Metro

Pemprov Perjuangan Anggaran untuk Wisma Negara


MAKASSAR, BKM — Meski anggota DPRD Sulsel memberi sinyal akan memending usulan anggaran Dinas Tata Ruang dan Pemukiman (Tarkim) terkait pembangunan Wisma Negara, Pemerintah provinsi Sulsel tetap akan mmperjuangkannya.
Dalam draft usulan APBD 2016, Dinas Tarkim menganggarkan Rp51 miliar untuk penyelesaian gedung serba guna di kawasan Centre Point of Indonesia (CoI) itu.
Sekretaris Provinsi Sulsel, Abdul Latif, mengatakan, hingga saat ini belum ada pembicaraan dan pembahasan antara eksekutif-legislatif yang menolak usulan itu.”Masih sementara dibicarakan dan akan dibahas lagi lebih lanjut,” jelas Abdul Latif di Kantor Gubernur Sulsel, Jumat (27/11).
Dia optimistis alokasi anggaran untum Wisma Negara tetap terakomodir pada APBD 2016 mengingat program tersebut sudah disepakati bersama dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).
“Jadi, kalau ada yang mengatakan tidak, dasar hukumnya sudah ada di RPJMD,” jelas Sekprov.
Dia melanjutkan, kalaupun ada hal-hal yang dipersoalkan anggota dewan, khususnya mengangkut pembiayaan, itu masih dikonsultasikan.
Sekprov mengaku optimistis, anggota dewan tidak menolak usulan anggaran itu. Sejauh ini, pembahasan belum berakhir. Malah di tingkat komisi pun belum ada keputusan.
Senada dengan sekprov, Kepala Dinas Tarkim, Andi Bakti Haruni mengatakan hingga saat ini belum ada keputusan apakah usulan itu dipending atau disetujui.
“Inikan baru tahap pembahasan. Belum ada penetapan apakah disetujui atau dipending. Jadi nanti saja dilihat,” jelasnya.
Dia melanjutkan, seharusnya DPR mendukung karena Wisma Negara bagian dari RPJMD yang merupakan produk Perda.
“Saya yakin tetap masuk di APBD karena jadi bagian RPJMD,” jelasnya.
Sebelumnya, Komisi D DPRD Sulsel mengancam akan memending usulan dana Wisma Negara jika realisasi pembangunan di lapangan tidak sesuai.
Tahun ini, Wisma Negara telah diguyur alokasi sebesar Rp65 miliar.
Wisma Negara sendiri ditarget rampung 2018 mendatang. Selain pusat perkantoran dan tempat istirakat tamu negara, gedung itu juga akan menghadirkan main hall yang mempu menampung 5.000 orang. Total kebutuhan anggaran Wisma Negara mencapai Rp350 miliar. (rhm/war/b)

Komentar Anda





Comments
To Top
.