Bisnis

Zenfone 2 Laser, Smartphone 4G Berkualitas Harga Minimalis


BKM/AMIRUDDIN NUR ZENFONE 2 LASER -- Michelle, booth area ASUS Zenfestival menunjukkan Zenfone 2 Laser yang bakal menjadi ancaman bagi produk smartphone besutan Samsung dan beberapa merek terkemuka lainnya.

INI adalah festival pertama yang digelar ASUS di Indonesia, tepatnya di Ritz Carlton Pacific Place Hotel, Kamis 19 Nopember 2015. Dan festival bertajuk ZenFestival ini pun menjadi ajang bagi ASUS untuk lebih memperkenalkan produk gadget terbarunya. Di antaranya Zenfone 2 Laser yang merupakan salah satu turunan dari Zenfone 2 dan tentunya menjadi andalan ASUS untuk mendongkrak penjualannya dalam memenangi persaingan bisnis smartphone di Indonesia.

Laporan: Amiruddin Nur

KEHADIRAN Zenfone 2 sendiri sejak mulai dilaunching di Indonesia pada April 2015 lalu, mampu mencuri perhatian para pecinta smartphone di tanah air. Kapasitas RAM 4 GB, setidaknya menempatkan Zenfone 2 adalah smartphone pertama di Indonesia yang memiliki RAM sebesar ini. Dan ini pula yang menjadi alasan bagi banyak pengguna smartphone dari merek-merek yang mumpuni beralih menggunakan Zenfone 2.
Sejak mulai masuk dalam bisnis smartphone pada awal tahun 2014 lalu, banyak orang meragukan kalau ASUS bakal sukses melakukan penjualan.
Pasalnya, selama berpuluh-puluh tahun, ASUS hanya dikenal sebagai produsen motherboard komputer. Dengan sejumlah keunggulan yang tidak dimiliki kompetitornya, menjadikan ASUS Zenfone begitu mudah diterima pasar. Dan ini terbukti, hanya selang setahun setelah pertama kali hadir di pasaran, termasuk di Indonesia, dengan produk andalannya, Zenfone 4, 5, dan Zenfone 6, ASUS kini telah mengambil posisi kedua dan menggeser pesaingnya yang telah lebih dulu hadir dari berbagai brand ataupun jenis OS yang digunakan.
Di industri smartphone Indonesia, praktis kini hanya produsen asal Korea Selatan (Korsel) yang sudah cukup lama berkutat di industri telekomunikasi mobile. Korsel dengan produk andalannya Samsung, kini masih menguasai pangsa pasar lebih besar, sekitar 25 persen. Angka ini hanya terpaut sekitar 10 persen dari ASUS Zenfone yang masih belia.
Juliana Cen, Country Product Group Leader, ASUS Indonesia, menyebutkan, ketika pertama kali hadir di kuartal kedua 2014, ASUS hanya berhasil meraih kurang dari 3,5 persen pasar. Pada kuartal berikutnya, ASUS berhasil meningkatkan pangsa pasarnya di Indonesia menjadi sekitar 5,8 persen dan 11,1 persen di kuartal ketiga dan keempat 2014.
Hingga tutup tahun 2014, ASUS berhasil memasarkan lebih dari 1,4 juta unit smartphone di Indonesia. Tren ini juga terus meningkat. Di kuartal pertama 2015, ASUS masih berada di posisi ketiga. Namun pada Q2 2015, ASUS naik ke posisi kedua dan menguasai 14,91 persen pasar. Bahkan di satu kuartal ini saja, ASUS mendekati total penjualan sepanjang tahun 2014. Hingga kini, ASUS telah menjual produk Zenfone all varian hingga 5 juta unit. Sebuah pencapaian yang luar biasa untuk sebuah merek dan produk pendatang baru.
Kehadiran Zenfone 2 Laser ini tentunya akan membuat penjualan ASUS di Indonesia dapat semakin meningkat. Apalagi dengan menilik harganya yang cukup terjangkau dengan teknologi yang mumpuni. Zenfone 2 Laser memang termasuk produk yang cukup menawan dan sexi. Zenfone 2 Laser mengandalkan layar 5 inci dengan resolusi HD 720 x 1280 piksel. Layar ini juga mengandalkan kepadatan mencapai 294 ppi.
