan medali. Mereka yang masuk garis finish mulai dari juara pertama hingga kelima untuk kategori putra dan putri, disediakan hadiah uang tunai hingga puluhan juta rupiah yang disediakan BPJS Ketenagakerjaan. Khusus untuk juara pertama, mendapatkan hadiah uang tunai masing-masing Rp5 juta. Selain itu, pada penyelenggaraan Fun Run ditiap kota tersebut juga disediakan hadiah doorprize senilai ratusan juta rupiah. Hadiah utama dari doorprize ini adalah satu unit sepeda motor.
”Acara puncak Fun Run dilaksanakan di Plasa Selatan Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta pada 13 Desember 2015 mendatang. Kegiatan ini sekaligus untuk memperingati ulang tahun BPJS Ketenagakerjaan ke 38. Pada acara puncak ini, BPJS Ketenagakerjaan memberikan total hadiah bernilai ratusan juta rupiah dengan grand prize satu unit mobil dan 10 tiket perjalanan liburan gratis ke Disneyland Hongkong. Namun kesempatan ini hanya berlaku bagi finisher dengan dua medali didua kota, termasuk di Jakarta,” jelasnya. (mir)

Komentar Anda





Comments
To Top
.