Metro

Agus Gagas RPH Mobile


MAKASSAR, BKM — Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Numang mendorong kehadiran Tempat Pemotongan Hewan (TPH) secara mobile.
Dia menjelaskan, selama ini, sistem pemotongan hewan hanya mengandalkan Rumah Potong Hewan (RPH). Sapi dibawa ke sana kemudian dipotong dan dijual. Aktifitas itu dinilai belum terlalu efektif.
“RPH mobile diharap bisa menghemat waktu. Teknisnya seperti apa, nanti diatur dinas terkait,” ungkap Agus, Sabtu (28/11).
Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Sulsel Abdul Azis menjelaskan, mobil pemotongan hewan tersebut untuk melayani pemotongan sapi dari rumah ke rumah.”Jadi ada mobile yang datang tergantung orderan,” jelas Abdul Azis.
Saat ini, pihaknya telah mendesain model RPH tersebut. Soal teknis dan biaya, rencananya akan diajukan ke Menteri Pertanian Amran Sulaiman.
Dia melanjutkan, mobile RPH itu nantinya akan mendatangi sentra-sentea peternakan yang ada di kabupaten/kota.
Dia berharap tahun depan pengadaan mobil itu bisa terwujud.
Selain itu, lanjut Azis, pemerintah pusat akan memudahkan daerah untuk mengirimkan produksi sapi mereka ke daerah lain di luar Sulawesi Selatan. Kapal itu diharapkan bisa mengangkut ternak dari Sulsel, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tengah.
Azis mengatakan, saat ini produksi sapi mencapai 1,3 juta ekor, baik sapi bibit dan potong.
Sebelumnya, dalam kunjungan kerja presiden di Kabupaten Barru, terungkap pihaknya akan menyiapkan kapal pengiriman ternak. Empat kapal telah dipesan namun baru satu yang selesai. (rhm/war/c)

Komentar Anda





Comments
To Top
.