Di Zenfone 2 Laser, para penggunanya bisa mendapatkan dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 410 berisi CPU quad-core 1,2 GHz Cortex-A53 pada Zenfone 2 Laser ini. Dengan dukungan GPU Andreno 306 di dalamnya. Varian ini juga didukung 2GB RAM dan memori internal dalam dua varian, yakni 8GB dan 16GB. Ponsel ini juga menjalankan OS Android 5.0 Lollipop serta dibekali slot microSD berkapasitas maksimal 128GB.
Kamera utama 13MP menjadi salah satu fitur yang perlu diperhatikan. Didukung laser autofokus dan dual-LED Flash, ponsel ini juga menawarkan autofokus pada kamera depan 5MP yang dibawanya. Asus Zenfone 2 Laser menawarkan konektivitas mumpuni dengan slot dual-SIM berteknologi 4G LTE, WiFi 802.11, GPS, Bluetooth v4.0 dan microUSB v2.0. Baterai yang ditawarkaan juga lebih besar dengan kapasitas mencapai 2400 mAh.
”Pengguna dengan anggaran terbatas yang mendambakan smartphone dengan desain premium seperti yang ditawarkan Zenfone 2, kini memiliki pilihan baru dalam wujud Zenfone 2 Laser. Dengan harga lebih terjangkau, model ini bahkan menyediakan fitur Laser Auto Focus, keseimbangan yang lebih baik antara performa multimedia dan efisiensi energi,” kata Juliana Cen
Bagaimana dengan Galaxy J2 yang merupakan varian baru dari merek tetangga yang disebut-sebut rival dari Zenfone Laser 2. Ternyata, produk ini hadir membawa layar Super AMOLED dengan ukuran 4,7 inci dan resolusi 540 x 960 piksel. Sehingga resolusi kepadatan layarnya hanya mencapai 234 ppi. Samsung Galaxy J2 ini juga dilengkapi chipset Exynos 3475 berisi CPU quad-core 1,2 GHz Cortex-A7 dengan GPU Mali-T720.
Ponsel ini juga didukung 1GB RAM dan memori internal berkapasitas 8GB yang bisa diperluas hingga 128GB. Galaxy J2 dilengkapi OS Android 5.1.1 Lollipop sebagai OS utama di ponsel ini. Kamera utama dengan sensor 5MP menjadi salah satu andalan smartphone satu ini. Kamera ini dilengkapi LED Flash dan autofokus. Serta sebuah sensor kamera 2MP di bagian depannya.
Samsung Galaxy J2 juga menawarkan konektivitas 4G LTE melalui slot dual-SIM dengan dukungan fitur WiFi 802.11, GPS, Bluetooth v4.1 dan microUSB v2.0. Handset ini juga disertai baterai berkapasitas 2000 mAh sebagai OS utama. Dari segi harga, baik Zenfone 2 Laser maupun Galaxy J2 boleh dikata setara. Tapi dari segi teknologi, Zenfone 2 Laser jauh lebih unggul.
Bagaimana dengan harganya? Menurut sejumlah laman dan jual beli online, harga jual Galaxy J2 lebih mahal dibandingkan dengan Zenfone Laser 2. Selisih harganya dikisaran Rp200 ribu sampai Rp300 ribu. Dengan harga yang lebih enteng dan teknologi lebih mumpuni, bukan tidak mustahil jika pada akhir tahun 2015 ini, ASUS bisa menguasai pasar smartphone Indonesia. Apalagi selama ini, publik di tanah air telah percaya kalau ASUS adalah produsen smartphone yang senantiasa menghadirkan produk dengan teknologi terdepan dan harga minimalis. Bahkan, produknya sangat layak untuk disandingkan dengan beberapa produk smartphone besar dunia lainnya.
”Kami melihat Zenfone memiliki kekuatan untuk merusak pasar seperti yang dimiliki lini produk smartphone kompetitor saat pertama kali hadir. Kami juga yakin bahwa ASUS akan mengejar pemain terbesar saat ini dalam waktu singkat,” tandas Juliana Cen penuh optimis. (mir)

Komentar Anda





Comments
To Top
.