Politik

Lingkar Strategi Indonesia Unggulkan BAZ


SELAYAR, BKM–Paslon nomor urut 2, Basli Ali-Zainuddin (BAZ) diunggulkan untuk memenangkan pertarungan di Pemilukada kepulauan Selayar 9 Desember nanti.
Alasannya, karena paslon BAZ unggul dari beberapa program sehingga surveinya berada di posisi teratas dari dua rivalnya. Survei Lingkar Strategi Indonesia (LSI) pimpinan Agus Supriyanto mengemukakan paslon usungan koalisi Partai Gerindra dan PKS tersebut unggul untuk tingkat elektabilitas sebesar 32,6 persen.
Diurutan kedua ditempati paslon nomor urut 1, Saiful Arif-Junaedi sebesar 31,4 persen.
Diurutan ketiga bertengger paslon no urut 3, Aji Sumarno-Abd Gani dengan elektabilitas 27,2 persen.
“Adapun responden yang tidak menjawab atau masih rahasia sebesar 8,8 persen,”ujar Agus, Kamis (26/11).
Menurut Agus, perpindahan suara atau dukungan masih memungkinkan terjadi, sebab masyarakat yang ingin memilih berdasarkan bantuan uang atau bantuan barang cukup tinggi dan itu membuat Pemilukada Selayar rawan politik uang dan kecurangan, jika keinginan masyarakat dipenuhi untuk menang. “Pasangan BAZ cukup diuntungkan sejumlah hal. Sebab pasangan ini yang bertagline Lebih Siap ini disebut-sebut paling siap untuk bertarung,”jelasnya.
Survei yang digelar sejak tanggal 9 hingga 23 November tersebut menggunakan sampel 440 orang, menggunakan metodelogi multage random sampling, serta tingkat kepercayaan 95 persen dan margin error 4,8 persen.
Wakil sekretaris Demokrat Sulsel, Selle KS Dalle yang dikonfirmasi terpisah mengaku optimis bila paslon usungan Demokrat dan Nasdem, Syaiful-Junaedi unggul dari dua rivalnya. “Demokrat juga punya data tersendiri terkait hasil survei,”ujar Selle yang juga Ketua fraksi Demokrat DPRD Sulsel ini. (jun/rif/d)

Komentar Anda





Comments
To Top
.