Bisnis

Sistem Pembayaran Makin Cepat


Sistem Pembayaran Makin Cepat

MAKASSAR, BKM — Kegiatan transaksi sistem pembayaran di masyarakat kini semakin cepat serta andal. Menyusul dilakukannya pembaruan teknologi dan peningkatan perlindungan terhadap nasabah. Hal tersebut terwujud melalui implementasi 3 sistem BI yang telah diperbarui, yaitu Bank Indonesia Real Time Gross Settlemen (BI-RTGS), Bank Indonesia Schpless Securities Settlemem System (BI-SSSS), dan Bank Indonesia Electronic Trading Platform (BI-ETP). Pembaruan tersebut telah dilakukan pada 16 Nopember 2015
Irfan, Humas Bank Indonesi Kantor Perwakilan Provinsi Sulsel, di sela-sela diskusi ekonomi bertajuk Sistem Transaksi Perbankan di Era Generasi Baru, di Hotel Trisula Makassar, Selasa (17/11), mengemukakan, selain peningkatan kualitas teknologi dan jaringan komunikasi, BI juga meningkatkan perlindungan dengan menerapkan kewajiban maksimal proses dana transfer nasabah.
Bank diwajibkan untuk memproses dana transfer nasabah paling lama satu jam setelah bank penerima memperoleh dana di Sistem BI-RTGS. Sistem BI-RTGS merupakan sistem transfer dana elektronik terutama bank. Sistem ini mengakomodasi transfer dana nasabah dalam nominal besar yang penyelesaiannya dilakukan secara seketika pertransaksi.
BI-SSSS digunakan sebagai sarana transaksi dengan BI dan penatausahaan surat berharga secara elektronik. Sementara itu, BI-ETP adalah sarana transaksi Bank Indonesia terkait operasi moneter, transaksi pemerintah dalam pengelolaan Surat Berharga Negara (SBN), transaksi pasar uang antar bank, baik oleh perbankan konvensional maupun syariah.
Irfan mengatakan, implementasi sistem BI-RTGS, BI-SSSS, dan BI-ETP Generasi II tersebut didasarkan pada lima pertimbangan penting, yaitu peningkatan efisiensi dan mitigasi risiko sistem. Untuk mendukung implemenlasi sistem Generasi II tersebut serta meminimalisir risiko yang mungkin timbul, Bank Indonesia akan menerbitkan ketentuan-ketentuan terkait dan menerapkan masa transisi penyelesaian transaksi transfer dana melalui sistem BI RTGS dan SKNBI. (jun/mir/b)

Komentar Anda





Comments
To Top
.