Politik

Diduga Kampanye Diluar Zona, HarapanKu Dilapor


PANGKEP, BKM–Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pangkep Abdul Rahman Assegaf-Kamrussamad (HarapanKu) dilapor ke Panwaslu oleh paslon nomor urut 3, Nur Ahmad-Hapsul W patta (Rasul) atas dugaan pelanggaran melakukan kampanye diluar zona yang ditentukan KPU.
“Paslon nomor urut 1, HarapanKu melakukan kampanye di zona satu pada Kamis (26/11) yang seharusnya menjadi wilayah kampanye paslon nomor urut 3, Nur-Hapsul,”ujar cabup Nur Ahmad, Jumat (27/11).
Menurutnya, HarapanKu bersama timnya melakukan kampanye di Kampung Bucinri, Kelurahan Mappasaile, Kecamatan Pangkajene, Pangkep.
Berdasarkan jadwal kampanye dari KPU, jelas bahwa wilayah tersebut itu bukan untuk paslon Harapanku. “Tim kami menemukan mereka melakukan kampanye di Bucinri,”ujar Ahmad.
Ketua tim paslon Rasul, Arif Alif yang juga warga Kelurahan Mappasaile mengatakan, sejumlah warga siap menjadi saksi atas laporan terhadap HarapanKu jika dibutuhkan. Selain menggelar kampanye diluar zona yang sudah ditentukan, kampanye tersebut juga digelar pada malam hari. Untuk itu, Arif meminta Panwaslu Pangkep untuk segera memproses pelanggaran ini hingga tuntas. “Bukan cuma diluar zona, tapi juga diluar jam kampanye yang sudah ditentukan. Panwas harus panggil Rahman dan proses sesuai aturan,” tegasnya.
Ketua tim HarapanKu, Arsyad Kunnu membantah tudingan bila pihaknya berkampanye diluar zona yang seharusnya. Ia mengatakan, paslon HarapanKu berkampanye di zona tiga yakni kecamatan Mandalle, Segeri dan Ma’rang. Arsyad yang juga legislator Gerindra Pangkep ini memperkirakan jika iring-iringan massa atau pendukung HarapanKu menuju lokasi kampanye. “Tidak benar kalau kami kampanye di luar zona. Kami kampanye di zona tiga. Mungkin yang dilihat warga hanya iring-iringan kami lalu dikira kampanye,” kata Arsyad
Anggota Panwaslu Pangkep, Saiful Mujib yang dikonfirmasi mengaku belum melihat laporan tim Rasul. Meski begitu, Mujib berjanji akan memproses laporan tersebut sesuai aturan.
Mujib menyatakan, jika laporan dugaan tersebut benar, maka akan berkosekuensi pidana pemilu. Untuk itu, pihaknya akan mengkaji laporan tersebut. “Kampanye diluar zona itu pelanggaran pidana. Tapi tentu kita akan kaji dulu di Gakumdu, saya sendiri belum lihat laporan dari paslon nomor 3 itu,” pungkasnya. (leo/rif/c)

Komentar Anda





Comments
To Top
.